Arti “Yabai” dalam Bahasa Gaul Jepang & Contoh Kalimatnya

yabai artinya
Image by master1305 on Freepik

Konnichiwa! Kali ini kita akan bahas kosakata dalam bahasa Jepang yang belakangan ini telah mengalami perluasan makna di kalangan anak muda di Jepang. Ada yang tahu kata apa itu? Yup, kita akan membahas kata “yabai”. 

Seperti halnya banyak bahasa di dunia ini, tidak semua kata memiliki dapat diterjemahkan ke bahasa lainnya dengan mudah. Contohnya seperti tidak adanya kata “lusa” dalam bahasa Inggris. Nah, hal tersebut sama seperti kata yabai yang memiliki banyak arti dan cara penggunaannya dalam bahasa Jepang. Ingin tahu lebih lanjut? Simak penjelasannya di bawah ini, ya! 

Arti Kata “Yabai” secara Harfiah

Dapat dilihat pada huruf terakhirnya, kata やばい (yabai) dalam kamus bahasa Jepang termasuk ke dalam kategori kata sifat berakhiran -i atau i-keiyoushi

Secara harfiah, arti dari kata yabai dalam bahasa Jepang adalah “berbahaya” atau “berisiko”. Penggunaan yabai dalam konteks ini digunakan untuk menyatakan situasi atau kondisi yang tidak diinginkan, berbahaya, atau sulit dikendalikan. 

Contoh kalimat:

この怪談はやばい。
Kono kaidan wa yabai.
Tangga ini berbahaya. 

Selain itu, secara umum kata yabai sendiri juga dapat digunakan dalam bentuk seruan umum ketika ada sesuatu yang tidak terduga. Misalnya seperti pada kalimat: 

やばい、忘れてた!
Yabai, wasureta!
Waduh, aku lupa! 

Perluasan Makna Kata “Yabai”

Lebih dari definisi yang sebenarnya, yabai telah berkembang menjadi ungkapan bahasa gaul atau 若者言葉 (wakamono kotoba) dan memiliki arti yang meluas. Ungkapan ini dapat menjadi suatu ekspresi, seruan, ataupun kata sifat yang mampu menggantikan kata seharusnya. 

Perluasan makna ini pun terbagi kembali menjadi makna positif dan makna negatif. Akan tetapi, untuk memahami dan membedakan makna apa yang dimaksud oleh pembicara, kamu perlu memperhatikan konteks dan situasi yang sedang berlangsung. 

Dalam bahasa gaul, kata yabai sering ditulis dengan menggunakan huruf katakana (ヤバイ). Selain itu, kata yabai juga sering ditulis dan dibaca sebagai やばっ (yaba’) atau やベっ (yabe’). 

Baca juga: 11 Bahasa Gaul Jepang yang Populer di Internet

Contoh Penggunaan Kata “Yabai” dalam Berbagai Makna

Berikut ini adalah berbagai contoh penggunaan ungkapan “yabai” dalam berbagai makna: 

Arti “Yabai”Contoh KalimatArti Kalimat
Gawat

やばい! 宿題をするの忘れた

Yabai! Shukudai wo suru no wasureta

Gawat! Aku lupa mengerjakan PR
Seru

このアニメはやばい

Kono anime wa yabai

Anime ini sangat seru
Bagus

その新しい映画は本当にやばい

Sono atarashii eiga wa hontou ni yabai

Film baru itu sangat bagus
Keren

あなたの靴はやばい

Anata no kutsu wa yabai

Sepatu milikmu terlihat keren
Buruk

私のテストの成績はやばい

Watashi no tesuto no seiseki wa yabai 

Nilai ujianku sangat buruk
Enak

このラーメンはやばい

Kono ramen wa yabai

Ramen ini rasanya enak
Tidak Enak

この納豆はやばい

Kono natto wa yabai

Natto ini rasanya tidak enak
Panas

今日の天気はやばい

Kyou no tenki wa yabai

Cuaca hari ini panas sekali
Dingin

今日の天気はやばい

Kyou no tenki wa yabai

Cuaca hari ini dingin sekali
Murah

あの靴の価格和やばい

Ano kutsu no kakaku wa yabai

Harga sepatu itu sangat murah
Mahal

あの車の価格 和やばい

Ano kuruma no kakaku wa yabai

Harga mobil itu sangat mahal

Nah, itulah dia arti dan beberapa contoh penggunaan dari kata yabai. Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa membedakan arti kata yabai? Atau kamu malah semakin bingung? Kira-kira kata apa ya dalam bahasa Indonesia yang punya banyak makna seperti kata yabai

Jika kamu ingin belajar lebih dalam lagi, kursus bahasa Jepang di Cakap adalah pilihan yang sangat tepat. Kamu akan dibimbing oleh sensei yang berkompeten dan berpengalaman sehingga setiap sesi kelas berlangsung dengan optimal. Selain itu, jadwal yang fleksibel memungkinkan kamu untuk menyesuaikan waktu belajar dengan kesibukanmu sehari-hari. Yuk, belajar bahasa Jepang di Cakap! #SiapaCakapDiaDapat 

Baca juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat