Liga C9, Panduan Pilihan Universitas Ivy League di Cina

studi di cina

“Mau lanjut kuliah ke Cina ah! Tapi ke universitas apa ya?” Kalau kamu masih bingung, salah satu universitas anggota Liga C9 atau C9 League di Cina bisa menjadi pilihan.

Cina saat ini sudah menjadi salah satu destinasi populer untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi. Tak hanya untuk belajar bahasa dan budaya saja, mutu pendidikan di Cina pun dapat disandingkan dengan universitas-universitas top di dunia. 

Pasalnya, pemerintahan di Negeri Bambu tersebut sedang gencar-gencarnya berupaya agar kualitas pendidikannya tak kalah saing dengan mutu pendidikan di Amerika Serikat dan Eropa. 

Ditambah lagi, perekonomian Cina saat ini sedang tumbuh pesat dan diperkirakan akan menggantikan posisi AS sebagai negara superpower. Tak heran, banyak yang ingin menembus universitas-universitas top Tiongkok.

Di Cina, ada aliansi 9 universitas yang diprakarsai pemerintah Cina untuk mempromosikan pengembangan pendidikan perguruan tinggi di Cina yang disebut C9 League (九校联盟). Berikut universitas-universitas yang merupakan anggota C9.

Peking University (北京大学)

peking university

Universitas Peking merupakan salah satu Universitas Nasional Utama (National Key University). National Key Universities merupakan universitas-universitas prestisius yang menerima dukungan tinggi dari pemerintah RRC. 

Universitas Peking memiliki 30 perguruan tinggi dan 12 departemen dengan 93 program sarjana, 199 program untuk kandidat Magister, dan 173 program untuk tingkat Doktor. 

Baca Juga:

Belajar Keluar Negeri Jadi Mudah Bersama Cakap Abroad

Tsinghua University (清华大学)

Tsinghua University

Terletak di bekas taman kekaisaran Dinasti Qing dan dikelilingi sejumlah situs bersejarah di Beijing, Tsinghua merupakan salah satu universitas paling terkenal dan bergengsi di Cina. Bahkan, Tsinghua menduduki peringkat pertama dalam daftar universitas terbaik di Asia-Pasifik versi Times Higher Education (THE) 2019.

Tsinghua didirikan pada 1911 dan kini menjadi universitas riset yang komprehensif dengan perkembangan yang menakjubkan. Saat ini, universitas Tsinghua memiliki 56 departemen dengan fakultas di bidang sains, teknik, humaniora, hukum, kedokteran, sejarah, filsafat, ekonomi, manajemen, pendidikan, dan seni. 

Fudan University (复旦大学)

Fudan University

Universitas Fudan didirikan pada tahun 1905. Nama “Fudan” berasal dari ungkapan terkenal yang berarti “upaya tiada henti”.

Universitas Fudan memiliki 4 departemen dengan 68 program Sarjana, 209 program pascasarjana, dan 157 program untuk gelar Doktor.

Shanghai Jiao Tong University (上海交通大学)

Shanghai Jiao Tong University

Selain Universitas Peking, Shanghai Jiao Tong juga merupakan universitas nasional utama di Cina. Didirikan pada tahun 1896, universitas ini merupakan salah satu universitas tertua di Cina. Mantan presiden Cina Jiang Zemin merupakan alumni di sini.

SJTU menawarkan 60 program sarjana, 152 program magister, 93 program Ph.D, dan 21 program pasca doktor – melahirkan sejumlah ilmuwan dan profesor ternama.

Baca Juga: 

Beasiswa 6 Bulan Belajar Bahasa Mandarin di Beijing, Cina

 

Nanjing University (南京大学)

Nanjing University

Juga menjadi salah satu universitas utama Cina, Universitas Nanjing berada langsung di bawah Departemen Pendidikan. Selain masuk dalam C9 League, universitas ini juga ditunjuk sebagai institusi kelas A dalam program Double First Class University Plan, sebuah inisiatif pemerintah Cina untuk mengelola universitas elit menjadi institusi kelas dunia.

Universitas Nanjing juga sudah berulang kali masuk daftar universitas riset terbaik dan digadang-gadang sebgai salah satu universitas paling selektif.

University of Science and Technology of China (中国科学技术大学)

University of Science and Technology of China

Universitas ini merupakan jenis universitas baru yang didirikan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok (CAS). USTC ditujukan untuk membina individu-individu berkualitas tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan untuk pengembangan ekonomi nasional serta pembangunan pertahanan nasional.

USTC masuk dalam daftar 16 universitas nasional utama, menjadikannya universitas termuda dalam daftar tersebut. 

Zhejiang University (浙江大学)

Zhejiang University

Merupakan gabungan dari 4 universitas yaitu Universitas Zhejiang, Universitas Hangzhou, Universitas Pertanian Zhejiang, dan Universitas Kedokteran hejiang, universitas ini menjadi langkah penitng dalam reformasi dan pengembangan pendidikan tinggi di Cina. 

Keempat universitas asalnya sama-sama berasal dari pengajaran “Qiushi (yang berarti mencari kebenaran) Academy”, yang berdiri seabad lalu sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi pertama di Cina.

Xi’An Jiao Tong University (西安交通大学)

Xi’An Jiao Tong University

Juga merupakan universitas nasional utama, XJTU adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi tertua di Tiongkok. Universitas ini masuk ke dalam grup universitas pertama yang dipilih untuk pengembangan prioritas tinggi dalam perencanaan Cina 5 tahun ke depan. 

Harbin Institute of Technology (哈尔滨工业大学)

Harbin Institute of Technology

Sejak berdirinya, Institut Teknologi Harbin telah menerima dukungan preferensial dair pemerintah pusat. Pada tahun 1954 saat Kementerian Pendidikan menunjuk 6 universitas nasional utama, HIT mejadi satu-satunya universitas di luar Beijing yang masuk dalam dafatr tersebut. HIT terus menerima dukungan untuk pengembangan dari pemerintah dan ditujukan agar menjadi universitas kelas dunia pada abad ini. 

Nah, itulah daftar universitas-universitas ternama di Cina yang menerima dukungan tinggi dari pemerintahan Tiongkok. Kamu mau masuk ke yang mana?

Sebelum pilih-pilih universitas di Cina, mending kamu belajar bahasa Mandarin terlebih dahulu bersama Cakap. Yuk coba sekarang! 

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google