Kenali Berbagai Ungkapan Perasaan dalam Bahasa Jepang

Mengungkapkan Perasaan dalam Bahasa Jepang

Manusia memiliki kelebihan bisa merasakan berbagai perasaan, termasuk kasih sayang. Mungkin kamu ingin memberikan kejutan kepada pasangan dengan mengekspresikan kasih sayang yang berbeda di Hari Valentine kali ini. Nah, mengungkapkan perasaan cinta dalam bahasa Jepang bisa menjadi alternatif.

Pasalnya,  banyak ungkapan yang unik dan menarik tidak hanya sekadar “aku cinta kamu”. Pada artikel kali ini, kamu akan belajar bagaimana mengekspresikan perasaan kasih sayang dan cinta dalam bahasa Jepang dengan banyak ungkapan.

“Aishiteru”, Ungkapan Cinta yang Terkenal

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Aishiteru. Ungkapan cinta yang terkenal tersebut memang familiar dan banyak orang gunakan dalam berbagai kondisi. Namun, ada hal yang harus kamu ketahui terkait ungkapan tersebut.

愛 し て い る ( aishiteru ) dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Aku cinta kamu”. Tetapi, nuansa kalimatnya lebih mirip dengan “Aku jatuh cinta kepadamu”. Sehingga, orang Jepang tidak sembarangan dalam menyatakannya.

Pasangan yang sudah menikah di Jepang umumnya menggunakan Aishiteru. Namun, mereka memilih menggunakannya dengan hemat, karena menganggap ungkapan tersebut sangat berat dan intens.

Sehingga, mereka mengaku lebih memilih menggunakan kata I love you dalam bahasa Inggris, alih-alih Aishiteru untuk mengungkapkan perasaannya setiap hari.

Ungkapan Lain dalam Bahasa Jepang untuk Menyatakan Cinta

Berikut 9 cara lain mengungkapkan perasaan dalam bahasa Jepang yang bisa kamu lakukan selain Aishiteru, yaitu:

1. 好きです (Suki desu)

好きです (Suki desu) memiliki arti menyukai. Jadi, kalau kamu mengungkapkan suki desu kepada seseorang, artinya kamu menyukainya lebih dari sekedar sahabat atau teman.

Sementara itu, secara harfiah bisa kamu artikan “aku menyukaimu”. Ungkapan tersebut banyak disukai oleh pasangan yang sudah bersama dalam kurun waktu yang lama.

2. 告白 (Kokuhaku)

Selanjutnya, ada 告白 (Kokuhaku) yang lebih cocok disebut sebagai budaya pengakuan perasaan cinta. Maka dari itu, ungkapan ini sangat cocok kamu gunakan, jika ingin mengajak seseorang berkencan.

Sembari memberikan pengakuan, kamu bisa berkata 付き合ってください (tsukiatte kudasai)” yang artinya “Tolong kencan denganku” atau “Bisakah kita berkencan?”.

3. 私の心があなたのです (Watashi no kokoro ga anata no desu)

Barangkali kamu sedang tergila-gila dengan seseorang, maka ungkapan yang bisa kamu gunakan adalah 私の心があなたのです (Watashi no kokoro ga anata no desu). Dalam bahasa Indonesia, kalimat tersebut memiliki arti “Aku tergila-gila padamu”.

Di samping itu, ungkapan ini sering digunakan oleh pasangan yang sudah beberapa kali berkencan untuk mengungkapkan perasaan cinta dan sayang tanpa benar-benar mengatakannya. 

4. だいすき (Daisuki)

Cara mengungkapkan perasaan dalam bahasa Jepang selanjutnya yaitu dengan ungkapan だいすき (Daisuki). Ungkapan tersebut bisa kamu terjemahkan menjadi “aku menyukaimu” dalam bahasa Indonesia. Namun, sebenarnya masih dalam konteks “suka” yang tergantung pada situasinya.

Misalnya, kamu telah menghabiskan waktu liburan dengan teman-teman selama beberapa hari. Kemudian, kamu mengatakan “「あなたと一緒に過ごせて本当に楽しかったです!」(Anata to issho ni sugosete hontōni tanoshikattadesu!)”. Ini bisa diartikan “Aku sangat menikmati menghabiskan waktu bersama kamu!”.

Sedangkan, jika kamu menghabiskan waktu bersama pasangan seperti menonton film bersama, kemudian sebelum berpisah membisikan “とみこさんのことがだいすきだよ!(Tomiko san no koto ga daisuki da yo!)”. Maka, itu adalah pernyataan cinta. Karena memiliki arti, “Aku suka Tomiko (nama orang)!”.

5. いっしょにいるとほっとする (Issho ni iru to hotto suru)

Berikutnya, cara paling manis untuk mengungkapkan perasaan dalam bahasa Jepang adalah いっしょにいるとほっとする (Issho ni iru to hotto suru). Ungkapan tersebut dapat kamu terjemahkan sebagai “Aku merasa betah saat bersamamu”.

Namun, ungkapan ini paling tepat kamu ucapkan setelah beberapa kali kencan dengan seseorang. Selain itu, perhatikan pemilihan waktu saat ingin mengungkapkannya.

6. こいしいです (Koishii desu)

Ungkapan perasaan selanjutnya yang bisa kamu gunakan, yaitu こいしいです (Koishii desu). Perlu kamu pahami, bahwa kata 恋 し い memiliki arti “merindukan” dalam bahasa Indonesia. Nah, kata sifat tersebut biasa orang Jepang pakai untuk menggambarkan hal-hal yang terlewat. 

Biasanya, kata sifat yang berdiri sendiri atau dengan kata kerja seperti です(desu), maka subjek tergantung pada konteksnya.

Misalnya, saat kamu sedang makan bakso. Kemudian, kamu mengucapkan, あついよね! (atsui yo ne!), maka orang akan paham bahwa yang kamu maksud adalah bakso.

Oleh karena itu, kamu cukup mengatakan 恋しいです tanpa konteks lebih lanjut, pastinya orang akan paham bahwa kamu mengacu pada orang yang sedang diajak bicara.

7. 恋してるよ(Koishiteru yo)

Selain Aishiteru, ada ungkapan lain yang mirip dengan arti secara harfiah sama dengan “jatuh cinta” dalam bahasa Indonesia, yaitu 恋してるよ(Koishiteru yo).

Cara mengungkapkan perasaan dalam bahasa Jepang tersebut hanya digunakan untuk menyatakan perasaan kepada lawan jenis dengan makna romantis.

Sama halnya dengan “Aishiteru”, ungkapan 恋してるよ(Koishiteru yo) jarang digunakan, karena mempunyai makna intens dan mendalam. 

8. 何時までも幸せになるから (Itsu made mo shiawase ni surukara)

Kalau kamu ingin sedikit gombal saat merayakan hari Valentine bersama, cobalah untuk mengatakannya dalam bahasa Jepang. Nah, ungkapan yang bisa kamu gunakan adalah  何時までも幸せになるから (Itsu made mo shiawase ni surukara).

Dalam bahasa Indonesia, ungkapan ini bisa kamu terjemahkan sebagai “Aku akan membuatmu bahagia selamanya” atau “Sampai kapanpun aku bakal bahagian kamu”.

Meski demikian, kamu juga harus menunjukkan keseriusan terhadap ucapanmu sendiri. Sembari mengatakan 何時までも幸せになるから, kamu bisa memberikan bunga, coklat, atau sekedar mengajak makan malam romantis bersama.

9.  好きですよ、どこまでも一緒 (Sukidesu yo, doko made mo issho)

Kalau kamu sangat mencintai pasanganmu, jangan tunda untuk mengungkapkannya. 

Pastikan dia mengetahui perasaanmu yang sesungguhnya. Jika ingin menggunakan bahasa Jepang, kamu bisa mengatakan 好きですよ、どこまでも一緒 (Sukidesu yo, doko made mo issho).

Ungkapan tersebut dalam bahasa Indonesia bisa kamu terjemahkan menjadi “Aku mencintaimu, kita akan bersama selamanya”.

Cara Menulis Perasaan Cinta dalam Bahasa Jepang

Sebenarnya, masih banyak cara untuk mengungkapkan perasaan kasih sayang dalam bahasa Jepang. Nah, perhatikan cara menulis perasaan dalam bahasa Jepang berikut ini.

Misalnya, kamu ingin segera bertemu dengan pasanganmu. Maka cara menuliskannya yaitu:

好きだよ、早く会いたい

Suki da yo, hayaku aitai.

“Aku menyukaimu, aku ingin segera bertemu denganmu.”

Sementara itu, jika kamu yang mendapat pesan tersebut dan memiliki perasaan yang sama, maka bisa menjawabnya dengan kalimat di bawah ini.

私も、週末が待ち遠しい!

Watashi mo, shūmatsu ga machidōshii!

“Aku juga, aku tidak sabar menunggu akhir pekan!”

Improve Bahasa Jepangmu untuk Mengungkapkan Perasaan ke Orang Tersayang!

Selain 9 ungkapan di atas, masih ada banyak kata dan frasa dalam bahasa Jepang yang harus kamu ketahui dalam menjalin hubungan romantis dengan seseorang. Seperti かわいいね (Kawaii ne) yang memiliki arti kamu cantik atau imut. Sehingga, kamu tidak akan keliru saat mengungkapkan perasaan dalam bahasa Jepang.

Tentu saja, artikel ini belum bisa menjelaskan semua kata dan rasa yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Oleh karena itu, kamu bisa memperbaiki dan memperdalam kemampuan bahasa Jepang bersama tutor yang profesional.

Nah, bersama Cakap, kamu bisa Belajar Bahasa Jepang dengan penilaian kredibel, pengajar berpengalaman, waktu fleksibel, serta harga hemat untuk kualitas terbaik. Yuk, improve bahasa Jepangmu sekarang untuk mengungkapkan perasaan ke orang tersayang! Jangan tunda lagi!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.