Mengenal Jurusan Bahasa Jepang, Ada di Kampus Mana Saja Ya?

jurusan-bahasa-jepang

Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang memiliki eksistensi cukup kuat di Indonesia. Hal tersebut terbukti dari ramainya peminat jurusan Bahasa Jepang di berbagai universitas favorit. Tak hanya itu, kini banyak juga tempat-tempat kursus yang menyediakan pembelajaran khusus bahasa Jepang.

Buat kamu yang sedang sibuk dan bingung memilih jurusan kuliah, yuk coba kenalan sama jurusan bahasa Jepang! Siapa tahu menjadi jurusan kuliah yang cocok untukmu.

Table of Contents

Jurusan Bahasa Jepang

Jurusan Bahasa Jepang terbagi menjadi dua, yaitu Jurusan Sastra Jepang dan Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Keduanya memang sama-sama mempelajari tentang bahasa dan budaya Jepang, namun metode pembelajarannya memiliki pendekatan yang berbeda. Lantas, apa yang mendasari perbedaan Sastra dan Pendidikan Bahasa Jepang? Check it out!

Jurusan Sastra Jepang adalah prodi sastra murni yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya atau Fakultas Ilmu Bahasa dan Sastra. Secara garis besar, program studi ini berfokus pada pembelajaran sejarah, linguistik, dan menelisik karya-karya kesusastraan Jepang (seperti novel, naskah, drama, cerpen, dan puisi). Biasanya, pada semester 5, para mahasiswa jurusan Sastra Jepang akan disuruh untuk memilih satu dari 2 atau 3 program peminatan, yaitu sastra, bahasa, dan budaya.

Sedangkan, jurusan Pendidikan Bahasa Jepang tidak berada pada jalur sastra murni, melainkan lebih berfokus mendalami keguruan karena nantinya akan diarahkan pada sektor pengajaran. Dalam prodi Pendidikan Bahasa Jepang, kamu akan belajar bagaimana cara mengajar Bahasa Jepang dan bagaimana cara menyusun kurikulum pembelajarannya.

Prospek Kerja Lulusan Sastra dan Pendidikan Bahasa Jepang

Salah satu hal yang sering dipertanyakan sebelum memilih Jurusan Bahasa Jepang adalah prospek kerja. Kira-kira para lulusan Sastra dan Pendidikan Bahasa Jepang itu bisa kerja di bidang apa saja sih? Yuk, simak!

(1) Penerjemah

Pekerjaan sebagai penerjemah atau translator merupakan ladang mencari penghasilan bagi para lulusan jurusan Bahasa Jepang atau bahasa asing lainnya. Kamu yang memiliki kemampuan dan fasih berbahasa Jepang bisa menjadi seorang penerjemah, baik penerjemah lisan maupun penerjemah tulisan (jurnal, artikel, buku, novel, dll).

(2) Penulis

Mengenyam pendidikan di fakultas bahasa tentu memberikan bekal berupa kemampuan menyusun dan menulis artikel atau essay yang berhubungan dengan kesusastraan dan budaya Jepang. Hal tersebut sangat memungkinkan bagi para lulusan jurusan Bahasa Jepang untuk menjadi penulis, baik copywriter, content writer, maupun travel writer.

(3) Tour Guide

Indonesia merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang cukup populer dengan keindahan alam dan tempat wisatanya. Buat kamu yang hobi traveling dan menjelajahi kota-kota, kamu bisa menjadi tour guide atau pemandu wisata bagi para wisatawan Jepang. Bahkan, kamu juga bisa menjadi pemandu wisata bagi wisatawan Indonesia yang akan melakukan perjalanan wisata ke Jepang, lho.

(4) Guru, Tutor, atau Dosen

Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Kamu bisa menggeluti profesi sebagai seorang guru di sekolah dasar atau sekolah menengah. Kamu juga bisa menjadi dosen di universitas atau tutor di berbagai tempat kursus.

(5) Kantor Kedutaan

Satu lagi nih prospek kerja lulusan Jurusan Bahasa Jepang yang sangat menggiurkan, yaitu bekerja di kantor kedutaan atau embassy. Wah, ini sih keren banget! Selain memiliki jenjang karier yang cemerlang, kerja di kantor kedutaan juga bisa menambah jumlah relasi kamu lho, Sobat Cakap. 

Universitas Terkenal yang Ada Jurusan Sastra Jepang

Buat kamu yang sudah mantap memilih jurusan Sastra Jepang, tapi masih bingung menentukan kampus mana yang akan jadi tempat belajar, berikut ini ada beberapa daftar universitas terkenal di Indonesia yang menyediakan program studi Sastra Jepang. Ada universitas yang menyediakan beasiswa kuliah juga nggak, ya?

Universitas Padjadjaran

Unpad adalah salah satu kampus di Indonesia yang memiliki program studi Sastra Jepang. Prodi ini menjadi salah satu jurusan favorit di Fakultas Ilmu Budaya Unpad. Bahkan, kerennya lagi di Unpad ada layanan Pusat Studi Bahasa Jepang, lho. Jurusan Sastra Jepang Unpad terletak di kampus Jatinangor.

Universitas Indonesia

Ada banyak program studi sastra asing yang disediakan Universitas Indonesia. Salah satunya adalah Sastra Jepang. Prodi ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Selain berada di universitas terkenal, prodi Sastra Jepang UI juga sudah memiliki akreditasi A 

Universitas Andalas

Terbang jauh meninggalkan Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera, ada Universitas Andalas yang juga membuka program studi Sastra Jepang dengan akreditasi A. Prodi Sastra Jepang Unand menjadi satu-satunya bahasa prodi bahasa asing selain Sastra Jepang. 

Universitas Gadjah Mada

Prodi Sastra Jepang UGM dibuka pada tahun 1989. Selain sudah terakreditasi A, jurusan Sastra Jepang UGM juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, salah satunya adalah PSSJ (Perpustakaan Program Studi Sastra Jepang).

Universitas yang Ada Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang

Jika kamu lebih tertarik mempelajari tentang bagaimana cara mengajar bahasa Jepang, maka kamu bisa mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Jepang di universitas-universitas berikut ini: 

Universitas Negeri Semarang

Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang merupakan prodi keempat yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Unnes. Prodi ini pertama kali dibuka pada tahun 2006. Unnes juga menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang, seperti beasiswa Monbukagakusho, Jenesys, dan Short Program yang didirikan oleh Japan Foundation. 

Universitas Negeri Jakarta

Program S1 Pendidikan Bahasa Jepang juga bisa kamu temukan di Universitas Negeri Jakarta. Prodi ini berada di bawah naungan Fakultas Bahasa dan Seni yang berfokus pada penguasaan teori pengajaran Bahasa Jepang dan kemahiran mengajar Bahasa Jepang. Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNJ terakreditasi B.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang jurusan Bahasa jepang dan universitas terkenal yang ada jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Buat kamu yang berminat melanjutkan S1 Bahasa Jepang, yuk mulai belajar dan menambah kemahiran bahasa Jepang-mu dari sekarang! Kamu bisa mengambil kursus bahasa Jepang online Cakap. Di sana ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu ambil, kamu juga bisa memilih sensei-mu sendiri, lho.

Dan kalau kamu tertarik kuliah di luar negeri, yuk cek program kuliah di luar negeri yang ada di Cakap. Kamu bisa mendapatkan informasi beasiswa, konsultasi gratis, bimbingan materi dan tentunya Cakap telah bekerja sama dengan beragam universitas ternama di Asia dan Eropa. Daftarkan dirimu sekarang di program kuliah di luar negeri Cakap, yuk!

Referensi:
-gramedia.com
-campus.quipper.com
-website resmi universitas tertera

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

      #SiapaCakapDiaDapat