Ranking 5 Universitas ‘Ivy League’ di Jepang

universitas jepang

Apabila artikel sebelumnya sempat membahas mengenai universitas ‘Ivy League’ di China atau yang dikenal dengan sebutan C9 League, pada artikel kali ini Cakap akan memperkenalkan universitas-universitas ‘Ivy League’ versi Jepang yang disebut sebagai  ‘Universitas Imperial’.

Universitas-universitas yang masuk sebagai anggota Universitas Imperial didirikan pada masa Kekaisaran Jepang. Tujuh universitas Imperial terletak di Jepang, masing-masing satu di Korea dan Taiwan ketika masih berada di bawah kekuasaan Jepang.

Kini, jajaran perguruan tinggi Imperial dianggap sebagai sejumlah universitas paling bergengsi di Jepang. Bahkan, kelima universitas terbaik versi THE merupakan anggota Universitas Imperial. Apa saja itu? Simak daftar di bawah ini!

Universitas Kyoto

Universitas Kyotosource: wikipedia

Universitas Kyoto memiliki 3 kampus yaitu Yoshida, Uji dan Katsura. Perguruan tinggi ini merupakan salah satu yang tertua di Jepang dan sering masuk dalam daftar universitas top di Asia.

Merupakan universitas yang besar, Kyoto memiliki sekitar 22 ribu pelajar, 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 21 pusat riset dan pendidikan.

Sejumlah peneliti sukses merupakan alumni dari universitas ini, termasuk dua peraih medali Fields, dan satu pemenang hadiah Gauss, dan pemenang hadiah Nobel dalam bidang fisika teori, biologi molekuler, dan kimia.

Dengan nuansa alam dan budaya yang khas, Universitas Kyoto bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang tertarik untuk kuliah di Jepang.

Universitas Tokyo

Universitas Tokyo

Berdiri pada 1877, Universitas Tokyo merupakan universitas nasional pertama di Jepang. Saat ini, Universitas Tokyo memiliki 10 fakultas, 15 sekolah pascasarjana, dan dua lembaga untuk studi lanjutan. Tak sedikit pelajar asing yang melanjutkan pendidikan di universitas ini.

Perguruan tinggi yang satu ini menyediakan hampir segala jenis bidang akademis. Namun, fakultas yang paling terkenal adalah fakultas hukum dan sastra. Banyak politikus Jepang merupakan lulusan universitas ini. Sayangnya, universitas ini tidak menawarkan program S1.

Uniknya, universitas ini memiliki struktur pengajaran yang tidak biasa, dimana pelajarnya mengikuti pendidikan seni lebaral selama dua tahun pertama sebelum pindah ke kampus jurusan masing-masing.

Selain dekat dengan banyak tempat wisata budaya seperti Yanesen dan Taman Ueno, kampus-kampusnya juga memiliki akses transportasi yang mudah ke pusat ibukota.

Panduan Pilihan Universitas Ivy League di Cina

Universitas Tohoku 

Universitas Tohokusource: wikipedia

Kebanyakan fasilitas Universitas Tohoku dib angun di sekitar dan di dalam kawasan perang kuno di kota Sendai. Pada tahun 1913, Tohoku menjadi universitas negeri pertama di Jepang yang menerima pelajar perempuan.

Universitas Tohoku merupakan satu dari 13 universitas yang ditunjuk oleh pemerintah Jepang untuk berkontribusi menyediakan pendidikan tinggi di tingkat internasional. Universitas ini juga mempunyai serangkaian program sarjana yang pengajarannya dilakukan dalam bahasa Inggris.

Untuk S1, jurusan yang ditawarkan hanya teknik, kimia, dan biosains terapan. Namun, untuk S2 dan S3, jurusan yang ditawarkan lebih bervariasi, mulai dari politik, ekonomi, hingga jurusan-jurusan sains.

Universitas Kyushu

Universitas Kyushusource: wikipedia

Sebelumnya menduduki posisi ke-5, universitas Kyushu tahun ini naik satu peringkat. Kyushu memiliki mahasiswa internasional dari berbagai penjuru dunia. Jumlah siswa asing yang masuk ke perguruan tinggi ini terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk program sarjana, jurusan yang ditawarkan antara lain kimia, teknik sipil, teknik mesin, teknik kedirgantaraan (aerospace), dan pertanian. Program pascasarjananya pun tak beda jauh dengan jurusan-jurusan program sarjana yakni seputar sains. Nah, universitas yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin mengambil jurusan yang berhubungan dengan teknik dan ilmu alam.

Universitas Hokkaido

Universitas Hokkaidosource: wikipedia

Universitas Hokkaido terdiri dari 14 fakultas dan 22 sekolah pascasarjana. Selain itu, universitas ini juga menawarkan program pascasarjana bahasa Inggris di bidang pertanian, ilmu kimia & teknik, teknik, ilmu lingkungan, ilmu kehidupan, dan ilmu & kedokteran hewan.

Universitas Hokkaido memiliki dua kampus di Jepang yaitu di Sapporo dan Hakodate, dan kantor luar negeri di Seoul, Helsinki, Beijing, Bandung, dan sejumlah kota lainnya.

Jadi universitas mana nih yang menjadi sasaranmu? Sebelum mendaftar ke universitas-universitas di Jepang, kamu bisa lho melatih kemampuan bahasa Jepangmu dengan pengajar profesional di Cakap. Selain memberikan nilai tambah, ini juga memudahkan kamu untuk beradaptasi dengan kehidupan di Jepang dan berbaur dengan komunitas di sana.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat