Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

surat lamaran bahasa inggris

Apa yang harus kamu siapkan ketika mau melamar kerja? Selain CV, surat surat lamaran kerja juga harus ready. Surat lamaran kerja bahasa Inggris akan lebih menunjukkan kemampuan bahasa Inggrismu, apalagi kalau melamar di perusahaan multinasional.

Surat lamaran kerja dan CV bahasa Inggris harus disiapkan secara rapi dan terkesan profesional. Hmm, gimana caranya menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris? Simak caranya di bawah ini!

Informasi Diri

Informasi diri source: giphy.com

Jika kamu mengirim surat lamaran kerja menggunakan surat secara langsung, atau dengan kata lain tidak melalui surel, sertakan informasi tentang dirimu di bagian surat paling atas, baik itu di tengah sebagai header, ataupun di sisi kiri atau kanan surat.

Tulis nama, alamat, nomor telepon, alamat email, situs portofolio jika ada, dan profil LinkedIn kamu. Dengan demikian, rekruter bisa langsung menemukan informasi-informasi penting tentang dirimu dan memudahkan mereka untuk mengontak kamu. Sertakan tanggal surat tersebut ditulis di atas ataupun di bawah informasi pribadimu.

Contoh:

Cacha Kiara Putri
Jl. Grogol V
Jakarta Barat 11450
082240194753
[email protected]
linkedin.com/id/cachakiara
January 15, 2020

Nama Orang atau Perusahaan yang Dituju

Nama orang atau perusahaan yang dituju source: giphy.com

Selanjutnya sertakan nama orang atau perusahaan yang kamu tuju. Biasanya, surat ditujukan kepada bagian Hiring Manager. Jika kamu sudah tahu nama Hiring Manager atau posisi lain yang berhubungan dengan bagian perekrutan dari perusahaan yang kamu tuju, tulis nama dan jabatan mereka.

Di bawah nama dan jabatannya, tulis alamat perusahaan yang kamu tuju. Menyertakan alamat perusahaan menunjukkan bahwa kamu telah melakukan riset mengenai perusahaan tersebut dan membuatmu terlihat ‘niat’.

Contoh:

Chandra Purnama
Hiring Manager
PT Cerdas Digital Nusantara
Jl. Makaliwe Raya No. 36
Grogol Petamburan
Jakarta Barat 11450

Salam Pembuka

Salam Pembuka source: giphy.com[/caption]

Masuk ke bagian pembuka, jangan lupa untuk menyertakan salam sebelum memulai paragraf pembukamu. Gunakan sapaan formal. Banyak orang menggunakan ‘To whom it may concern’ untuk pembuka. Walaupun tidak salah, pembuka seperti itu terkesan standar dan terlalu umum.

Alih-alih menggunakan sapaan tersebut, kamu bisa langsung menuliskan ‘Dear Mr./Ms./Mrs. [nama belakang orang yang kamu tuju]’. Gunakan Mr. untuk laki-laki, Ms./Mrs. untuk perempuan. Jika tidak tahu namanya, kamu bisa menulis ‘Dear Hiring Manager of [perusahaan yang kamu tuju]’.

Pembuka Surat Lamaran Kerja

Pembuka source: giphy.com

Pada paragraf pertama, pastikan apa yang kamu sampaikan jelas, padat, dan tentunya menarik. Ingat, HRD perusahaan yang kamu tuju tidak hanya membaca 1 surat lamaran. Ada banyak lamaran lain yang diterima, maka itu usahakan lamaran kamu bisa lebih menonjol.

Buka dengan pernyataan bahwa kamu tertarik untuk pekerja di posisi yang kamu lamar untuk perusahaan tersebut. Jelaskan secara singkat apa yang membuatmu tertarik pada posisi dan perusahaan itu.

Sebutkan juga di mana kamu menemukan lowongan tersebut, apakah di situs lowongan pekerjaan atau melalui seorang teman yang bekerja di perusahaan tersebut. Jika mempunyai latar belakang pendidikan atau pengalaman yang relevan dengan posisi yang kamu tuju, jelaskan hal tersebut untuk menunjukkan kualifikasimu.

Gaya bahasa tulisanmu juga bisa menunjukkan bahwa kamu cocok dengan perusahaan yang kamu tuju. Oleh karena itu, pastikan kamu benar-benar mengenal dan memahami perusahaan tersebut.

Contoh:

Dear Mr. Purnama,

I am writing to apply for the Digital Marketing Staff position at PT Cerdas Digital Nusantara, as advertised on LinkedIn. I just graduated from Universitas Indonesia with a degree in Business Management. I also have working experience as a digital marketing intern at PT ABC. With my educational background and work experience, I believe I am a good fit for this position.

Isi Surat Lamaran Kerja

Isi source: giphy.com

Pada bagian isi, jabarkan lebih lanjut pengalaman dan pencapaianmu. Sertakan satu atau dua contoh nyata dan relevan untuk menunjukkan bahwa kamu cocok untuk posisi tersebut. Jelaskan juga kelebihanmu dalam segi soft skill, misalnya kamu bisa bekerja dengan baik dalam tim.

Contoh:

During my time working as an intern, I worked as a part of the Digital Marketing team and helped planning and managing the company’s rebranding campaign. In this position, I honed my analytical and copywriting skills by planning and evaluating social media campaigns. I am a well-organized and adaptable individual who works well in groups. I am eager to gain more experience in digital marketing and the position of Digital Marketing Staff sounds like the perfect opportunity.

Penutup Surat Lamaran Kerja

Penutup source: giphy.com

Pada bagian penutup, nyatakan bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Tunjukkan bahwa kamu terbuka untuk berbicara lebih lanjut dengan perusahaan yang kamu tuju untuk mendiskusikan peluang tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih di akhir paragraf.

Contoh:

I am confident that my skills will translate well into this position and I would be glad to have the opportunity to contribute to your company. Enclosed are my resume and portfolio. I would appreciate the opportunity to further discuss my qualifications in detail with you at an interview. 

Thank you for your time and consideration. I am looking forward to hearing from you. 

Salam Penutup

Salam penutup source: giphy.com

Sebagai salam penutup, kamu bisa menuliskan Regards’, ‘Best regards, atau Yours sincerely diikuti dengan namamu di bawah salam penutup. Bisa juga menambahkan tanda tangan di antara salam penutup dan namamu.

Jangan lupa untuk sertakan CV atau resume dan portofolio jika ada. Ini akan memudahkan rekruter untuk menyeleksi kandidat dan memberikan bukti atas pencapaianmu.

Setelah mempersiapkan surat lamaran kerja, mulai persiapkan diri untuk interview ya! Mulai dari cara memperkenalkan diri saat interview, hingga pakaian apa yang harus kamu gunakan agar first impression kamu bagus di mata user.

Gimana, sudah siap mendapatkan pekerjaan impian? Mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni bisa membuatmu lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau posisi yang lebih baik. Perjalanan menuju pekerjaan impianmu bisa dimulai dengan belajar bahasa Inggris di Cakap. Yuk segera mulai!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google