3 Contoh Karangan Bahasa Mandarin dalam Berbagai Tema

karangan-bahasa-mandarin

Karangan atau esai dalam bahasa Mandarin dikenal dengan istilah 随笔 (suíbǐ). Karangan biasanya berbentuk sebuah cerita prosa yang membahas suatu hal secara pintas lalu dari sudut pandang penulisnya. Kamu bisa membuat karangan bahasa Mandarin tentang tema apa pun yang diinginkan.

Dalam artikel ini, Cakap akan mengajakmu untuk belajar membuat karangan bahasa Mandarin tentang sekolah, tempat wisata, dan alam sekitar. So, stay tuned, ya!

Table of Contents

Contoh Karangan Bahasa Mandarin tentang Sekolah

karangan-bahasa-mandarin-tentang-sekolah
Photo from Istock

大家好!我叫Brissia,是一名四年级的小学生。今年我已经十岁了。
(Dàjiā hǎo! Wǒ jiào Brissia, shì yī míng sì niánjí de xiǎo xuéshēng. Jīnnián wǒ yǐjīng shí suìle.)

我想邀请你们一起了解我的日常生活,包括学校生活、我的同学以及我喜欢的科目。
(Wǒ xiǎng yāoqǐng nǐmen yīqǐ liǎojiě wǒ de rìcháng shēnghuó, wǒ de tóngxué yǐjí wǒ xǐhuan de kēmù.)

我出生在索罗市,现在住在梭罗市。不过,在我上小学二年级时,爸爸妈妈搬到望加锡工作。现在我在 Citra Pangkalan 小学读书。虽然我在这个城市只生活了两年,但我并不孤单,我在学校里有很多朋友。
(Wǒ chūshēng zài suǒ luó shì, xiànzài zhù zài suō luó shì. bùguò, zài wǒ shàng xiǎoxué èr niánjí shí, bàba māma bān dào wàng jiā xī gōngzuò. xiànzài wǒ zài Citra Pangkalan xiǎoxué dúshū. suīrán wǒ zài zhège chéngshì zhī shēnghuó le liǎng nián, dàn wǒ bìngbù gū shàn, wǒ zài xuéxiào lǐ yǒu hěn duō péngyou.)

我最要好的朋友之一就是 Giantri 和 Arinda。每次 七点,我们总是一起去学校,由学校的车接送。我们三个对上学总是充满热情,因为在那里我们可以认识其他朋友,和他们一起玩耍。每到休息时间,我们就会一起去食堂吃午饭。
(wǒ zuì yàohǎo de péngyou zhīyī jiùshì Giantri hé Arinda. měicì qī diǎn, wǒmen zǒngshì yīqǐ qù xuéxiào, yóu xuéxiào de chē jiēsòng. wǒmen sān ge duì shàngxué zǒngshì chōngmǎn rèqíng, yīnwèi zài nàli wǒmen kěyǐ rènshi qítā péngyou, hé tāmen yīqǐ wánshuǎ. měi dào xiūxi shíjiān, wǒmen jiù huì yīqǐ qù shítáng chī wǔfàn.)

周二是我最喜欢的一天,因为那里有两课我最喜欢的科目,即科学和体育。我非常喜欢科学课,在那里我可以学到很多关于植物、光合作用、动物的知识,甚至还能知道行星的名字。我觉得这非常令人兴奋!体育课是我的第二大最爱。每次上体育课,我都会兴致勃勃地参加热身运动和其他运动,如篮球、跑步和轮滑。
(Zhōu’èr shì wǒ zuì xǐhuan de yī tiān, yīnwèi nàli yǒu liǎng kè wǒ zuì xǐhuan de kēmù, jí kēxué hé tǐyù. wǒ fēicháng xǐhuan kēxué kè, zài nàli wǒ kěyǐ xué dào hěn duō guānyú zhíwù, guāng hézuò yòng, dòngwù de zhīshi, shènzhì huán néng zhīdào xíngxīng de míngzi. wǒ juéde zhè fēicháng lìngrén xīngfèn! tǐyù kè shì wǒ de dì èr dà zuì ài. měicì shàng tǐyù kè, wǒ dōu huì xìngzhì bóbó de cānjiā rèshēn yùndòng hé qítā yùndòng, rú lánqiú, pǎobù hé lún huá.)

如果到了 十二点,我就准备放学回家了。我很喜欢在这里上学,除了有很多朋友之外,我还可以在这里快乐地学习。
(Rúguǒ dàoliǎo shí èr diǎn, wǒ jiù zhǔnbèi fàngxué huíjiā le. wǒ hěn xǐhuan zài zhèlǐ shàngxué, chúle yǒu hěn duō péngyou zhīwài, wǒ huán kěyǐ zài zhèlǐ kuàilè dì xuéxí.)

Terjemahan Bahasa Indonesia

Halo teman-teman semua! Perkenalkan, saya Brissia, siswi kelas 4 sekolah dasar. Tahun ini, saya genap berusia 10 tahun.

Saya akan mengajakmu mengikuti keseharian saya di sekolah, teman-teman sekelas, dan apa saja mata pelajaran yang saya sukai.

Saya lahir di Kota Solo dan tinggal di Kota Solo. Namun, ketika saya kelas 2 SD, Mama dan Papa pindah kerja di Kota Makassar. Kini saya bersekolah di SD Citra Pangkalan. Meskipun saya baru dua tahun tinggal di kota ini, tapi saya tidak kesepian, saya punya banyak teman di sekolah.

Salah satu teman yang paling dekat dengan saya adalah Giantri dan Arinda. Setiap pukul 07.00 WITA, kami selalu berangkat sekolah bersama, dijemput oleh mobil sekolah. Kami bertiga selalu semangat berangkat ke sekolah karena di sana kita bisa bertemu dan bermain dengan teman-teman lainnya. Setiap jam istirahat, kami akan pergi ke kantin dan makan siang bersama.

Hari favoritku adalah hari Selasa, ada dua mata pelajaran favoritku, yaitu IPA dan olahraga. Aku sangat suka pelajaran IPA, di sana aku bisa belajar banyak hal tentang tumbuhan, fotosintesis, hewan, hingga nama-nama planet. Menurutku itu sangat seru! Dan pelajaran Olahraga adalah favoritku nomor 2. Setiap jam olahraga, aku selalu semangat untuk mengikuti senam pemanasan dan juga olahraga lainnya, seperti basket, lari, dan kasti.

Jika waktu menunjukkan pukul 12.00 WITA, aku sudah siap-siap untuk pulang sekolah. Aku sangat suka bersekolah di sini, selain aku banyak teman, aku juga bisa belajar dengan menyenangkan.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Contoh Karangan Bahasa Mandarin tentang Tempat Wisata

karangan-bahasa-mandarin-tentang-tempat-wisata
Photo from Istock

上个月,我和两个朋友去了万隆兰邦的一个旅游景点。这个地方的名字叫 Maribaya 旅馆。
(Shàng gè yuè, wǒ hé liǎng gè péngyou qù le Wànlóng lán bāng de yī ge lǚyóu jǐngdiǎn. zhège dì fāng de míngzi jiào Maribaya lǚguǎn.)

那里有许多游乐设施供您尝试,比如Zip Bike(滑索自行车)、Extreme Swing(极限秋千)、Sky Plane(空中飞机)、Sky Tree(天空树)、Valley Swing(山谷秋千)、Hot Air Balloon(热气球)、Glass Deck(玻璃甲板等)等等。我和朋友们尝试了三个我们觉得非常值得一试的设施。我和朋友尝试了三个我们认为非常值得一试的游乐项目。
(Nàli yǒu xǔduō yóulè shèshī gōng nín chángshì, bǐrú Zip Bike (huá suǒ zìxíngchē), Extreme Swing (jíxiàn qiūqiān), Sky Plan’e (kōngzhōng fēijī), Sky Tre’e (tiānkōng shù), Yu’alley Swing (shāngǔ qiūqiān), Hot Air Ballo’on (rèqì qiú), Glass Deck (bōli jiǎbǎn děng) děngděng. wǒ hé péngyou men chángshì le sān ge wǒmen juéde fēicháng zhíde yī shì de shèshī. wǒ hé péngyou chángshì le sān ge wǒmen rènwéi fēicháng zhíde yī shì de yóulè xiàngmù.)

第一个游乐项目是Zip Bike。在这个游乐项目中,你将骑着自行车在绳索轨道上行驶,而绳索轨道下面就是悬崖。不过不用担心,因为这项运动配备了安全绳和头盔。您可以欣赏到兰邦市美丽的自然风光。
(Dì yī ge yóulè xiàngmù shì Zip Bike. zài zhège yóulè xiàngmù zhōng, nǐ jiāng jì zhe zìxíngchē zài shéngsuǒ guǐdào shàngxíng shǐ, ér shéngsuǒ guǐdào xiàmiàn jiùshì xuányá. bùguò bùyòng dān xīn, yīnwèi zhè xiàng yùndòng pèibèi le ānquán shéng hé tóukuī. nín kěyǐ xīnshǎng dào lán bāng shì měilì de zìrán fēngguāng.)

接下来,我尝试了Extreme Swing。玩秋千很平常,但你玩过云端上的秋千吗?有!在这个项目中,您将感受到在近 20 米深的峡谷中荡秋千的感觉。非常适合喜欢挑战肾上腺素的游客。
(Jiēxiàlái, wǒ chángshì le Extreme Swing. wán qiūqiān hěn píngcháng, dàn nǐ wán guò yúnduān shàng de qiūqiān ma? yǒu! zài zhège xiàngmù zhōng, nín jiāng gǎnshòu dào zài jìn 20 mǐ shēn de xiágǔ zhōng dàng qiūqiān de gǎnjué. fēicháng shìhé xǐhuan tiǎozhàn shènshàngxiàn sù de yóukè.)

我最后尝试的是Hot Air Balloon。现在,您不必大老远跑到卡帕多奇亚去体验热气球,您也可以在伦邦体验热气球!乘坐热气球是非常刺激的,它的使用也有保证,您将在高达 6 米的热气球上欣赏美景。
(Wǒ zuìhòu chángshì de shì Hot Air Ballo’on. xiànzài, nín bùbì dà lǎoyuǎn páo dào kǎpà duō jī yà qù tǐyàn rèqì qiú, nín yě kěyǐ zài lún bāng tǐyàn rèqì qiú! chéngzuò rèqì qiú shìfēi cháng cìjī de, tā de shǐyòng yě yǒu bǎozhèng, nín jiāng zài Gāodá 6 mǐ de rèqì qiú shàng xīnshǎng měijǐng.)

这就是我关于西万隆地区著名旅游景点之一的故事!我希望有一天,我能探索该地区更多的旅游景点。
(Zhè jiùshì wǒ guānyú xī Wànlóng dìqū zhùmíng lǚyóu jǐngdiǎn zhīyī de gùshì! wǒ xīwàng yǒu yī tiān, wǒ néng tànsuǒ gāi dìqū gēng duō de lǚyóu jǐngdiǎn.)

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Bulan lalu, aku bersama kedua temanku pergi ke salah satu tempat wisata yang ada di Lembang, Bandung. Nama tempatnya adalah The Lodge Maribaya.

Di sana ada banyak wahana yang bisa dicoba, seperti Zip Bike, Extreme Swing, Sky Plane, Sky Tree, Valley Swing, Hot Air Balloon, Glass Deck, dan lainnya. Aku dan temanku mencoba tiga wahana yang menurut kami sangat worth it untuk dicoba.

Wahana pertama adalah Zip Bike. Di wahana ini, kamu akan menaiki sepeda di atas trek seutas tali yang di bawahnya adalah jurang. Namun jangan khawatir, karena wahana ini dilengkapi dengan tali pengaman dan helm. Kamu bisa menikmati keindahan alam Kota Lembang yang sangat indah.

Selanjutnya, aku mencoba wahana Extreme Swing. Main ayunan memang sudah biasa, tapi pernah nggak sih kamu main ayunan di atas awan? Yap! Di wahana ini kamu akan merasakan sensasi berayun di atas jurang dengan kedalaman hampir 20 meter. Cocok banget buat kamu yang suka menantang adrenalin.

Wahana terakhir yang aku coba adalah Hot Air Balloon. Kini menikmati wahana balon udara nggak perlu jauh-jauh ke Cappadocia, di Lembang juga bisa! Wahana ini sangat seru dan kegunaannya juga terjamin, kamu akan menikmati pemandangan melalui balon udara yang menggantung setinggi 6 meter.

Itu dia ceritaku di salah satu tempat wisata terkenal di Kabupaten Bandung Barat! Aku harap suatu hari, aku bisa mengeksplor lebih banyak lagi tempat wisata di daerah itu.

Contoh Karangan Bahasa Mandarin tentang Alam Sekitar

karangan-bahasa-mandarin-tentang-alam-sekitar
Photo from Istock

我叫 Betari Ayu Lestari。我生活在印度尼西亚的一个城市,那里有很多绿地,约占城市面积的 15%。我所在的城市也是非常有名的苹果之城!没错,我就住在玛琅市,准确地说是玛琅的Batu!
(Wǒ jiào Betari Ayu Lestari. wǒ shēnghuó zài Yìndùníxīyà de yī ge chéngshì, nàli yǒu hěn duō lǜdì, yāo zhàn chéngshì miànjī de 15%. wǒ suǒzài de chéngshì yě shìfēi cháng yǒumíng de píngguǒ zhī chéng! méi cuò, wǒ jiù zhù zài mǎ láng shì, zhǔnquè dì shuō shì mǎ láng de Batu!)

我居住地周围的自然环境依然非常美丽。放眼望去,只见绿树成荫。
(Wǒ jūzhù dì zhōuwéi de zìrán huánjìng yīrán fēicháng měilì. fàngyǎn wàng qù, zhī jiàn lǜshù chéng yìn.)

在雨季,每天早上都会遇到大雾。而在夏天,你会看到太阳在早上 五点左右开始露脸。
(zài yǔjì, měitiān zǎoshang dōu huì yùdào dà wù. ér zài xiàtiān, nǐ huì kàndào tàiyang zài zǎoshang wǔdiǎn zuǒyòu kāishǐ lòuliǎn.)

除了苹果之城的美誉,玛琅还因印尼最著名的山脉之一–布罗莫山而闻名。从玛琅市中心到布罗莫山只需 1-2 小时。
(Chúle píngguǒ zhī chéng de měiyù, mǎ láng huán yīn Yìnní zuì zhùmíng de shānmài zhīyī — bù luó mò shān ér wénmíng. cóng mǎ láng shìzhōngxīn dào bù luó mò shān zhī xū 1-2 xiǎoshí.)

我所居住的城市是最好的疗养地,有许多种类的动物和植物散布在玛琅市的森林中。
(Wǒ suǒ jūzhù de chéngshì shì zuìhǎo de liáoyǎng dì, yǒu xǔduō zhǒnglèi de dòngwù hé zhíwù sànbù zài mǎ láng shì de sēnlín zhōng.)

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Namaku Betari Ayu Lestari. Aku tinggal di salah satu kota di Indonesia dengan ruang terbuka hijau yang cukup tinggi sekitar 15% dari wilayahnya. Kotaku juga sangat terkenal dengan sebutan Kota Apel! Yap, aku tinggal di Kota Malang, tepatnya di Batu, Malang!

Lingkungan alam di sekitar tempatku tinggal masih sangat asri. Sejauh mata memandang hanya akan kau temui hamparan dan pepohonan hijau.

Di musim hujan, kabut adalah hal yang sangat lumrah dijumpai setiap pagi. Sedangkan di musim panas, kamu akan melihat matahari mulai muncul sekitar pukul 05.00 pagi.

Selain terkenal dengan sebutan Kota Apel, Malang juga sangat identik dengan salah satu gunung paling terkenal di Indonesia, yaitu gunung Bromo. Hanya perlu waktu 1-2 jam saja dari pusat Kota Malang menuju Bromo.

Kota tempatku tinggal menjadi tempat healing terbaik dan menjadi rumah bagi banyak jenis hewan dan tumbuh-tumbuhan yang tersebar di hutan-hutan Kota Malang.

Nah, demikianlah 3 contoh karangan bahasa Mandarin dalam berbagai tema, mulai dari sekolah, tempat wisata, hingga alam sekitar.

Buat kamu yang ingin lebih mahir berbicara dan menulis dalam bahasa Mandarin, yuk ikuti kelas bahasa Mandarin online di Cakap! Daftar dan booking kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat