Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

surat lamaran bahasa inggris

Surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang perlu kamu persiapkan ketika sedang mencari pekerjaan. Selain CV bahasa Inggris banyak orang memilih untuk membuat surat lamaran dalam bahasa Inggris untuk menambah kesan profesional di mata recruiter

Dalam pembahasan kali ini, Cakap akan memberikan panduan menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris, dos and don’ts dalam menulisnya, serta contohnya. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Table of Contents

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris biasanya ditulis dalam format profesional. Berikut adalah beberapa poin yang perlu kamu tuliskan:

Informasi Diri

Jika kamu mengirim surat lamaran kerja menggunakan surat secara langsung, atau dengan kata lain tidak melalui surel, sertakan informasi tentang dirimu di bagian surat paling atas, baik itu di tengah sebagai header, ataupun di sisi kiri atau kanan surat.

Tulis nama, alamat, nomor telepon, alamat email, situs portofolio jika ada, dan profil LinkedIn kamu. Dengan demikian, recruiter bisa langsung menemukan informasi-informasi penting tentang terkait kontakmu. Sertakan tanggal surat tersebut ditulis di atas ataupun di bawah informasi pribadimu.

Nama Orang atau Perusahaan yang Dituju

Selanjutnya sertakan nama orang atau perusahaan yang kamu tuju. Biasanya, surat ditujukan kepada bagian Hiring Manager. Jika kamu sudah tahu nama Hiring Manager atau posisi lain yang berhubungan dengan bagian perekrutan dari perusahaan yang kamu tuju, tulis nama dan jabatan mereka.

Di bawah nama dan jabatannya, tulis alamat perusahaan yang kamu tuju. Menyertakan alamat perusahaan menunjukkan bahwa kamu telah melakukan riset mengenai perusahaan dan membuatmu terkesan memang “niat” untuk melamar. 

Salam Pembuka

Masuk ke bagian pembuka, jangan lupa untuk menyertakan salam sebelum memulai paragraf pembukamu. Gunakan sapaan formal. Banyak orang menggunakan ‘To whom it may concern’ untuk pembuka. Walaupun tidak salah, pembuka seperti itu terkesan standar dan terlalu umum.

Alih-alih menggunakan sapaan tersebut, kamu bisa langsung menuliskan “Dear Mr./Ms./Mrs. [nama belakang orang yang kamu tuju]”. Gunakan Mr. untuk laki-laki, Ms./Mrs. untuk perempuan. Jika tidak tahu namanya, kamu bisa menulis “Dear Hiring Manager of [perusahaan yang kamu tuju]”.

Pembuka Surat Lamaran Kerja

Pada paragraf pertama, pastikan apa yang kamu sampaikan jelas, padat, dan tentunya menarik. Ingat, HRD perusahaan yang kamu tuju tidak hanya membaca 1 surat lamaran. Ada banyak lamaran lain yang diterima, maka itu usahakan lamaran kamu bisa lebih menonjol.

Buka dengan pernyataan bahwa kamu tertarik untuk pekerja di posisi yang kamu lamar untuk perusahaan tersebut. Jelaskan secara singkat apa yang membuatmu tertarik pada posisi dan perusahaan itu.

Sebutkan juga di mana kamu menemukan lowongan tersebut, apakah di situs lowongan pekerjaan atau melalui seorang teman yang bekerja di perusahaan tersebut. 

Isi Surat Lamaran Kerja

Pada bagian isi, jabarkan lebih lanjut pengalaman dan pencapaianmu. Sertakan satu atau dua contoh nyata dan relevan untuk menunjukkan bahwa kamu cocok untuk posisi tersebut. Jelaskan juga kelebihanmu dalam segi soft skill, misalnya kamu bisa bekerja dengan baik dalam tim. 

Penutup Surat Lamaran Kerja

Pada bagian penutup, nyatakan bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Tunjukkan bahwa kamu terbuka untuk berbicara lebih lanjut dengan perusahaan yang kamu tuju untuk mendiskusikan peluang tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih di akhir paragraf.

Salam Penutup

Sebagai salam penutup, kamu bisa menuliskan “Regards”, “Best regards”, atau “Yours sincerely” diikuti dengan namamu di bawah salam penutup. Bisa juga menambahkan tanda tangan di antara salam penutup dan namamu.

cara membuat surat lamaran dalam bahasa inggris
Photo by Donatello Trisolino

Dos and Don’ts dalam Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan dan ada juga beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan saat menulis lamaran kerja. 

Don’ts — Jangan Lakukan Hal Berikut

  1. Menulis surat lamaran yang bersifat general

Penting untuk menunjukkan ketertarikan pada perusahaan dan posisi yang kamu lamar dengan membuat surat lamaran yang disesuaikan. Misalnya dengan menulis kenapa kamu sangat tertarik dengan pekerjaan itu dan apa saja kualifikasi yang relevan dengan posisi tersebut. 

  1. Merangkum isi resume dalam surat lamaran 

Perlu diingat bahwa surat lamaran biasanya dikirim bersama resume atau CV yang sudah menyertakan informasi dan pengalamanmu. Sehingga akan sangat tidak efektif jika kamu hanya merangkum resume dalam surat lamaranmu. 

  1. Menulis pengakuan yang tidak penting

Hindari untuk menginformasikan hal-hal yang terlalu personal, misalnya seperti kenapa kamu dipecat dari pekerjaan sebelumnya. Kamu juga sangat tidak disarankan untuk menuliskan secara gamblang bahwa kamu tidak memiliki banyak pengalaman. 

  1. Menulis surat lamaran lebih dari satu halaman

Meskipun saat ini seringkali surat lamaran ditulis dalam body email, usahakan bahwa suratnya tidak melebihi satu halaman. Recruiter seringkali tidak punya banyak waktu untuk membaca surat yang panjang, terutama jika hanya mengulang informasi yang ada pada resume. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Dos — Lakukan Hal Berikut

  1. Sesuaikan surat lamaran sesuai posisi dan perusahaan

Dalam hal ini kamu bisa mencari tahu nama Hiring Manager dan menggunakannya dalam pembuka suratmu. Hal lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah ketertarikanmu terhadap bisnis perusahaan atau bagaimana posisi tersebut mendukung rencana kariermu. 

  1. Berikan sentuhan personal

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasukan konteks personal ketika kamu menyampaikan ketertarikan kamu terhadap posisi atau perusahaan. Kamu juga bisa menuliskan gaya bekerjamu yang sekiranya akan sesuai dengan posisi dan dapat bermanfaat bagi perusahaan. 

  1. Buat dirimu terlihat menonjol

Tanggung jawab dan pekerjaanmu harusnya sudah ditulis pada resume atau CV, namun kamu bisa menuliskan pencapaian dalam pekerjaan tersebut pada surat lamaran. Misalnya ketika kamu berhasil mencapai lebih dari 200% target penjualan selama tiga bulan berturut-turut. 

  1. Deskripsikan bagaimana kamu bisa berkontribusi

Semua hal di atas mungkin akan sia-sia jika kamu tidak dapat mendeskripsikan bagaimana kamu bisa berkontribusi dengan semua kualifikasi yang kamu miliki. Sebaiknya cari tahu hal apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dan jabarkan bagaimana kamu dapat membantu.

contoh surat lamaran kerja bahasa inggris
Photo by Lukas

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut adalah beberapa contoh format surat lamaran kerja bahasa Inggris yang dapat kamu jadikan contoh. 

Surat Lamaran Kerja Lengkap untuk Dicetak


Cacha Kiara Putri
Jl. Grogol V
Jakarta Barat 11450
082240194753
cacha.kiara@gmail.com
linkedin.com/id/cachakiara

January 15, 2020

Chandra Purnama
Hiring Manager
PT Cerdas Digital Nusantara
Jl. Makaliwe Raya No. 36
Grogol Petamburan
Jakarta Barat 11450

Dear Mr. Purnama,

I am writing to apply for the Digital Marketing Staff position at PT Cerdas Digital Nusantara, as advertised on LinkedIn. I just graduated from Universitas Indonesia with a degree in Business Management. I also have working experience as a digital marketing intern at PT ABC. With my educational background and work experience, I believe I am a good fit for this position.

During my time working as an intern, I worked as a part of the Digital Marketing team and helped planning and managing the company’s rebranding campaign. In this position, I honed my analytical and copywriting skills by planning and evaluating social media campaigns. I am a well-organized and adaptable individual who works well in groups. I am eager to gain more experience in digital marketing and the position of Digital Marketing Staff sounds like the perfect opportunity.

I am confident that my skills will translate well into this position and I would be glad to have the opportunity to contribute to your company. Enclosed are my resume and portfolio. I would appreciate the opportunity to further discuss my qualifications in detail with you at an interview. 

Thank you for your time and consideration. I am looking forward to hearing from you. 

Best regards, 
Cacha Kiara Putri

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dengan Header


John Donaldson

8 Sue Circle, Smithtown, CA 08067 · 909-555-5555 · john.donaldson@emailexample.com

August 15, 2020

George Gilhooley
Times Union
87 Delaware Road
Hatfield, CA 08065

Dear Mr. Gilhooley,

I am writing to apply for the programmer position advertised in the Times Union. As requested, I enclose a completed job application, my certification, my resume, and three references.

The role is very appealing to me, and I believe that my strong technical experience and education make me a highly competitive candidate for this position. My key strengths that would support my success in this position include:

  • I have successfully designed, developed, and supported live-use applications.
  • I strive continually for excellence.
  • I provide exceptional contributions to customer service for all customers.

With a BS degree in Computer Programming, I have a comprehensive understanding of the full lifecycle for software development projects. I also have experience in learning and applying new technologies as appropriate. Please see my resume for additional information on my experience.

I can be reached anytime via email at john.donaldson@emailexample.com or by cell phone, 909-555-5555.

Thank you for your time and consideration. I look forward to speaking with you about this employment opportunity.

Sincerely,
John Donaldson

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Surat Lamaran Kerja untuk Body Email


Subject:
Colleen Warren – Web Content Manager Position

Dear Hiring Manager,

I’m writing to express my interest in the Web Content Manager position listed on Monster.com. I have experience building large, consumer-focused health-based content sites. While much of my experience has been in the business world, I understand the social value of this sector and I am confident that my business experience will be an asset to your organization.

My responsibilities have included the development and management of: website editorial voice and style; editorial calendars; and the daily content programming and production for various websites.

I have worked closely with healthcare professionals and medical editors to help them to provide the best possible information to a consumer audience of patients. I have also helped physicians to use their medical content to write user-friendly and easily comprehensible text.

Experience has taught me how to build strong relationships with all departments in an organization. I have the ability to work within a team as well as cross-team. I can work with web engineers to resolve technical issues and implement technical enhancements. 

I am confident working with development departments to implement design and functional enhancements, and to monitor site statistics and conduct search engine optimization.

Thank you for your consideration.

Colleen Warren
colleen.warren@noemail.com
555-123-1234
www.linked.com/colleenwarren

Nah, demikianlah cara menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris, dos and don’ts, serta beberapa contohnya. Jangan lupa untuk sertakan CV atau resume dan portofolio (jika ada) saat mengirimkannya, ya!

Setelah mempersiapkan surat lamaran kerja, mulai persiapkan diri untuk interview ya! Mulai dari cara memperkenalkan diri saat interview, hingga pakaian apa yang harus kamu gunakan agar first impression kamu bagus di mata user.

Gimana, sudah siap mendapatkan pekerjaan impian? Mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni bisa membuatmu lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau posisi yang lebih baik. Perjalanan menuju pekerjaan impianmu bisa dimulai dengan belajar bahasa Inggris online di Cakap. Yuk segera mulai!

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat