Belajar Hiragana, Katakana, Kanji Bahasa Jepang

Huruf hiragana, kanji, katakana

Dalam setiap pembelajaran bahasa, kita pasti membutuhkan pengetahuan akan huruf-huruf abjad yang kelak akan membentuk suatu kata hingga kalimat. Pada dasarnya, apabila kita mengacu pada beberapa bahasa secara keseluruhan yang sering ditemui, kebanyakan bahasa yang kita temui tersebut menggunakan huruf abjad sederhana yaitu A-B-C-D-E-F-G dan sebagainya.

Namun, apabila kita mengacu pada beberapa bahasa dalam lingkup yang lebih luas, tentu beberapa bahasa itu memiliki huruf abjad yang tidak sederhana. Adapun beberapa bahasa itu mencakup bahasa Korea, China, Arab, Thailand, Yunani, Jepang, dan yang lain sebagainya.

Sebenarnya fungsi setiap huruf abjad dari setiap bahasa itu sama, yaitu untuk membentuk suatu kata dan kalimat, hanya saja yang berbeda hanyalah bentuk huruf abjadnya. Adapun sejarah dibalik alasan kenapa suatu negara memiliki huruf abjad yang sedemikian rupa pun pasti ada pengaruh di dalamnya.

Namun, kita di sini tidak akan membahas secara detail mengenai perbedaan-perbedaan huruf abjad tiap negara, sejarah huruf abjad dari suatu bahasa, atau menjabarkan semua fakta tentang huruf abjad di suatu negara. Melainkan, kami di sini akan membahas mengenai satu huruf abjad yang ada di Jepang.

Ya, sebagaimana yang pernah kami jabarkan melalui beberapa tulisan tentang bahasa Jepang, disitu kami telah memberikan pembelajaran mengenai penguasaan bahasa Jepang. Oleh karena itu, terasa tidak afdol apabila ketika kita sudah mempelajari bahasa Jepang, tetapi kita tidak mengenal tentang huruf-huruf abjad yang ada di dalam bahasa Jepang.

Oleh karena itu, untuk lebih bisa mengenal huruf abjad dalam bahasa Jepang, mari bersama-sama kita simak dan pelajari mengenai huruf abjad bahasa Jepang yang akan kami jabarkan secara detail sebagai berikut:

Huruf Abjad Bahasa Jepang

Dengan menguasai huruf bahasa jepang kamu bisa memahami banyak kebudayaan jepang seperti anime terbaik. Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, huruf abjad bahasa Jepang itu ada berbagai macam bentuknya. Ada sekitar 4 huruf abjad bahasa Jepang yang bisa dipelajari oleh kita semua, apabila kita memang benar-benar ingin tahu tentang bahasa Jepang.

Sebenarnya apabila untuk kebutuhan belajar, kita tidak harus bisa menguasai semua huruf abjad bahasa Jepang ini secara seksama. Namun, kita hanya perlu tahu saja mengenai jenis-jenis huruf abjad Bahasa Jepang ini dan bagaimana awal mula terbentuknya Huruf Abjad bahasa Jepang tersebut. Jadi, mari kita pahami satu persatu.

Huruf Abjad Bahasa Jepang Hiragana

source: giphy.com

Huruf Abjad Hiragana yang ada di Jepang ini merupakan salah satu huruf yang cukup sering digunakan di Negara Jepang. Hal yang harus kita pahami, pelafalan yang ada di dalam huruf Hiragana ini tidak sama dengan alphabet yang kita gunakan di Indonesia.

Merunut pada sejarahnya, Hiragana merupakan sebuah bentu penyederhanaan dari huruf kanji yang telah digunakan China pada abad ke-5. Jadi, di awal perkembangannya, huruf abjad Hiragana ini tidak langsung bisa diterima oleh Jepang karena kaum elit jepang pada masa itu menolah untuk menggunakan huruf Hiragana dan hanya mau menggunakan huruf kanji saja.

Tetapi, karena pada masa itu kaum perempuan di Jepang tidak diperkenankan untuk mempelajari huruf Kanji, maka kaum perempuan beralih untuk mempelajari huruf Hiragana. Hal itulah yang membuat huruf Hiragana menjadi populer dan dikenal sebagai Onnade, yang mana berarti huruf wanita. Alhasil, huruf abjad Hiragana ini mulai diunakan secara meluas pada abad ke-10 Masehi.

Adapun contoh huruf abjad Hiragana dalam bahasa Jepang adalah meliputi sebagai berikut :

Hiragana

Pelafalan

Hiragana

Pelafalan

A

Ze

I

Zo

O

じゃ

Ja

E

じゅ

Ju

O

じょ

Jo

Ka

Da

Ki

(ji)

Ta

びゅ

Byu

Chi

びょ

Byo

Tsu

pa

Te

ぴゃ

pya

To

Shi

ちゃ

Cha

Su

ちゅ

Chu

Se

ちょ

Cho

So

Na

しゃ

Sha

Ni

しゅ

Shu

Nu

しょ

Sho

ne

Hi

No

Yu

にゃ

Nya

Yo

にゅ

Nyu

Ra

にょ

nyo

Ti

Ga

Ru

Gi

Re

Gu

Ro

Ge

りゃ

Rya

Go

りゅ

Ryu

ぎゃ

Gya

りょ

Ryo

ぎゅ

Gyu

Wa

ぎょ

Gyo

Wi

Za

We

Be

Wo

Bo

N

びゃ

bya

(zu)

po

De

ぴょ

pyo

Ma

Ku

Mi

Ke

Mu

Ko

Me

きゃ

Kya

Mo

きゅ

Kyu

みゃ

Mya

きょ

Kyo

みゅ

Myu

Sa

みょ

Myo

Ha

ya

Hu

Ji

He

Zu

Ho

ひゅ

Hyu

ひゃ

Hya

ひょ

Hyo

Huruf Abjad Bahasa Jepang Katakana

source: giphy.com

Huruf Abjad Bahasa Jepang Katakana adalah jenis huruf abjad bahasa Jepang yang kedua. Biasnaya, Katakana ini digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang kemudian diserap ke dalam bahasa Jepang.

Selain itu, huruf abjad bahasa Jepang katakana ini juga bisa digunakan untuk menuliskan onomatope atau kata=kata asli bahasa jepang, namun hal itu hanya bisa digunakan untuk menegaskan sesuatu saja.

Huruf abjad bahasa Jepang Katakana ini ditandai dengan ringkas, bersudut, dan paling sederhana di antara aksara Jepang yang ada. Ada dua sistem utama pengurutan Katakana, yaitu urutan kuno Iroha dan urutan yang lebih umum yaitu gojūon. Strip katakana yang lengkap terdiri atas 51 karakter, tidak termasuk tanda fungsional dan juga diakritik.

Lima vokal tunggal 45 berbeda konsonan mauun lokal serikat, yang terdiri dari sembilan konsonan dalam kombinasi dengan masing-masing lima vokal konsonan tunggal.

Susah untuk dipahami ya? Baiklah, kalau begitu, mari kita lihat contoh-contoh huruf abjad Katakana ini:

 

Katakana

Pelafalan

Katakana

Pelafalan

A

Bi

I

Bu

U

Be

E

Bo

O

ビャ

Bya

Ka

ビュ

Byu

Ki

Na

Ku

Ni

Ke

Nu

Ko

Ne

キャ

Kya

No

キュ

Kyu

ニャ

Nya

キョ

Kyo

ニュ

Nyu

Sa

ニョ

Nyo

Shi

Ha

Su

Hi

Se

Fu

So

He

シャ

Sha

Ho

シュ

Shu

ヒャ

Hya

ショ

Sho

ヒュ

Hyu

Ta

ヒョ

Hyo

chi

ma

Ga

ジュ

Ju

Gi

ジョ

Jo

Gu

Da

Ge

Ji

Go

Zu

ギャ

Gya

De

ギュ

Gyu

Do

ギョ

Gyo

Ba

Za

Bi

Ji

Bu

Zu

Be

Ze

Bo

Zo

ビャ

Bya

ジャ

Ja

ビュ

Byu

Tsu

Mi

Te

Mu

To

Me

チャ

Cha

Mo

チュ

Chu

ミャ

Mya

チョ

Cho

Mi

Na

Mu

Ni

Me

Nu

Mo

Ne

ミャ

Mya

No

ミュ

Myu

ニャ

Nya

ミョ

Myo

ニュ

Nyu

Ya

ニョ

Nyo

Yu

Ha

Yo

Hi

Ra

Fu

Ri

He

Ru

Ho

Re

ヒャ

Hya

Ro

ヒュ

Hyu

リャ

Rya

ヒョ

Hyo

リュ

Tyu

ma

リョ

Ryo

ジュ

Ju

Wa

ジョ

Jo

Wi

Da

We

Ji

Wo

Zu

n

De

ビョ

Byo

Do

Pa

Ba

Pi

  

Pu

  

Pe

  

Po

  

ピャ

Pya

  

ピュ

Pyu

  

ピョ

pyo

Selain kata-kata yang teah dijabarkan di atas, ternyata masih ada tambahan huruf abjad bahasa Jepang Katakana di zaman modern. Huruf-huruf tambahan ini biasanya digunakan untuk mempersentasikan kata-kata dari bahasa asing yang telah ada. Berikut huruf-hurufnya:

 

Katakana

Pelafalan

Katakana

Pelafalan

イェ

Ye

フィ

Fi

ウィ

Wi

フェ

Fe

ウェ

We

フォ

Fo

ウォ

Wo

フュ

fyu

ヴァ

Va

チェ

Che

ヴィ

Vi

デュ

Dyu

Vu

ツァ

Tsa

ヴェ

Ve

ツィ

Tsi

ヴォ

Vo

ツェ

Tse

シェ

She

ツォ

Tso

ジェ

je

ファ

Fa

ティ

Ti

  

トゥ

Tu

  

テュ

Tyu

  

ディ

Di

  

ドゥ

Du

  

 

Yuk Ajak Teman Gabung Cakap, Dapetin Voucher Belanja 250k!

Huruf Abjad Bahasa Jepang Kanji

source: giphy.com

Nah, huruf abjad bahasa jepang selanjutnya adalah Kanji, yang mana pasti kita sudah sangat familiar dengan istilahnya. Ya, kanji secara harfiah berarti ‘Karakter Han’, yang mana merupakan karakter china yang digunakan dalam bahasa Jepang. Kanji ini merupakan salah satu dari empat set karakter yang digunakan di dalam penulisan modern bahasa jepang, selain Katakana, Hiragana, dan Romaji yang nanti akan kita jabarkan bersama.

Menurut sejarahnya, Huruf Abjad bahasa Jepang Kanji ini pertama kali masuk ke Jepang yaitu sekitar pada abad ke 4-5, di mana jumlahnya sebanyak 50.000 huruf. Kemudian, beberapa kanji ini dikembangkan menjadi hiragana dan juga katakana.

Jadi, sudah jelas dong ya, Kanji merupakan elemen utama dari huruf-huruf abjad bahasa Jepang karena semua abjadnya berasal dari sini.

Karena jumlahnya yang begitu banyak, kami pun tidak mungkin bisa menjabarkannya satu persatu. Namun, disitu kami bisa membantu memberikan beberapa jenis kanji yang harus kalian tau.

  • Kanji Kokotsu
    Merupakan huruf kanji yang paling kuno yang pernah ditemukan di daratan china. Huruf ini telah digunakan pada zaman in, atau sekitar abad 14 – 11 sebelum masehi.

  • Kanji Kinbun
    Merupakan huruf kanji yang telah digunakan pada zaman dinasti chou, atau sekitar pada abad 11 sampai 7 sebelum masehi. Huruf kanji Kinbun ini ditemukan terukir di peralatan perunggu yang telah dibuat.

  • Kanji Tenbun
    Merupakan huruf kanji yang telah digunakan pada awal kekaisaran dinasti chin, yaitu ketika negara china bersatu sekitar abad ke-3 sebelum masehi. Pada masa itu, setiap tempat di dalam negeri China mengalami kesulitan dalam menggunakan huruf kanji yang bermacam-macam. Oleh karena itu, karena kesulitan dalam menggunakan huruf Kanji Kinbun, pemerintah pun akhirnya menetapkan huruf Kanji Tenbun untuk digunakan.

  • Kanji Kaisho
    Merupakan huruf kanji yang digunakan pada masa sekarang. Karakter pada kanji Kaisho ini sangat mudah untuk ditulis dan juga sangat mudah untuk digunakan secara umum sampai masa sekarang.

Huruf Abjad Bahasa Jepang Romaji

Huruf Abjad Bahasa Jepang yang terakhir ini adalah Romaji, yang mana dalam penulisannya di bahasa Jepang itu dilatinkan. Roma berasal dari kata roma, yaitu romawi yang biasanya huruf non latin akan dilatinkan.

Huruf Romaji ini pun juga dikenal sebagai bagaimana cara kepenulisan (alihaksara) bahasa Jepang dengan menggunakan abjad latin. Sebenarnya ada berbagai macam sistem alihaksara Jepang. Namun, Alihaksara yang paling dikenal adalah alihaksara Hepburn, Romaji Nihon-Shiki, dan Kunrei-shiki Romaji

Nah, kira-kira itulah huruf-huruf abjad dalam bahasa Jepang yang harus kita ketahui bersama. Apabila ingin menguasai dan mengetahui tentang seluk beluk bahasa Jepang, seharusnya kita memang harus bisa mengerti tentang huruf abjad bahasa Jepang ini.

Jadi, pelajarilah baik-baik ya huruf Abjad Bahasa Jepang yang telah kami jabarkan panjang lebar ini.

Baca Juga: 

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google