Huruf Katakana Jepang, Ini Contoh Penggunaan dan Tabel Hurufnya

huruf-katakana
Photo by freepik - Freepik

Setelah pembahasan huruf Kanji dan huruf Hiragana, kali ini kita akan membahas mengenai huruf berikutnya yang digunakan dalam bahasa Jepang, yaitu Katakana. Jika Kanji dan Hiragana seringkali digunakan berdampingan, Katakana justru sedikit berbeda. 

Nah, sebenarnya apa bedanya sih Katakana ini dengan Hiragana dan bagaimana penggunaannya dalam bahasa Jepang? Temukan jawabannya dalam artikel ini, ya!

Apa Itu Huruf Katakana

apa itu freepik
Photo by freepik – Freepik

Pada dasarnya, Katakana dan Hiragana adalah huruf dalam bahasa Jepang yang bersifat fonetik. Dengan kata lain, setiap huruf Hiragana dan Katakana sama-sama mewakili satu suku kata. Hal ini berbeda dengan Kanji yang merupakan ideogram yang dipakai untuk menggambarkan makna ujaran. 

Meski demikian, huruf Hiragana terlihat lebih lentur dan banyak lekukan, sementara huruf Katakana justru terkesan lebih sederhana, ringkas, bersudut, dan agak kaku. Sama seperti Hiragana maupun Kanji, penulisan Katakana pun sangat mementingkan urutan yang akan berpengaruh pada bentuk hurufnya. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ambil Tesnya Yuk!

Contoh Penggunaan Huruf Katakana

penggunaan katakana
Photo by Vitalina – Pexels

Huruf Katakana muncul pada abad ke-9, di mana biksu Buddha membuat huruf fonetik untuk menyederhanakan bacaan dari karakter tulisan Tiongkok. Dalam bahasa Jepang modern, penggunaan huruf Katakana ini pun menjadi beragam, seperti:

  • Penulisan kata yang berasal dari bahasa asing, misalnya テレビ (terebi, “televisi”) 
  • Penulisan nama orang dan tempat yang berasal dari bahasa asing, misalnya ロベルト(roberuto, “Robert”) dan アメリカ (amerika, “Amerika”). 
  • Penulisan nama hewan dan tumbuhan, misalnya ネコ (neko, “kucing”) dan ユリ (yuri, “lili”).
  • Penulisan onomatopoeia, misalnya ワンワン (wan-wan, “guk-guk”) dan ザーザー (zaa-zaa, suara hujan lebat) pada komik atau manga. 
  • Penulisan kata yang Kanjinya sudah sangat jarang atau langka, misalnya ローソク (rousoku, “lilin”). 

Selain itu, belakangan ini anak muda di Jepang juga sering menggunakan Katakana untuk penulisan kasual atau “bahasa gaul”. Katakana juga akan lebih sering kamu lihat dalam judul lagu, film, atau iklan meskipun kata-katanya adalah kata asli bahasa Jepang. Misalnya seperti judul manga “イタズラなKiss”. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus di Cakap

Tabel Huruf Katakana

Pada versi awalnya, jumlah huruf dasar Katakana berjumlah 48 huruf dengan tambahan huruf ヰ (wi) dan ヱ (we). Meski demikian, hanya 46 karakter dasar yang digunakan dalam bahasa Jepang modern. 

Selain itu, sama seperti pada huruf Hiragana, penambahan bunyi dengan dakuten dan handakuten pun juga terdapat dalam huruf Katakana. Penambahan bunyi dengan huruf ヤ、ユ、ヨ (ya, yu, yo) pun masih tetap ada. 

Katakana

Pelafalan

Katakana

Pelafalan

A

Bi

I

Bu

U

Be

E

Bo

O

ビャ

Bya

Ka

ビュ

Byu

Ki

Na

Ku

Ni

Ke

Nu

Ko

Ne

キャ

Kya

No

キュ

Kyu

ニャ

Nya

キョ

Kyo

ニュ

Nyu

Sa

ニョ

Nyo

Shi

Ha

Su

Hi

Se

Fu

So

He

シャ

Sha

Ho

シュ

Shu

ヒャ

Hya

ショ

Sho

ヒュ

Hyu

Ta

ヒョ

Hyo

chi

ma

Ga

ジュ

Ju

Gi

ジョ

Jo

Gu

Da

Ge

Ji

Go

Zu

ギャ

Gya

De

ギュ

Gyu

Do

ギョ

Gyo

Ba

Za

Bi

Ji

Bu

Zu

Be

Ze

Bo

Zo

ビャ

Bya

ジャ

Ja

ビュ

Byu

Tsu

Mi

Te

Mu

To

Me

チャ

Cha

Mo

チュ

Chu

ミャ

Mya

チョ

Cho

Mi

Na

Mu

Ni

Me

Nu

Mo

Ne

ミャ

Mya

No

ミュ

Myu

ニャ

Nya

ミョ

Myo

ニュ

Nyu

Ya

ニョ

Nyo

Yu

Ha

Yo

Hi

Ra

Fu

Ri

He

Ru

Ho

Re

ヒャ

Hya

Ro

ヒュ

Hyu

リャ

Rya

ヒョ

Hyo

リュ

Tyu

ma

リョ

Ryo

ジュ

Ju

Wa

ジョ

Jo

Wi

Da

We

Ji

Wo

Zu

n

De

ビョ

Byo

Do

Pa

Ba

Pi

   

Pu

   

Pe

   

Po

   

ピャ

Pya

   

ピュ

Pyu

   

ピョ

pyo 

Nah, itu lah beberapa hal tentang huruf Katakana dalam bahasa Jepang yang mirip bunyinya, namun beda penulisannya dengan huruf Hiragana. Semoga membantumu untuk bisa mempelajari huruf Katakana dengan lebih baik, ya!

Belajar bahasa Jepang mungkin tampak sulit ketika kamu belum memulainya, namun kamu akan jatuh cinta ketika sudah mengerti lebih banyak. Yuk, belajar dengan seru dan menyenangkan di kursus bahasa Jepang online Cakap dengan sensei terbaik pilihanmu! Daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat