8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang dengan menonton anime merupakan salah satu metode belajar yang paling menarik. Lewat anime, kamu akan mempelajari proses mendengar, mencari, menuliskan, mengucapkan, dan menghafalkan frasa dan kosa kata bahasa Jepang.

Kamu bisa menjadikan serial anime yang populer sebagai referensi tetapi itu tidak selalu merupakan pilihan terbaik untuk belajar bahasa Jepang. Ingat, jika kamu berencana untuk menganggap ini sebagai hal yang serius, tujuan pertama kamu adalah mempelajari bahasa, bukan hanya menikmati pertunjukan.

Berikut rekomendasi pilihan anime berdasarkan genre untuk belajar bahasa Jepang:

Action

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang
sumber: giphy

Genre aksi atau action ditandai oleh banyaknya gerakan yang dilakukan oleh para karakter. Dialognya seringkali singkat dan terdiri dari kata seru, teriakan perangm dan nama-nama karakter yang diteriakan.

Genre ini berguna berguna untuk kamu yang sedang mempelajari kosa kata bahasa Jepang. Kamu harus menyesuaikan dengan etiket keseharian yang berlaku karena dalam anime ber-genre aksi, kebanyakan karakter berbicara dengan sangat cepat dan lantang.

Secara keseluruhan, ini adalah genre yang bagus untuk membiasakan diri mendengarkan bahasa Jepang, dan mencoba beberapa kata seru baru; mungkin kamu bisa belajar berteriak “キ ャ ー!” (き ゃ ー!) ketika kamu pergi ke bioskop lain kali.

Contoh: Naruto, One Piece, Rurouni Kenshin

Comedy/Slice of Life

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang
sumber: giphy

Genre komedi ditandai oleh lelucon dan biasanya dalam berlatar di kehidupan nyata. Kecepatan bicara relatif cepat, tetapi lebih santai daripada genre action. Lelucon anime Jepang memiliki empat cara: lelucon bersih, lelucon kotor (kebanyakan lelucon seks), lelucon parodi, dan rom-com (romansa/komedi).

Contoh: Azumanga Daioh, Great Teacher Onizuka, Nichijou

Belajar Bahasa Jepang Sekarang Lebih Mudah Dengan Aplikasi Cakap. Download Sekarang!

Sejarah

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang
sumber: tenor

Anime sejarah memiliki latar dari masa lalu. Ide mempelajari anime sejarah sangat mirip dengan membaca Shakespeare di kelas bahasa Inggris; mungkin tidak tampak bermanfaat tetapi pada tingkat lanjut, akan ada pemahaman yang lebih besar dan adaptasi yang lebih baik terhadap bahasa.

Latar khasnya adalah buku-buku Cina seperti “Romance of the Three Kingdoms” dan “Journey to the West,” atau sejarah Jepang seperti periode Perang Dunia dan periode Edo. Ada juga beberapa yang berbasis di negara asing, terutama Perancis untuk demografi wanita muda, seperti “The Rose of Versailles” dan “Le Chevalier D’Eon.” Tentu saja, ada beberapa pengecualian, yang terkenal adalah anime Film adaptasi dari drama “Oshin,” yang berlangsung selama periode Showa.

Contoh: Oshin, Romance of the Three Kingdoms, Le Chevalier D’Eon

Drama

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang
sumber: giphy

Drama dan anime tragedi terdiri dari kalimat yang diucapkan dengan intens dan penuh gairah, biasanya dengan penekanan pada emosi. Dalam hal ini, genre ini bisa sangat berguna untuk mempelajari cara-cara ekstrem berbicara bahasa Jepang untuk menyampaikan maksudmu, karena lebih dari setengah pembicaraan bahasa Jepang tidak begitu banyak tentang apa yang dikatakan, melainkan bagaimana cara mengatakan dan membaca yang tersirat ( dan beberapa bahasa tubuh).

Contoh: Clannad, Chūnibyō demo Koi ga Shitai!

Romance

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang
sumber: tenor

Genre romantis selalu melibatkan cinta dan muncul dalam banyak bentuk, seperti pasangan yang tidak pernah bersama sampai akhir, cinta segitiga di mana dua memperebutkan orang yang sama.

Biasanya, ketika romansa adalah genre yang menentukan dari sebuah karya, serial ini akan memiliki latar yang realistis tetapi fiksi. Genre ini terkenal karena memiliki penggunaan bahasa dan kosa kata yang paling alami.

Contoh: Itazura na Kiss

Belajar Bahasa Jepang Jadi Lebih Menarik Lewat 5 Film Ini

Psikologikal

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang
sumber: giphy

Genre psikologis biasanya berfokus pada pikiran setiap karakter. Beberapa sub-genre ini termasuk horor, filosofis dan misteri. Secara umum, genre ini memiliki kecenderungan untuk menggunakan banyak kosa kata canggih yang terdiri dari dua atau lebih kanji berturut-turut dan konsep yang agak sulit seperti paradoks dan eksperimen pemikiran.

Contoh: Neon Genesis Evangelion, Psycho-Pass, Mirai Nikki

Mecha/Military

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang
sumber: Giphy

Mecha ditandai dengan kehadiran robot fiksi ilmiah, sementara genre militer menampilkan militer berseragam sebagai karakter utama. Ini biasanya datang beriringan, seperti yang terlihat dalam seri seperti “Gundam” dan “Macross.”

Meskipun mereka membuat pertunjukan yang menarik, mereka tidak memberikan banyak kosa kata atau bahasa yang praktis, dan kecuali kamu akan bergabung dengan militer dan perlu belajar bahasa Jepang.

Contoh: Code Geass, Macross, Gundam

Supernatural/Magic

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang
sumber: tumblr

Anime supernatural dan sihir memiliki fenomena yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah.

Sederhananya, karya-karya seperti itu (terutama dalam fantasi) cenderung terlalu fokus pada menggambarkan pengaturan fiktif, dan menyisakan sangat sedikit ruang untuk mempelajari kosa kata dan penggunaan bahasa secara efektif.

Contoh: Ah My Goddess!, Jigoku Sensei Nube

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google