8 Panggilan Sayang dalam Bahasa Jepang

panggilan sayang dalam bahasa jepang

Setiap bahasa memiliki kosakatanya masing-masing untuk memanggil orang tersayang. Contohnya seperti yeobo dalam bahasa Korea atau honey dalam bahasa Inggris. Lalu, bagaimana dengan bahasa Jepang?

Nah, ada beberapa panggilan sayang dalam bahasa Jepang dengan arti yang berbeda-beda. Agar tidak salah kaprah, kamu harus mengetahui artinya. Yuk, cari tahu panggilan sayang dalam bahasa Jepang serta artinya!

Panggilan Sayang dalam Bahasa Jepang

source: giphy.com

Berikut beberapa panggilan sayang dalam bahasa Jepang untuk istri, suami, dan pacar:

Panggilan Sayang dalam Bahasa Jepang untuk Istri

妻 (Tsuma)

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti 妻 (Tsuma) yaitu istriku. 妻 (Tsuma) merupakan salah satu panggilan untuk istri paling umum di Jepang.

Perlu dicatat kalau panggilan ini hanya untuk memanggil istri sendiri. Jadi, tsuma bukan kata ganti istri secara general yang bisa kamu bebas pakai dalam sebuah percakapan.

家内(Kanai)

家内(Kanai) merupakan salah satu panggilan untuk istri dalam bahasa Jepang. Secara harfiah, kanai artinya adalah di dalam rumah. Masuk akal rasanya karena di zaman dulu istri menghabiskan waktunya di rumah, sedangkan sang suami bekerja.

Namun begitu, di era modern seperti sekarang, kanai merupakan sebuah panggilan yang sopan. Sama seperti tsuma, kanai juga hanya dipakai untuk memanggil istri sendiri.

女房(Nyoubou)

女房(Nyoubou) merupakan salah satu panggilan untuk istri dalam bahasa Jepang. Panggilan sayang dalam bahasa Jepang ini sudah tidak dipakai oleh anak-anak muda. Biasanya yang menggunakannya adalah pasangan yang sudah tua atau lanjut usia.

女房(Nyoubou) bersifat informal yang hanya bisa dipakai ketika lawan bicaramu adalah keluarga atau teman dekat. Sama seperti tsuma dan kanai, nyoubu seringnya dipakai untuk memanggil istri sendiri.

Psst, Kini Kamu Bisa Fasih Bahasa Jepang dari Rumah!

Panggilan Sayang dalam Bahasa Jepang untuk Suami

主人 (Shujin) 

主人 (Shujin)  merupakan panggilan sayang dalam bahasa Jepang untuk suami. Panggilan ini adalah cara tersopan untuk membicarakan suamimu dalam bahasa Jepang.

Secara harfiah, 主人 (Shujin) artinya adalah tuan rumah. Ini menunjukkan sistem patriarki Jepang di zaman dulu. Namun begitu, panggilan ini adalah panggilan yang tepat ketika kamu dalam situasi formal.

あなた (Anata)

Secara harfiah, あなた (Anata) artinya adalah kamu. Namun, banyak perempuan Jepang yang telah menikah menggunakan panggilan ini ketika berbicara dengan suaminya. Dalam bahasa Indonesia, あなた (Anata) memiliki arti yang sama dengan ‘sayang’.

Panggilan Sayang dalam Bahasa Jepang untuk Pacar

恋人 (Koibito)

恋人 (Koibito) merupakan panggilan sayang dalam bahasa Jepang untuk pacar. Nah, ketika seseorang memperkenalkan pacarnya sebagai 恋人 (Koibito), artinya ia dan pasangannya sudah berpacaran lama dan cukup serius untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

恋人 (Koibito) dapat digunakan baik untuk perempuan maupun laki-laki. 

Temukan Love Language-mu agar Makin Langgeng Hubunganmu!

彼女 (Kanojo)

彼女 (Kanojo) merupakan panggilan sayang dalam bahasa Jepang untuk pacar perempuan. 彼女 (Kanojo) secara harfiah artinya dia, tapi konteksnya untuk perempuan.

彼氏 (Kareshi)

Arti dari 彼氏 (Kareshi) yaitu pacar dan biasanya digunakan untuk memanggil pacar laki-laki. 彼氏 (Kareshi) hampir sama dengan koibito. Perbedaannya, 彼氏 (Kareshi) maknanya tidak sebera koibito.

Nah, udah tahu mau pakai panggilan apa untuk pasanganmu? Selain nama kesayangan, kamu juga perlu tau love language kamu apa. Dengan begitu, pasanganmu lebih mengerti kamu dan hubunganmu semakin erat.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks