11 Bahasa Gaul Jepang yang Populer di Internet

bahasa-gaul-jepang

Setiap bahasa pasti memiliki bahasa gaulnya masing-masing, tak terkecuali bahasa Jepang. Umumnya, bahasa gaul digunakan dalam percakapan sehari-hari. Maka, agar kamu bisa nyambung pas ngobrol sama orang Jepang, kamu perlu tahu kosakata bahasa gaul Jepang.

Nah, kosakata bahasa gaul Jepang di bawah ini tergolong populer di internet. Bahkan, ada kosakata yang selama ini salah diartikan oleh orang Indonesia. Daripada penasaran, ayo cari tahu apa aja kosakata bahasa gaul Jepang! Ikuzo!

Bahasa Gaul Jepang

bahasa-jepang-gaul

Sugē (スゲー)

スゲー (sugē) adalah kosakata bahasa Jepang yang artinya luar biasa atau hebat. Bahasa Jepang keren ini bentuk informal atau santai dari すごい (sugoi). Jadi, kamu hanya bisa mengucapkannya pada teman seumuran atau yang lebih muda. 

Suge

スゲー

Luar Biasa/Hebat

Kakkoii (かっこいい)

Kata kakkoii secara harfiah artinya dingin. Namun, kakkoii biasanya digunakan untuk memberikan opini positif terhadap seseorang, khususnya untuk membicarakan seorang pria yang dianggap keren. Kakkoii merupakan kata sifat, sementara bentuk kata benda dari ‘pria keren’ adalahイケメン (ikemen).

Kakkoiiかっこいい

Keren (Kata sifat)

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatakan ‘Keren’ dalam Bahasa Jepang?

Ikemen (イケメン)

Ikemen adalah istilah yang mengacu pada pria yang tampan atau penampilan yang keren. Istilah ini terdiri dari dua kata yaitu ikeru dan menzu, yang artinya adalah maskulin dan pria. Ikemen sendiri berkembang di budaya pop Jepang dan menjadikannya bahasa Jepang Gaul.

Ikemen

イケメン

Keren (Kata benda)

Baca Juga: Apa Perbedaannya Ikemen dan Ikedan?

Iya (いや)

Iya adalah bahasa gaul Jepang yang artinya ‘tidak’. Meskipun dibacanya ‘iya’, istilah ini biasanya digunakan untuk menyatakan ketidaksetujuan dan kata seru (interjection). Bahasa gaul Jepang ini sifatnya informal, jadi tidak bisa diucapkan sembarang tempat.

Iya

いや

Tidak

Ogasada (大げさだ)

Ogasada adalah bahasa gaul Jepang yang artinya berlebihan. Jika temanmu bersikap berlebihan, kamu bisa mengucapkan istilah ini padanya. Tapi wajib dicatat, istilah ini tidak bisa sembarang diucapkan karena sifatnya informal atau vulgar.

Ogasada

大げさだ

Berlebihan

Waifu (わいふ )

Pencinta anime pasti tau bahasa gaul Jepang yang satu ini. Sebab, waifu adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan istri dua dimensi yang biasanya datang dari anime. Bahasa gaul Jepang ini diserap dari bahasa Inggris yaitu wife.

Waifu

わいふ

Istri

Bahasa Jepang Tingkatkan Peluang Karier. Saatnya Bangun Peluangmu!

Guguru (ググる)

Sering dengar teman kamu bilang ‘googling’ ketika hendak mencari sesuatu di internet? Yap, guguru adalah istilah untuk mencari sesuatu di Google atau googling dalam bahasa Jepang. Bahasa gaul Jepang ini sudah digunakan sejak lama dan masih bertahan hingga saat ini.

Guguru

ググる

Googling

Chou ukeru (超ウケる)

Chou ukeru adalah bahasa gaul Jepang yang digunakan ketika sesuatu yang dibicarakan sangat lucu atau menghibur. Istilah ini sama dengan ‘LOL’ dalam bahasa Inggris atau ‘ngakak’ dalam bahasa Indonesia.

Chou ukeru

超ウケる

Lucu/Ngakak

Sorena (それな)

Dalam bahasa Indonesia, sorena artinya setuju. Bahasa gaul Jepang ini digunakan ketika kamu menyetujui suatu hal yang diucapkan oleh lawan bicaramu. Namun begitu, jika berbeda nada sedikit, lawan bicaramu akan mengira kamu malas menanggapinya. Jadi, perhatikan nadanya ya, guys!

Sorena

それな

Setuju!

Tapiru (タピる)

Kamu sering beli boba bareng teman atau rekan kerjamu? Nah, tapiru adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan boba. Secara harfiah, tapiru artinya tapioka, bahan utama yang dipakai ketika membuat boba. 

Tapiru

タピる

Boba

Nah, itu dia bahasa gaul Jepang yang populer di internet. Jadi, kamu gak akan bingung pas scrolling-scrolling sosial media. Buat memahami kosakata bahasa Jepang lainnya, kamu bisa ikut kursus bahasa Jepang online di Cakap.

Di Cakap, kamu bakal diajar tutor profesional secara LIVE. Dengan adanya interaksi, kamu bisa menyerap materi dengan cepat plus meningkatkan kepercayaan dirimu dalam berbahasa Jepang. Tunggu apalagi? Ayo ikut kursus bahasa Jepang online di Cakap!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat