Mau Jadi Penerjemah Bahasa Korea? Ini Syarat yang Perlu Diketahui!

penerjemah korea
Image by Freepik

Kesempatan karier sebagai penerjemah Korea nampaknya masih akan terbuka lebar seiring semakin diterimanya budaya populer Korea di tanah air. Tidak hanya itu, perusahaan Korea pun semakin banyak membuka cabang di dalam negeri dengan berbagai macam bidang dan industri. 

Bagi Sobat Cakap penggemar K-Drama, K-Pop, dan K-Variety, hobi dan ketertarikan kalian bisa diarahkan menjadi peluang karier, lho. Tentunya jika dipersiapkan dengan matang serta ditekuni dengan serius. Kali ini kita akan membahas tentang penerjemah bahasa Korea serta hal-hal yang perlu kamu ketahui seperti tugas, syarat, serta gajinya. Langsung baca aja, yuk!

Table of Contents

Penerjemah Bahasa Korea

Profesi penerjemah bahasa Korea adalah seseorang yang bertugas untuk menerjemahkan teks atau percakapan dari bahasa Korea ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Penerjemah Korea harus memiliki kemampuan yang baik dalam kedua bahasa tersebut, serta mengerti makna, konotasi, dan konteks dari apa yang diterjemahkan. 

Selain itu, penerjemah bahasa Korea juga harus memahami seluk-beluk bidang yang sedang diterjemahkan, seperti bisnis, hukum, teknologi, atau sastra. Penerjemah Korea dapat bekerja di berbagai tempat, seperti perusahaan, instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, atau sebagai freelancer.

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Tugas dan Tanggung Jawab Penerjemah Bahasa Korea

Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, berikut adalah tugas dan tanggung jawab atau job description penerjemah bahasa Korea:

  1. Menerjemahkan teks atau percakapan dari bahasa Korea ke bahasa Indonesia atau sebaliknya dengan tepat, benar, dan sesuai dengan makna yang sebenarnya.
  2. Memahami konotasi, konteks, dan seluk-beluk bidang yang sedang diterjemahkan, seperti bisnis, hukum, teknologi, atau sastra.
  3. Bertanggung jawab terhadap kualitas terjemahan yang dibuat.
  4. Menjaga kerahasiaan dokumen atau informasi yang diterjemahkan.
  5. Bekerja sama dengan klien atau rekan kerja yang lain sesuai dengan kebutuhan.
  6. Mengikuti perkembangan terbaru di bidang bahasa Korea dan terjemahan.
  7. Menyelesaikan pekerjaan terjemahan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Syarat Jadi Penerjemah Bahasa Korea

Lalu gimana sih biar bisa jadi penerjemah bahasa Korea? Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya:

1. Kemampuan bahasa Korea dan Indonesia yang baik

Penerjemah bahasa Korea harus memiliki kemampuan bahasa Korea yang baik, baik dalam menulis maupun berbicara. Selain itu, penguasaan bahasa Indonesia yang baik juga diperlukan, baik secara lisan maupun tulisan.  

2. Pendidikan

Penerjemah bahasa Korea biasanya memiliki latar belakang pendidikan di bidang bahasa atau sastra Korea. Akan lebih baik jika kamu memiliki pengalaman pertukaran pelajar atau exchange ke Korea dalam masa studimu sehingga kamu lebih memahami budayanya. 

3. Sertifikasi

Beberapa perusahaan atau instansi mungkin mengharuskan penerjemah bahasa Korea memiliki sertifikasi penerjemah dari lembaga yang terakreditasi. Selain itu kamu juga harus sudah memiliki sertifikat kemahiran bahasa Korea yaitu TOPIK. 

4. Kemampuan terjemahan yang baik 

Penerjemah bahasa Korea harus memiliki kemampuan terjemahan yang baik. Kamu dituntut untuk mampu menerjemahkan teks atau percakapan dengan tepat, benar, dan sesuai dengan makna serta konteks penggunaannya.

5. Kemampuan mengerti seluk-beluk bidang 

Penerjemah bahasa Korea juga harus memahami seluk-beluk bidang yang sedang diterjemahkan. Misalnya bidang bisnis, manufaktur, hiburan, hingga sastra sesuai dengan bidang bisnis perusahaan tempat bekerja. 

6. Kemampuan komunikasi yang baik 

Penerjemah bahasa Korea harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, agar dapat bekerja sama dengan klien atau rekan kerja yang lain. Keterampilan komunikasi juga sangat dibutuhkan dalam menyampaikan terjemahan dengan baik dan sesuai. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Gaji Penerjemah Bahasa Korea

Bicara soal gaji, penerjemah Korea bisa memiliki pendapatan yang bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Jenis pekerjaan: Gaji penerjemah bahasa Korea bisa berbeda-beda tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan. Misalnya seperti penerjemah Korea freelance, penerjemah di perusahaan, atau penerjemah di instansi pemerintah.
  • Tingkat pengalaman: Penerjemah bahasa Korea yang memiliki pengalaman biasanya akan memperoleh gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan penerjemah bahasa Korea pemula. 
  • Tingkat kemampuan: Penerjemah bahasa Korea yang memiliki kemampuan bahasa Korea yang lebih baik dan memiliki sertifikasi penerjemah biasanya digaji yang lebih tinggi. 
  • Tempat tinggal: Gaji penerjemah bahasa Korea juga bisa berbeda-beda tergantung pada tempat tinggal. Penerjemah yang bekerja di kota besar biasanya memiliki yang lebih tinggi daripada penerjemah di daerah lainnya. 

Sebagai acuan, gaji penerjemah bahasa Korea di Indonesia bisa berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulan. Hal ini juga akan  tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas serta perusahaan atau instansi tempat penerjemah bekerja.

Nah, setelah membaca penjelasan tersebut apakah Sobat Cakap ingin berkarier di bidang yang disukai, yaitu sebagai penerjemah Korea? Jika saat ini Sobat Cakap masih duduk di bangku SMA, nggak ada salahnya mulai belajar bahasa Korea dari sekarang. Daftar kursusnya di Cakap dan tentukan sendiri jadwal belajarmu! Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • tipkerja.com
  • fastwork.id
  • renesia.com

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat