Arti Kata “Urusai” dalam Bahasa Jepang dan Penggunaannya

urusai artinya
Photo by benzoix from Freepik

Sobat Cakap pernah dengar kata urusai? Dalam anime atau film Jepang, kata bahasa Jepang yang satu ini diucapkan dengan nada terganggu, terutama oleh keributan. Lantas memangnya urusai ini apa artinya sih dan bagaimana penggunaannya? Yuk, cari tahu! 

Arti Urusai dalam Bahasa Jepang

Kata bahasa Jepang うるさい (urusai) adalah kata sifat yang secara harfiah berarti “berisik” atau “bersuara keras”. Kata ini dapat ditulis dengan kanji 煩い tetapi lebih sering digunakan dengan huruf hiragana dan terkadang dengan katakana. 

Selain terjemahan tersebut, urusai juga dapat bermakna “cerewet”, “bawel”, maupun “rewel”. Sementara dalam konteks lainnya, kata ini juga bisa bermakna “mengganggu” atau “menyebalkan”. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Penggunaan Kata Bahasa Jepang Urusai

penggunaan kata urusai
Photo by diana.grytsku from Freepik

Pada dasarnya, penggunaan kata urusai mirip dengan ungkapan kata “berisik” di Indonesia yang disampaikan dengan nada terganggu. Meskipun ungkapan rasa terganggu karena berisik, secara tidak langsung juga bisa berarti menyuruh seseorang untuk diam. 

Ini lah kenapa ketika kamu menonton anime atau film Jepang, kata urusai seringkali diterjemahkan sebagai “shut up!” atau “diam!”. Meski demikian, dalam beberapa konteks kata urusai juga bisa digunakan untuk menyatakan sesuatu yang berisik meskipun bukan merupakan umpatan. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Contoh Kalimat Bahasa Jepang Urusai

contoh kalimat urusai
Photo by cookie_studio from Freepik

Setelah penjelasan di atas, biar kamu makin mengerti dengan penggunaan kata urusai, simak contoh kalimat bahasa Jepangnya dulu, yuk!

  • テレビはうるさい。
    Terebi wa urusai.
    Televisi itu berisik.

  • 隣の人は朝からうるさいの。
    Tonari no hito wa asa kara urusai no.
    Tetangga sebelah dari pagi sudah berisik.

  • うるさい! もう言い訳をやめる。
    Urusai! Mou iiwake wo yameru.
    Banyak omong! Nggak usah beralasan lagi. 

  • 子供が好きではない。うるさいから。
    Kodomo ga suki de wa nai. Urusai kara.
    Aku nggak suka anak-anak. Berisik soalnya. 

  • 音楽を止められないの? うるさい。
    Ongaku o tome rarenai no? Urusai.
    Nggak bisa matikan musiknya kah? Berisik.  

Bahasa Jepang sangat menarik untuk dipelajari, bukan? Kata sederhana ini saja bisa memiliki makna yang berbeda tergantung konteks. Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai kata bahasa Jepang seperti urusai, kamu bisa join les bahasa Jepang online di Cakap, lho!

Tentukan sendiri jadwal belajarmu, dan pilih sensei yang paling kamu sukai! Pembelajaranmu nantinya juga akan disesuaikan dengan level bahasa Jepangmu saat ini, lho. Daftar kursusnya sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Exclusive E-Book Bahasa Jepang Untuk Sobat Cakap, GRATIS!

Ingin Belajar Hiragana dan Katakana? Kami sediakan e-book panduan lengkapnya di sini. Kamu bisa dapatkan dengan satu langkah mudah!

      #SiapaCakapDiaDapat