Kenali Kuliah Jurusan Bahasa Korea di Indonesia dan Prospek Kerjanya

jurusan-bahasa-korea

Para peminat jurusan bahasa dan sastra, kalian bisa nih kepoin jurusan kuliah yang satu ini. Jurusan Bahasa Korea adalah salah satu jurusan sastra dan bahasa yang bisa kamu jumpai di beberapa universitas di Indonesia. Jurusan Sastra/Bahasa Korea masuk ke dalam tiga besar jurusan sastra asing yang paling banyak diminati. Hal tersebut mungkin bisa dikaitkan dengan fenomena gelombang Korea yang kian marak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Setelah sebelumnya sudah membahas tuntas jurusan bahasa Jepang, sekarang giliran jurusan Bahasa Korea nih yang mau dibahas dan ditelusuri selengkapnya. Mulai dari kenalan dengan program studinya, prospek kerjanya, sampai universitas yang ada jurusan bahasa Koreanya akan dibahas di sini.

Table of Contents

Jurusan Bahasa Korea

Jurusan Bahasa Korea adalah salah satu program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya/Fakultas Ilmu Sastra. Seperti namanya, prodi ini akan memberikanmu ilmu dan penerapan penggunaan bahasa Korea.

Disana kamu akan belajar tentang sejarah kesusastraan Korea, budaya leluhur, budaya populer, dan tata bahasanya. Tidak hanya itu, dalam jurusan Bahasa dan Sastra Korea kamu juga akan belajar banyak tentang bagaimana kehidupan masyarakatnya serta ekonomi dan pariwisata di Korea. Wah, menarik bukan? Nggak salah deh kalau kamu punya mimpi ingin ambil kuliah jurusan Bahasa Korea! 

Lalu, kalau ditanya apa sih syarat masuk jurusan bahasa Korea? Apa harus fasih bahasa Korea dulu, baru boleh daftar? Tentu menguasai bahasa Korea menjadi nilai tambah tersendiri bagi mahasiswa jurusan sastra Korea, akan tetapi untuk kamu yang masih belum terlalu fasih berbahasa Korea, peluang tetap terbuka lebar. Asal kamu punya keinginan kuat dan mau belajar, kamu pasti bisa!

Universitas Bahasa Korea di Indonesia

Memangnya ada ya jurusan Sastra Korea di Indonesia? Tentu ada dong! Berikut ini beberapa universitas yang ada jurusan Bahasa Koreanya. Kira-kira ada kampus impianmu nggak, ya?

(1) Universitas Indonesia

Jurusan Sastra Korea di Indonesia juga bisa kamu temukan di Universitas Indonesia. Jurusan Bahasa Korea di UI cukup terkenal dan menjadi salah satu yang terfavorit, lho. Selain favorit, jurusan Bahasa Korea di UI juga sudah terakreditasi A. Tidak hanya kuliah dan belajar banyak hal seputar bahasa dan kebudayaan Korea, prodi Bahasa Korea UI juga kerap mengadakan event-event meriah.

(2) Universitas Nasional

Universitas swasta jurusan Bahasa Korea yang bisa kamu tujua adalah Universitas Nasional. Meskipun sebelumnya universitas ini hanya membuka program studi Bahasa Korea untuk jenjang D-3, per tahun 2017 lalu, Unas sudah membuka jurusan Bahasa Korea untuk jenjang S1. Yuk, langsung aja kepoin websitenya!

(3) Universitas Pendidikan Indonesia

Melipir sejenak dari Kota Jakarta, mari kita menuju Bandung! Di sana ada UPI, salah satu universitas yang ada jurusan Bahasa Korea. Kalau kamu mau kuliah di tempat yang sejuk dan dekat dengan banyak wisata alam, UPI adalah pilihan yang tepat.

Jurusan yang sudah mengantongi akreditasi B ini telah menjalin kerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Korea Selatan sejak tahun 2015. Pembelajaran bahasa Korea yang awalnya hanya sebuah kursus, akhirnya diresmikan sebagai program studi resmi dengan jenjang S1.

(4) Universitas Gadjah mada

Satu lagi nih universitas yang ada atau memiliki jurusan Sastra Korea di Indonesia, yaitu UGM. Siapa sih yang nggak kenal UGM? Salah satu kampus yang masuk jajaran top kampus Indonesia ini membuka prodi Bahasa Korea sejak tahun 2008.

Jurusan Bahasa Korea di kampus ini sudah mengantongi akreditasi A untuk jenjang S1. Selain membuka pendaftaran bagi S1, jurusan Bahasa Korea di kampus biru ini juga membuka jenjang D3 Bahasa Korea yang berada di bawah naungan Sekolah Vokasi UGM.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Prospek Kerja Jurusan Bahasa Korea

Sebelum mantap mengambil jurusan Bahasa Korea, mungkin kalian pernah bertanya-tanya kuliah jurusan Bahasa Korea kerja apa sih nantinya? Tenang, berikut ini beberapa prospek kerja yang bisa jadi ladang penghasilan bagi para lulusan jurusan Bahasa Korea!

(1) Penerjemah

Siapa saja yang mengambil jurusan bahasa asing dan mampu menguasai bahasa tersebut, dapat menggeluti profesi sebagai seorang penerjemah, tak terkecuali bagi lulusan jurusan Bahasa Korea.

Mereka yang telah mengenyam pendidikan S1 Bahasa Korea bisa menjadi penerjemah lisan maupun tulisan. Untuk penerjemah lisan, kalian bisa menjadi interpreter dalam pertemuan multinasional. Sedangkan untuk penerjemah tulisan atau translator, kalian bisa menerjemahkan teks-teks, seperti buku, novel, dll (tentunya kemampuan membaca huruf Hangeul dalam hal ini sangat diperlukan).

(2) Penulis

Lulusan jurusan Bahasa Korea juga bisa menjadi penulis, lho.  Ada banyak pekerjaan sebagai writer yang menunggu lulusan atau orang yang fasih berbahasa Korea untuk dapat menulis artikel, naskah iklan, buku cerita, atau bahkan prosa berbahasa Korea.

(3) Pemandu Wisata

Kalau pekerjaan yang satu ini sih kayaknya jadi dambaan banyak orang, ya. Bagaimana tidak, dengan menjadi pemandu wisata, kalian bisa sering-sering berinteraksi dengan turis Korea yang akan berwisata di Indonesia. Bahkan kamu juga bisa berkeliling Korea untuk menjadi pemandu wisata bagi turis Indonesia di Korea.

(4) Diplomat

Ada lagi nih prospek kerja menarik yang biasa diambil oleh lulusan jurusan Bahasa Korea, apalagi kalau bukan diplomat. Menjadi seorang diplomat mungkin membutuhkan effort yang lebih, tapi tentunya pekerjaan ini menawarkan pengalaman dan penghasilan yang luar biasa menggiurkan.

Tugas utama seorang diplomat melakukan diplomasi dan negosiasi terbaik untuk dapat bekerja sama dengan negara luar. Kalau kamu lulusan jurusan Bahasa Korea, kamu bisa tuh melamar pekerjaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di Korea. So, otomatis kamu akan ditempatkan kerja di wilayah Korea. Keren banget nggak tuh?

Gimana? Penjelasan di atas sudah cukup lengkap, bukan? Dari apa yang kamu baca di atas, yakin nih masih bingung mau ambil jurusan Bahasa Korea? Dengan prospek kerja yang begitu menggiurkan, hilangkan jauh-jauh keraguan dan mulai mempersiapkan dirimu untuk mendaftar di jurusan Bahasa Korea. Biar persiapannya makin matang, yuk gabung dan belajar bareng di kursus bahasa Korea online Cakap!

Referensi:
-campus.quipper.com
-gramedia.com
-website kampus tertera
-akupintar.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat