10 Jenis Kerja Online Mengetik Menjanjikan yang Mudah untuk Siapapun

kerja online mengetik

Apakah Sobat Cakap memiliki hobi menulis atau mengetik? Hobi tersebut bisa kamu jadikan modal untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau pekerjaan sampingan online, lho. Pada era digital ini, kebutuhan untuk penulisan pun meningkat sehingga ada banyak kerja online mengetik yang bisa kamu lakukan, seperti 10 jenis pekerjaan di bawah ini. Yuk, baca selengkapnya!

Table of Contents

Copywriter

Kerja online mengetik pertama dengan gaji lumayan adalah Copywriter. Apabila kamu memiliki kemampuan dalam menganalisis customer dan jago membuat kata-kata yang menarik untuk sebuah brand, maka Copywriter adalah pilihan yang tepat untuk kamu. 

Bekerja sebagai Copywriter lepas, kamu bisa mengantongi ratusan ribu hingga jutaan rupiah per project, tergantung pengalaman dan keterampilanmu. Jangan lupa siapkan portofolio dan posting layananmu di media sosial atau platform khusus pekerjaan freelance

Content Writer

Content Writer adalah jenis kerja online mengetik yang cukup populer karena banyak dibutuhkan oleh pemilik bisnis online. Ada perusahaan yang mempekerjakan Content Writer tetap dan ada pula yang menggunakan jasa Content Writer freelance

Cara menjadi content writer adalah biasanya kamu diharuskan untuk dapat menuliskan artikel yang berisi informasi dan edukasi tentang produk atau layanan dari perusahaan kamu bekerja.

Fee atau biaya jasa untuk seorang Content Writer biasanya dihitung berdasarkan jumlah kata yang ditulis untuk satu artikel. Misalnya untuk sebuah artikel 500 kata, seorang Content Writer bisa mematok harga mulai dari Rp50.000–Rp200.000.

Mau jadi Content Writer? Cek Panduan Content Writer 101: Tugas, Skill Wajib, dan Gajinya

Script Writer

Meskipun sama-sama menyediakan tulisan untuk kebutuhan perusahaan, Script Writer memiliki hasil pekerjaan yang berbeda, yaitu skrip. Naskah yang ditulis Script Writer biasanya digunakan untuk kebutuhan marketing dan branding seperti video iklan atau podcast

Dengan kreativitas yang lebih tinggi, Script Writer biasanya dibayar lebih mahal per project, tergantung brand dan konsep yang dibuat. Kamu dapat mematok harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk setiap naskah yang dihasilkan. 

UX Writer

UX Writer adalah penulis yang bekerja dalam pengembangan sebuah website atau aplikasi. Pekerjaan mereka termasuk menulis copy dengan mempertimbangkan kenyamanan user yang akan menggunakan website atau aplikasi tersebut nantinya.

Saat ini, cukup banyak peluang jika kamu ingin menjadi UX Writer lepasan yang bisa dikerjakan secara online atau jarak jauh. Untuk sebuah project UX Writer umumnya mendapatkan bayaran jutaan rupiah tergantung portofolio dan pengalaman. 

Editor

Seorang Editor bertugas untuk melakukan koreksi pada sebuah tulisan agar tulisan tersebut enak dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca. Tugas Editor termasuk melakukan koreksi kecil pada sebuah paragraf hingga melakukan penyuntingan besar pada sebuah tulisan. 

Kamu dapat menetapkan harga sendiri kerja online mengetik yang satu ini dengan hitungan per halaman maupun per project. Selain itu, ada pula perusahaan yang mencari Editor dengan budget yang mereka miliki, tetapi dapat dinego untuk membuat kesepakatan akhir. 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Reviewer

Apakah kamu suka membeli barang dan memberikan ulasan atau review untuk barang tersebut? Jika iya, menjadi Reviewer adalah pilihan selanjutnya buatmu. Kamu bisa mendapatkan project untuk review dari berbagai website atau komunitas online. 

Calon pengguna jasa biasanya akan terlebih dahulu melihat contoh review yang pernah kamu buat sebelumnya. Sesuai kesepakatan, kamu mungkin akan dipinjami atau diberikan barang yang akan di-review secara gratis serta mendapatkan fee untuk tulisan yang kamu buat. 

Transkripsi

Kerja online mengetik yang satu ini dilakukan dengan cara mendengarkan sebuah rekaman suara atau menyimak rekaman video. Menyimak rekaman tersebut tidak hanya sekadar menyimak, tetapi juga mencatat semua informasi yang ada. 

Rekaman yang perlu dibuatkan transkripsi biasanya berupa hasil wawancara, video dokumenter, film, dan rekaman lainnya. Bayaran yang diterima oleh penulis transkripsi biasanya dihitung berdasarkan durasi rekaman audio atau video yang disimak. 

Penerjemah

Jika kamu menguasai bahasa asing, maka menjadi penerjemah bisa menjadi salah satu kerja online mengetik yang bisa kamu lakukan. Dengan kemampuan berbahasa yang kamu miliki, kamu bisa menawarkan jasa untuk menerjemahkan jurnal, artikel, buku, dan sebagainya. 

Bayaran yang akan kamu dapat dari menjadi penerjemah tergantung panjang pendeknya sebuah tulisan. Kamu bisa mematok harga hingga jutaan rupiah jika kamu percaya diri dengan kemampuan penerjemahan yang kamu miliki. 

Baca juga : Mau Jadi Penerjemah Bahasa Korea? Ini Syarat yang Perlu Diketahui!

Data Entry

Input data atau data entry adalah salah satu kerja online mengetik yang cukup sederhana yang sebenarnya tidak membutuhkan skill khusus. Kamu mungkin akan diminta untuk memasukkan data ke dalam Spreadsheet atau ke sistem informasi perusahaan. 

Pekerjaan ini biasanya dibayarkan per project dan ada pula yang dibayarkan berdasarkan banyaknya data yang sudah diinput. Meski demikian, lowongan untuk pekerjaan ini mungkin sudah tidak terlalu banyak dengan semakin otomatisnya sistem penarikan data digital. 

Pelajari profesi : Data Entry – Arti, Jenis, Tugas, Skill yang Dibutuhkan & Rentang Gaji

Mengetik Ulang Dokumen

Digitalisasi menuntut perusahaan dan bisnis untuk melakukan transformasi, termasuk untuk dokumen-dokumen bisnis dan perusahaan. Kamu bisa menarget perusahaan yang baru memulai digitalisasi ini untuk menawarkan jasa pengetikan ulang dokumen mereka. 

Sama seperti Data Entry pekerjaan ini termasuk pekerjaan mengetik online yang sudah jarang ditawarkan. Meski demikian kamu dapat tetap dapat menawarkannya pada situs-situs pencarian freelancer sehingga tersedia jika ada yang mencarinya.

Nah, itulah macam-macam kerja online mengetik yang bisa kamu coba, terutama jika kamu tertarik dalam dunia kepenulisan. Pekerjaan-pekerjaan di atas tentunya akan memberimu penghasilan tambahan, terutama bagai kamu yang tertarik dengan pekerjaan freelance

Sebelum mulai untuk menawarkan jasa kepenulisan, ada baiknya kamu mengumpulkan contoh tulisan yang pernah dipublikasikan. Selain itu, nggak ada salahnya membekali diri dengan wawasan tambahan seperti mengikuti kursus Menulis untuk Jualan di Cakap Upskill. Daftar kursusnya dan dapatkan sertifikatnya, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.