Mengenal Huruf-Huruf Bahasa Mandarin

Mengenal Huruf-huruf Bahasa Mandarin
Photo by James Coleman on Unsplash

Setiap bahasa memiliki hurufnya masing-masing. Salah satunya Bahasa Jepang memiliki huruf Katakana, huruf Kanji, dan juga huruf Hiragana

Huruf dalam bahasa Mandarin itu dikenal dengan sebutan Hanzi. Nah, apabila di Indonesia ini kita mengenal huruf yang terdiri dari 26 alfabet saja dapat membentuk berbagai macam kata dan berjuta kalimat, maka tidak demikian dengan huruf-huruf bahasa Mandarin ini.

Huruf Mandarin atau Hanzi ini tidak mengenal alfabet. Artinya, satu huruf Mandarin dapat mewakili satu kata. Maka dari itu, jumlah huruf-huruf dalam bahasa Mandarin ini ada banyak sekali jenisnya dan juga berbeda-beda bentuknya. 

Apabila dihitung, total huruf Mandarin sebanyak sekitar 80.000-90.000. Namun, huruf Mandarin yang umum digunakan hanya sekitar 3500 saja. Biar lebih jelas lagi, ayo kenalan sama huruf Mandarin!

Mengenal huruf-huruf Bahasa Mandarin

huruf-bahasa-mandarin
Photo from Pexels

Bahasa Mandarin merupakan salah satu dialek bahasa Tionghoa yang penuturannya dilakukan di sepanjang utara dan juga barat daya dari Republik Rakyat Tiongkok. Dari situ, kita pun pasti tahu bahwa bahasa Mandarin merupakan bahasa yang mana penulisan huruf demi hurufnya adalah yang paling sulit untuk dilakukan.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kesulitan tersebut, setiap orang yang ingin mempelajari bahasa Mandarin ada baiknya terlebih dahulu mengenal huruf-huruf bahasa Mandarin sedikit demi sedikit.

Pada dasarnya, apabila kita bicara masalah huruf-huruf dalam bahasa Mandarin, tentu kita akan membahas mengenai Hanzi.

Hanzi merupakan huruf paling tua di dunia dan juga merupakan salah satu huruf di mana penggunanya pun paling banyak di dunia juga.

Sejarah Huruf Hanzi

huruf-huruf-bahasa-mandarin
Photo from Pexels

Membahas masalah sejarah dari huruf-huruf Bahasa Mandarin atau dikenal dengan sebutan Hanzi ini tentu akan menjadi pembahasan yang menarik pada tulisan ini.

Ya, Hanzi itu memiliki sejarah yang cukup panjang. Setidaknya ada tiga pandangan mengenai sejarah terciptanya Hanzi ini. Mari kita simak bersama:

  1. Sejarah huruf bahasa Mandarin yang awalnya diciptakan oleh Fuxi, karena menurut sejarah itu pulalah Fuxi menemukan Bagua atau yang biasa disebut dengan Heksagram. Nah, menurut para pakar itu, Hanzi sendiri tercipta dimulai dari perubahan pada simbol-simbol Bagua atau Heksagram itu sendiri.
  2. Sejarah huruf bahasa Mandarin yang awalnya merupakan suatu cara untuk membuat catatan-catatan dengan menggunakan simpul. Nah, menurut pada sejarah yang ada, awalnya catatan simpul yang dibahas ini pertama kali ditemukan oleh Shennong.
  3. Sejarah huruf bahasa Mandarin yang awalnya ditemukan oleh seorang menteri bernama Cangjie yang berasal dari Kaisar Kuning atau Huang Di.

Dari tiga sejarah yang telah dipaparkan, tentu tidak ada yang tau mana yang benar. Sekarang, kita hanya perlu menggunakan atau mengaplikasikan Hanzi sebaik mungkin, mengingat pasti ada banyak rentetan perjuangan untuk menemukan huruf sulit yang satu ini.

Hanzi ini berasal dari catatan yang berupa gambar. Semenjak zaman dahulu, dimana Hanzi pertama kali ditemukan hingga sekarang ini, bentuk Hanzi tentu saja telah mengalami perubahan yang sangat pesat. Perubahan dari Jiaguwen, Jinwen, Xiaozhuan, Lishu, dan juga Khaisu. Nah, di masa sekarang ini, orang-orang Tiongkok sering memakai Hanzi dalam bentuk Kaishu.

Sebelum masuk pada bentuk-bentuk huruf bahasa Mandarin, tentu kita harus tahu mengenai jenis-jenis dari penciptaan Hanzi (huruf bahasa Mandarin) itu sendiri.

Piktogram Hanzi

abjad-mandarin
Photo from Pixabay

Penciptaan Hanzi (huruf bahasa Mandarin) yang pertama adalah Piktogram, yaitu cara menciptakan Hanzi (huruf bahasa Mandarin) dengan menggambar bentuk benda. Penciptaan ini mungkin bisa dikatakan hal yang paling mudah, karena Hanzi (huruf bahasa Mandarin) yang ada pada bentuk ini relatif lebih mudah untuk diingat dan lebih mudah untuk ditulis. Kita ambil contoh beberapa penciptaan Hanzi (huruf bahasa Mandarin) dengan huruf Piktograf berikut ini:

  • 山 (shan) = gunung, menggambarkan tiga garis yang tinggi antara dua sisi luar itu sama, dan sisi tengahnya berbeda. Apabila kita melihatnya secara detail, huruf tersebut memang mirip gunung.
  • 田 (tian) = sawah, menggambarkan bentuk persegi besar yang mana membagi empat persegi di dalamnya. Itu jelas membentuk petak-petak sawah.
  • 月 (yue) = bulan, menggambarkan bentuk bulan sabit yang memiliki titik-titik di tengah-tengahnya.
  • 日 (ri) = matahari, menggambarkan bentuk sebuah bulatan yang mana itu merupakan matahari dimana titik-titik di tengahnya adalah inti dari matahari itu sendiri.
  • 木 (mu) = kayu, sudah jelas bahwa huruf itu membentuk pohon yang mana sumber dari kayu itu sendiri belum?
  • 大 (da) = besar, menggambarkan seperti bentuk manusia yang sedang membentangkan kedua tangannya lebar-lebar, seolah dari situ, manusia itu seakan sedang mengukur sebuah benda yang bentuknya sangat besar sekali.
  • 人 (ren) = manusia, simpel saja. Manusia itu mempunyai kaki dua bukan? Nah, huruf itu membentuk kedua kaki itu.

Penciptaan Hanzi (huruf bahasa Mandarin) yang kedua adalah Ideogram, yaitu suatu penciptaan Hanzi dengan menambahkan beberapa simbol pada huruf-huruf piktogram yang telah kita bahas di atas tadi. Ideogram ini juga bisa sama sekali menggunakan simbol untuk membentuk sebuah huruf. Contoh sederhananya adalah:

  • Di mana 刀 yang berarti di ujung pisau, untuk ideogram kita hanya tinggal menambahnya satu titik menjadi 刃 maka artinya akan berubah menjadi mata pisau.

Penciptaan Hanzi (huruf bahasa Mandarin) yang Ketiga adalah Gabungan Ideogram, yaitu suatu penciptaan Hanzi dengan menggabungkan dua atau lebih simbol dari Ideogram itu sendiri, yang mana nantinya akan menyatakan suatu arti yang baru. Contoh sederhananya adalah berikut ini:

  • 休 menggambarkan seseorang yang sedang bersandar pada pohon, arti dari huruf itu adalah istirahat.

Penciptaan Hanzi (huruf bahasa Mandarin) yang keempat adalah Gabungan fono-semantik, yaitu suatu penciptaan Hanzi dengan menggunakan gabungan elemen bunyi dan juga elemen bentuk itu sendiri. Nah, elemen bentuk yang dimaksud di sini itu menyatakan arti dan juga sifat dari suatu huruf Mandarin. Elemen bunyi sendiri menyatakan pengucapan huruf Mandarin. Misalnya adalah sebagai berikut :

  • 湖 merupakan elemen bentuk dari air, sementara untuk elemen bunyinya adalah 胡

Huruf Dasar dalam Hanzi

huruf-mandarin
Photo from Pixabay

Kira-kira adalah begitu pengenalan mengenai Hanzi (huruf bahasa Mandarin). Nah, untuk memperluas lagi akan pengetahuan Hanzi (huruf bahasa Mandarin), mari kita lihat beberapa dasar dari huruf bahasa Mandarin itu sendiri :

Huruf Konsonan

Hanzi (Huruf Bahasa Mandarin)

Pelafalan

B

P

M

F

D

T

N

L

G

K

Kàn

H

Hǎo

J

Jiǔ

Q

X

Xiǎo

Zh

Zhè

Ch

Chī

Sh

Shí

R

Z

Zài

C

Cái

S

Y

W

Untuk huruf “Y” dan “W” tidak dimasukkan kedalam tabel dasar pinyin yang resmi, karena huruf “Y” dan “W” digunakan pada saat pinyin tersebut tidak memiliki awalan huruf seperti i, u, ü.

Memang mungkin cukup sulit sih untuk mempraktekkan apa yang sudah kami berikan ini, karena pada dasarnya huruf-huruf dalam bahasa Mandarin ini memang ribet dan rumit sekali untuk bisa ditulis atau sekedar dihafalkan.

Namun bukan tidak mungkin kok, semua pasti mungkin. Setidaknya kalian di sini sudah mengenal tentang huruf-huruf dari bahasa Mandarin itu. Ingin belajar bahasa Mandarin lebih lanjut? Dapatkan paket belajar terbaik kamu di Cakap. Ayo buruan daftar, banyak promo menanti untuk anda. Jangan lewatkan kesempatan ini!

Psst, Ini Cara Praktis Hafal Huruf Mandarin di Luar Kepala!

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.