Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman untuk Fresh Graduate

Mencari bekerja bagi seorang mahasiswa yang baru saja lulus atau fresh graduate adalah hal yang menantang. Tidak jarang mereka masih belum memiliki pengalaman di dunia kerja sama sekali. Banyak yang bilang kalau kamu bisa mengisi pengalaman di CV dengan kegiatan magang, volunteer hingga memasukkan project yang kamu kerjakan. Tapi bagaimana cara melamar kerja tanpa pengalaman untuk mahasiswa dan fresh graduate? 

Jangan takut dan tidak percaya diri. Kamu masih bisa mengikuti tips berikut agar dilirik HRD perusahaan. Langsung saja simak penjelasan berikut mulai cara melamar kerja tanpa pengalaman hingga cara membuat cover letter dan CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja dengan benar yang bisa kamu coba!

Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman

Sebagai lulusan baru, kamu mungkin bingung bagaimana mempersiapkan diri untuk mencari pekerjaan, apalagi jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali. Tapi jangan khawatir, simak beberapa tips berikut ini, yuk!

1. Lamar Pekerjaan Sesuai Kualifikasi

Banyak pelamar tanpa pengalaman profesional ditolak karena tidak sesuai kualifikasi.

Sebagian besar dari mereka kurang memahami bahwa setiap pekerjaan memiliki kualifikasi dasar, seperti pengalaman kerja di bidang yang sama, spesialisasi pada bidang tertentu, dan skill apa saja yang harus dimiliki.

Nah, jika kamu tidak ingin gagal mengirimkan surat lamaran tanpa pengalaman kerja, pastikan kamu memenuhi sebagian besar kualifikasi atau persyaratan. Pilihlah lowongan dengan kualifikasi yang tidak mengharuskan kamu memiliki pengalaman kerja.

Selain itu, kamu juga harus tahu apa saja kemampuan yang kamu kuasai. Dengan memahami keterampilan kamu sendiri, kamu dapat menentukan pekerjaan yang cocok. Sehingga, peluang untuk diterima di perusahaan juga semakin besar.

Salah satu cara untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi kamu adalah dengan menggunakan filter yang biasa ditemukan di situs pencari kerja. Centang tab ‘tidak memiliki pengalaman profesional’. Cara ini mengarah pada tawaran pekerjaan yang tidak membutuhkan pengalaman kerja.

2. Melamar Pekerjaan ke Berbagai Lowongan

Setelah kamu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi kamu, kamu juga harus melamar lowongan sebanyak mungkin. Mengapa begitu?

Cara melamar kerja tanpa pengalaman yang satu ini dinilai cukup efektif. Selain itu, peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin besar. Misalnya begini, sejauh ini kamu mungkin hanya mengajukan tiga posisi terbuka per hari. Pada saat yang sama ada juga orang yang tidak memiliki pengalaman kerja dan melamar 10 posisi setiap hari.

Perbandingan ini memperjelas siapa yang memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan wawancara kerja, bukan? Jadi tidak masalah jika ingin melamar beberapa posisi sekaligus. Jika kamu bisa, teruslah mendaftar sampai lulus!

Lihat panduan : 27 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Lengkap Jawaban & Artinya 

3. Masuk dalam Grup Pencari Kerja

Terkadang peluang kerja datang dari tempat yang tidak terduga. Salah satunya adalah sekelompok pencari kerja tanpa pengalaman kerja. 

Menjadi bagian dari grup ini penting, karena di sana kamu tidak hanya bisa mendapatkan informasi dan bertukar pikiran, tetapi juga bisa melihat peluang pekerjaan secara lebih luas.

Usahakan untuk aktif di dalam grup. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak tentang lowongan kerja. Setidaknya tunjukkan bahwa kamu memiliki minat atau pengetahuan tentang topik yang kamu komentari. Umpan balik kamu juga dapat bermanfaat bagi anggota grup lainnya.

4. Tonjolkan Kemampuan dalam Bidang Tertentu

Keterampilan atau kemampuan khusus merupakan penting di mata perekrut. Jika kamu adalah orang tanpa pengalaman kerja, keterampilan atau kemampuan dianggap sebagai nilai tambah.

Tuliskan softskill maupun hardskill yang kamu punya. Misalnya, kamu bisa menuliskan kemampuan memahami bahasa pemrograman, menggunakan media sosial dengan baik, atau menguasai strategi marketing. Kamu harus memastikan bahwa kamu memahami setiap skill yang tertulis di dalam CV.

Kamu tidak harus menunjukkan kemampuan tersebut secara langsung, tetapi tuliskan bahwa kamu menggunakan keterampilan ini dalam suatu proyek, misalnya selama tesis atau magang di perusahaan lain.

Baca juga : Contoh Skill yang Harus ada di CV & Cara Penulisannya Lengkap 

5. Masukkan Pengalaman Organisasi

Cara melamar kerja tanpa pengalaman berikutnya adalah memasukkan keanggotaan organisasi. Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja, sertakan pengalaman volunteer, kegiatan sekolah, atau hobi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menunjukkan prestasi atau keterampilan. 

Hal ini dapat membantu karena pengalaman sebelumnya dalam organisasi akan berguna jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja. Pengalaman organisasi menjadi berharga jika kamu melamar  posisi yang serupa atau setidaknya hampir mirip

Katakanlah kamu memiliki pengalaman merekrut volunteer dan kebetulan kamu sedang mencari posisi HRD. Maka, pengalaman yang relevan ini akan menjadikan kamu nilai plus di mata perusahaan.

6. Buat Cover Letter dan CV yang Menarik

Satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam cara melamar kerja tanpa pengalaman adalah surat lamaran dan resume kamu. Kedua dokumen ini merupakan bagian dari langkah pertama pencarian kerja untuk memberikan kesan pertama kepada HRD tentang kamu.

Dengan dua dokumen ini, kamu dapat meyakinkan perusahaan bahwa kamu adalah kandidat yang paling cocok dan akan memberikan pengaruh yang baik bagi perusahaan, sekalipun kamu tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Itu sebabnya membuat surat lamaran dan CV yang menarik sangat penting untuk meningkatkan peluang kamu mendapatkan pekerjaan.

Cover Letter

Ketika kamu mengirim CV, kamu juga harus menyertakan cover letter di email-mu. Gunanya adalah untuk memberikan pengenalan diri yang lebih detail kepada HRD. Isi dari cover letter di antaranya adalah dari mana kamu mengetahui tentang lowongan kerja tersebut, motivasi kamu bekerja di perusahaan tersebut, serta ringkasan singkat mengenai pencapaian-pencapaian yang kamu tulis dalam CV.

CV

Bisa dibilang CV adalah “tiket masuk” kamu ke sebuah perusahaan, karena disinilah kamu bisa menarik perhatian HRD dengan merangkum skill dan prestasi kamu di dalamnya. Sebelum kamu mengirimkan CV ke perusahaan, pastikan kamu telah memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Persyaratan pelamar kerja

Perhatikan persyaratan lowongan yang kamu lamar. Misalnya, tidak diperlukan pengalaman kerja, tetapi kamu harus memiliki keterampilan teknis tertentu, seperti bahasa pemrograman atau bahasa asing.

Setelah kamu mengetahui keterampilan mana yang menjadi fokus pekerjaan, kamu dapat menjelaskan contoh spesifik tentang bagaimana kamu menggunakan keterampilan tersebut saat mengerjakan proyek atau memecahkan masalah.

Integritas

Meskipun resume kamu penuh dengan berbagai pencapaian dan kelebihan, jangan sampai kamu menuliskan sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Jika kamu tidak jujur, HRD dapat memastikannya saat wawancara atau pemeriksaan latar belakang apakah prestasi yang kamu sebutkan di resume tersebut benar atau tidak.

Pengaturan layout CV

Perusahaan menerima ratusan resume setiap kali membuka lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, pastikan bahwa CV kamu dapat menarik perhatian HRD. Kamu juga dapat menggunakan resume untuk menonjolkan kemampuan desain, pemrograman, atau hard skill lainnya, terutama jika perusahaan yang kamu lamar membutuhkan keterampilan tersebut.

Lihat panduan : Cara Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja dan Contohnya

Itulah beberapa cara melamar kerja tanpa pengalaman yang bisa kamu coba. Jadi gimana, apakah kamu makin termotivasi untuk langsung melamar pekerjaan? Dengan tips-tips di atas kamu bisa lebih percaya diri untuk melamar pekerjaan meski tanpa pengalaman.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kamu nggak harus memasukkan pengalaman kerja dari suatu perusahaan. Salah satu cara memperlihatkan kredibilitas bisa dengan memasukkan sertifikat kursus. Nah, kamu bisa mengikuti berbagai kursus online bersertifikat di Cakap Upskill. Ada banyak kelas yang bisa kamu pilih, lho. Yuk cek sekarang juga!

Referensi

  • Glints
  • Myrobin

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap