Mengenal Katakana, Penggunaan, dan Tabel Hurufnya

huruf-katakana
Photo by freepik - Freepik

Setelah pembahasan huruf Kanji dan huruf Hiragana, kali ini kita akan membahas mengenai huruf berikutnya yang digunakan dalam bahasa Jepang, yaitu Katakana. Jika Kanji dan Hiragana seringkali digunakan berdampingan, Katakana justru sedikit berbeda. 

Nah, sebenarnya apa bedanya sih Katakana ini dengan Hiragana dan bagaimana penggunaannya dalam bahasa Jepang? Temukan jawabannya dalam artikel ini, ya!

Apa Itu Huruf Katakana

apa itu freepik
Photo by freepik – Freepik

Pada dasarnya, Katakana dan Hiragana adalah huruf dalam bahasa Jepang yang bersifat fonetik. Dengan kata lain, setiap huruf Hiragana dan Katakana sama-sama mewakili satu suku kata. Hal ini berbeda dengan Kanji yang merupakan ideogram yang dipakai untuk menggambarkan makna ujaran. 

Meski demikian, huruf Hiragana terlihat lebih lentur dan banyak lekukan, sementara huruf Katakana justru terkesan lebih sederhana, ringkas, bersudut, dan agak kaku. Sama seperti Hiragana maupun Kanji, penulisan Katakana pun sangat mementingkan urutan yang akan berpengaruh pada bentuk hurufnya. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Penggunaan Huruf Katakana

penggunaan katakana
Photo by Vitalina – Pexels

Huruf Katakana muncul pada abad ke-9, di mana biksu Buddha membuat huruf fonetik untuk menyederhanakan bacaan dari karakter tulisan Tiongkok. Dalam bahasa Jepang modern, penggunaan huruf Katakana ini pun menjadi beragam, seperti:

  • Penulisan kata yang berasal dari bahasa asing, misalnya テレビ (terebi, “televisi”) 
  • Penulisan nama orang dan tempat yang berasal dari bahasa asing, misalnya ロベルト(roberuto, “Robert”) dan アメリカ (amerika, “Amerika”). 
  • Penulisan nama hewan dan tumbuhan, misalnya ネコ (neko, “kucing”) dan ユリ (yuri, “lili”).
  • Penulisan onomatopoeia, misalnya ワンワン (wan-wan, “guk-guk”) dan ザーザー (zaa-zaa, suara hujan lebat) pada komik atau manga. 
  • Penulisan kata yang Kanjinya sudah sangat jarang atau langka, misalnya ローソク (rousoku, “lilin”). 

Selain itu, belakangan ini anak muda di Jepang juga sering menggunakan Katakana untuk penulisan kasual atau “bahasa gaul”. Katakana juga akan lebih sering kamu lihat dalam judul lagu, film, atau iklan meskipun kata-katanya adalah kata asli bahasa Jepang. Misalnya seperti judul manga “イタズラなKiss”. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Tabel Huruf Katakana

Pada versi awalnya, jumlah huruf dasar Katakana berjumlah 48 huruf dengan tambahan huruf ヰ (wi) dan ヱ (we). Meski demikian, hanya 46 karakter dasar yang digunakan dalam bahasa Jepang modern. 

Selain itu, sama seperti pada huruf Hiragana, penambahan bunyi dengan dakuten dan handakuten pun juga terdapat dalam huruf Katakana. Penambahan bunyi dengan huruf ヤ、ユ、ヨ (ya, yu, yo) pun masih tetap ada. 

Nah, itu lah beberapa hal tentang huruf Katakana dalam bahasa Jepang yang mirip bunyinya, namun beda penulisannya dengan huruf Hiragana. Semoga membantumu untuk bisa mempelajari huruf Katakana dengan lebih baik, ya!

Belajar bahasa Jepang mungkin tampak sulit ketika kamu belum memulainya, namun kamu akan jatuh cinta ketika sudah mengerti lebih banyak. Yuk, belajar dengan seru dan menyenangkan di kursus bahasa Jepang online Cakap dengan sensei terbaik pilihanmu! Daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.