Mau Belajar Bahasa Mandarin, Mulai dari Mana ya?

belajar bahasa mandarin dari mana?

Beberapa hari lalu, seorang teman bercerita kepada saya tentang temannya yang cepat sekali mendapat pekerjaan dengan posisi yang cukup menjanjikan dan gaji yang menggiurkan karena temannya itu bisa berbahasa Mandarin.

Mungkin kamu pernah mendengar cerita-cerita serupa dari teman-temanmu. Intinya satu. Tak bisa kita pungkiri, permintaan akan pekerja yang mampu berbahasa Mandarin semakin tinggi. Dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi Cina, banyak perusahaan dari Cina membuka bisnisnya di Indonesia. Selain itu, tak sedikit juga perusahaan yang bekerja sama dengan Cina.

Oke, kamu sudah sadar kalau bahasa Mandarin itu penting dan bisa bahasa Mandarin untuk banyak manfaatnya. Kamu berpikir untuk mulai belajar bahasa Mandarin. Tapi mulai dari mana?

Pelajari pinyin dan nada

Kosakata perkenalan dan angka 

source: giphy.com

Dalam belajar bahasa, penting untuk memiliki dasar yang kuat mengenai bahasa tersebut sebelum mempelajari materi yang lebih sulit.  Kamu mungkin udah tahu kalau bahasa Mandarin adalah bahasa yang memiliki nada. Dalam bahasa Mandarin, nada bisa dibilang merupakan bagian paling mendasar untuk menguasai bahasa Mandarin.

Jangan panik dulu, bahasa Mandarin hanya memiliki 4 nada saja kok. Luangkan waktu untuk berlatih mendengarkan dan mengenali 4 nada tersebut serta cara pengucapannya. Kenapa nada ini penting banget?

Karena kalau kamu berbicara dengan nada yang salah, kamu bakal bikin banyak orang bingung, atau malah tersinggung! Kata dengan ejaan yang sama tapi nada berbeda bisa memiliki arti yang sepenuhnya berbeda.

Bahasa Mandarin juga memiliki karakter yang sepenuhnya berbeda dari bahasa Indonesia karena tidak menggunakan alfabet. Supaya gak kagok, kamu bisa mulai belajar dari pinyin, sistem fonetik untuk pengucapan karakter-karakter bahasa Mandarin.

Kosakata perkenalan dan angka

Kosakata perkenalan dan angka 

source: giphy.com

Sudah mengenali pinyin dan nada bahasa Mandarin? Sekarang kamu siap untuk mempelajari kosakata-kosakata dasar. Seperti pada saat belajar bahasa Inggris, belajar cara memperkenalkan diri adalah salah satu prioritas paling awal untuk dipelajari.

Di sinilah kamu bisa berlatih pinyin dan nada yang sudah kamu pelajari. Berikut beberapa kosakata dasar:

Han ziPinyinArti
你好!Nǐ hǎo!Halo!
早安Zǎo ānSelamat Pagi
午安Wǔ ānSelamat Siang
晚安Wǎn’ānSelamat Malam
我叫…Wǒ jiào …Nama saya…
我…岁Wǒ …  suìSaya berusia …
我来自印尼Wǒ láizì yìnníSaya berasal dari Indonesia
1
èr2
sān3
4
5
liù6
7
8
jiǔ9
shí10
十一shíyī11
十五shíwǔ15
二十èrshí20
一百yībǎi100

Terus perkaya kosakata

Terus perkaya kosakata 

source: giphy.com

Untuk menguasai bahasa Mandarin, kamu harus belajar banyak kosakata. Kamu harus bisa membaca sekitar 3.000 huruf Mandarin untuk bisa membaca koran. Terdengar sulit dan mengerikan, tapi untungnya bahasa Mandarin tidak memiliki aturan grammar yang ribet seperti tenses, bentuk plural, gender, maupun konjugasi.

Terlalu fokus pada grammar di awal akan membuatmu pusing dan takut untuk berbicara bahasa tersebut. Maka itu, fokus untuk memperkaya tabungan kosakatamu dulu dan berlatih menggunakan kosakata tersebut dalam percakapan.

Dalam mempelajari kosakata, alih-alih mempelajari kata demi kata secara terpisah, kamu bisa mempelajari konsep dibalik kata tersebut. Misalnya, kata 工 (gōng) merepresentasikan aktivitas bekerja. Maka kata ini banyak digunakan dalam kata-kata lain seperti 工作 (bekerja), 工厂(pabrik), 工业 (industri).

Cari sumber materi yang cocok

Cari sumber materi yang cocok 

source: giphy.com

Belajar memang bisa di mana saja dan kapan aja. Yang paling cepat dan efektif memang dengan langsung tinggal di China atau Taiwan selama beberapa bulan. Kalau kamu ingin belajar bahasa langsung di China sembari mengeksplor negara dan budayanya, kamu bisa mengikuti program beasiswa BLCC Cakap.

Namun, jika pilihan tersebut tidak memungkinkan, kamu juga masih punya banyak pilihan lainnya. Kalau kamu lebih suka cara konvensional, kamu bisa membeli buku belajar bahasa Mandarin atau buku cerita anak-anak. Namun, sebisa mungkin cari buku yang memiliki panduan audio supaya kamu juga bisa berlatih listening dan pengucapan.

Kalau kamu lebih suka belajar lewat audio, kamu bisa cari podcast belajar bahasa Mandarin atau belajar dari lagu-lagu bahasa Mandarin. Lagi-lagi, lagu anak-anak bisa menjadi salah satu cara yang bagus karena kosakata yang digunakan sangat sederhana.

Kalau kamu suka nonton, carilah film atau serial Mandarin yang jalan ceritanya kamu suka. Dengan demikian, kamu tidak harus memaksa dirimu untuk belajar karena kamu sendiri sudah menyukai materi yang kamu dapat.

Berlatih secara konsisten

Berlatih secara konsisten 

source: giphy.com

Yang ini tentu kamu sudah tahu, tapi memang sulit untuk dipraktikkan. Dengan berlatih secara konsisten, perlahan bahasa asing yang kamu pelajari terasa tidak begitu asing lagi.

Supaya bisa konsisten, buat jadwal belajarmu sendiri dan ikuti jadwalnya. Coba dedikasikan waktu setidaknya 30 menit sehari. Biar lebih mudah, kamu bisa belajar berdasarkan topik.

Libatkan bahasa Mandarin dalam keseharianmu

Libatkan bahasa Mandarin dalam keseharianmu  

source: giphy.com

Di sela-sela waktu luang, manfaatkan waktu tersebut untuk berlatih bahasa Mandarin. Sebisa mungkin libatkan bahasa Mandarin dalam kegiatan sehari-harimu. Misalnya kamu setiap hari berangkat kerja menggunakan bus. Alih-alih tidur di bus, kamu bisa mendengarkan podcast atau lagu Mandarin.

Lagi ngantre beli snack? Coba baca-baca teks bahasa Mandarin. Lagi gabut, siap-siap berangkat sekolah atau kerja, gosok gigi? Berlatih bahasa Mandarin lewat audio. Kalau bisa, ubah setting handphone kamu jadi bahasa Mandarin. Intinya libatkan bahasa Mandarin dalam rutinitas-rutinitas sederhana yang kamu lakukan setiap harinya.

Temukan teman belajar

Temukan teman belajar  

source: giphy.com

Salah satu langkah penting dalam belajar bahasa adalah berlatih menggunakannya. Ini jelas penting jika kamu ingin meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Mandarin tapi juga penting untuk meningkatkan kemampuan pengucapan dan mendengarkan.

Mungkin kamu tidak bisa langsung belajar percakapan di awal, tapi jangan menunggu terlalu lama ya. Cepat atau lambat, kamu harus melatih secara langsung materi-materi yang sudah kamu pelajari.

Kamu bisa berlatih dengan teman yang sudah lebih menguasai bahasa Mandarin, atau malah berteman dengan orang China langsung!

Kalau kamu butuh teman belajar bahasa Mandarin, kamu bisa banget belajar di aplikasi Cakap secara online. Di Cakap, kamu akan belajar bahasa Mandarin bersama pengajar berpengalaman secara dua arah dengan jadwal yang bisa kamu pilih sendiri serta topik-topik yang menarik. Selamat mulai belajar!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google