Tips dan Trik

selamat ulang tahun bahasa jepang
Bahasa Jepang

Belajar Ucapan “Happy Birthday” dalam Bahasa Jepang

Pasti kamu udah hafal dengan ucapan selamat ulang tahun bahasa Inggris. Nah, kalau ucapan selamat ulang tahun bahasa Jepang, kamu tahu nggak? Sama seperti ucapan selamat ulang tahun bahasa Korea, bahasa Jepang pun memiliki beberapa versi yang dapat kamu gunakan tergantung lawan bicara yang ingin.  Orang Indonesia masih jarang banget

Baca Selengkapnya →
kata kerja bahasa jepang
Bahasa Jepang

Kumpulan Kata Kerja Bahasa Jepang untuk Pemula

Ketika belajar bahasa, kamu pasti akan mempelajari kelas kata seperti kata kerja, kata sifat, kata benda, dan lainnya. Dalam bahasa Inggris, kata kerja dikenal dengan verb. Sedangkan dalam bahasa Jepang, kata kerja dikenal dengan 動詞 (doshi). Sebagai seorang pemula, kamu perlu mempelajari kata kerja bahasa Jepang kata kerja sering digunakan

Baca Selengkapnya →
shigoto
Bahasa Jepang

Kosakata Pekerjaan dalam Bahasa Jepang (Shigoto)

Shigoto dalam bahasa Indonesia memiliki arti pekerjaan atau profesi. Ketika perkenalan diri biasanya kita cukup menyebutkan nama dan asal. Namun orang Jepang terkadang juga menjelaskan pekerjaan atau profesinya. Daripada kamu nanti bingung pas ngobrol sama orang Jepang, simak cara menyatakan shigoto atau pekerjaan dalam bahasa Jepang di bawah ini! Menyatakan

Baca Selengkapnya →
jam dalam bahasa jepang
Bahasa Jepang

Belajar Kosakata Jam, Menit, dan Detik dalam Bahasa Jepang

Jam, menit, dan detik tidak hanya sebatas satuan atau penanda waktu saja. Namun satuan waktu juga dapat dijadikan topik dalam sebuah percakapan. Tak jarang pula percakapan dibuka dengan menanyakan waktu. Lalu bagaimana caranya menanyakan atau menyatakan jam dalam bahasa Jepang? Yuk simak daripada kamu semakin penasaran! Jam, Menit, dan Detik

Baca Selengkapnya →
aisatsu
Bahasa Jepang

Salam dalam Bahasa Jepang (Aisatsu) Beserta Artinya

Aisatsu dalam bahasa Indonesia artinya Salam. Orang Jepang menggunakan salam hampir dalam setiap kegiatan. Salah satu contohnya seperti irasshaimase yang biasa digunakan ketika menyambut customer masuk ke dalam restoran. Nah agar word bank bahasa Jepang kamu bertambah, berikut ini adalah beberapa salam dalam bahasa Jepang atau aisatsu. Simak yuk! Selamat

Baca Selengkapnya →
beasiswa jepang
Bahasa Jepang

Mau Kuliah di Jepang? Ini 3 Program Beasiswa Jepang!

Jepang bukan hanya terkenal akan budaya dan teknologinya aja. Sistem pendidikan di Jepang juga patut diacungi jempol. Engga heran kalo orang berlomba-lomba daftar beasiswa ke Jepang. Kamu juga mau kuliah ke Jepang tanpa mengeluarkan duit orang tua? Nah berikut program beasiswa Jepang yang bisa kamu coba! Mitsui Bussan Scholarship Program

Baca Selengkapnya →
angka jepang
Bahasa Jepang

Angka dalam Bahasa Jepang Seperti Apa Ya?

Ketika bicara tentang bahasa, Mandarin dengan Jepang seringkali disamakan nih. Padahal mereka punya perbedaan yang sebetulnya mudah dikenali. Salah satunya dari angka. Meski kelihatannya mirip, angka mandarin dan jepang tidaklah sama ketika diucapkan. Bahkan, bentuk tulisannya pun ada yang beda. Kalau kamu suka Jepang, pasti familier dong dengan belajar kanji?

Baca Selengkapnya →
bedanya sastra jepang dan pendidikan bahasa jepang
Bahasa Jepang

Apa Sih Bedanya Sastra dan Pendidikan Bahasa Jepang?

Yang sering nonton serial anime atau baca manga, pasti familier sama bahasa Jepang. Atau jangan-jangan udah paham bahasa jepang dasar nih? Tertarik untuk menguasai Jepang? Kalian bisa banget lho mendalaminya lewat pelajaran mata kuliah. Sastra atau pendidikan Jepang jawabannya! Kedua jurusan itu cocok untuk kamu yang punya ketertarikan terhadap bahasa

Baca Selengkapnya →
percakapan jepang di sekolah
Bahasa Jepang

Kumpulan Percakapan Bahasa Jepang di Sekolah

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana percakapan bahasa Jepang di sekolah karena dalam hidup, setiap manusia pasti diharuskan untuk berinteraksi antar sesamanya. Hal itu diyakini dapat mempererat tali silaturahmi antar umat manusia yang notabenenya memang bersaudara. Berinteraksi disini mencakup banyak sekali hal mulai dari berinteraksi secara verbal

Baca Selengkapnya →