15 Cara Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula Lengkap

belajar bahasa jepang

Bahasa Jepang terbagi atas dua bentuk, yaitu Hyoujungo (pertuturan standar) dan Kyoutsugo (pertuturan umum).

Hyoujungo adalah bahasa baku Jepang yang diajarkan di sekolah, sedangkan Kyoutsugo adalah bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Menguasai kedua jenis Bahasa Jepang tersebut tidaklah sulit. Sama seperti belajar bahasa lain, berlatih adalah kunci sukses belajar bahasa Jepang.

Untuk  memudahkan kamu dalam proses belajar, berikut ini 15 cara belajar Bahasa Jepang dengan mudah. Simak yuk!

Cara Belajar Bahasa Jepang

1. Awali dengan Niat

Niat yang kuat adalah salah satu elemen terpenting dalam mempelajari bahasa Jepang secara cepat. Dengan niatan yang memang dilandasi dari dasar hati dan keinginan kuat untuk benar-benar bisa menguasai bahasa Jepang, belajar bahasa Jepang akan tetap bisa dijalani dan dipahami secara cepat tanpa ada halangan apapun.

Meskipun ada halangan seperti sakit, tidak sempat belajar atau halangan-halangan lainnya, karena memang sudah dilandasi oleh niat yang kuat, pasti semua halangan tersebut dapat dilawan dengan mudah dan akhirnya kita akan dengan lancar memahami bahasa Jepang.

Belajar bahasa memang butuh proses, dan lama waktu yang dibutuhkan untuk fasih bahasa Jepang tentunya menyesuaikan dengan ketekunan dan kesibukan masing-masing individu.

Namun, pada hakikatnya, niat adalah modal yang sangat penting untuk kita melakukan suatu hal. Jadi, untuk mereka yang benar-benar ingin menguasai bahasa Jepang, bulatkanlah tekad untuk mempelajarinya karena memang niatlah yang menjadi salah satu cara cepat untuk kita mempelajari bahasa Jepang.

2. Cari Alasan

Cara cepat belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan mencari alasan kenapa kita harus mempelajarinya. Banyak orang yang berhenti ditengah jalan karena  tidak memiliki alasan untuk belajar bahasa  Jepang.

Padahal, alasan-alasan inilah yang kelak dapat membantu dan memotivasi kita dalam belajar bahasa Jepang. Alasannya pun berbagai macam sebenarnya, bisa alasan karena kita ingin jalan jalan ke Jepang, bisa karena kita menyukai anime Jepang atau yang paling ekstrim, karena kita ingin menikahi orang Jepang.

Oleh karena itu, carilah alasan sebanyak-banyaknya agar kamu bisa mulai belajar bahasa Jepang hingga menjadi seorang expert.

Ikut Kelas Bahasa Jepang GRATIS di Cakap Sekarang!

3. Tonton Film Anime Jepang

Hampir semua orang mengetahui anime Jepang seperti One Piece, Naruto, Basara, dan masih banyak lagi. Harus diakui bahwa popularitas anime Jepang meningkat karena kualitas anime itu sendiri.

Selain menarik untuk ditonton, anime Jepang bisa jadi salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang. Dengan menonton anime Jepang ini, kita pun senantiasa terbawa alur cerita yang menarik hingga akhirnya menarik minat kita untuk mempelajari dan memahami bahasanya.

Menonton anime akan membuat kita familiar dengan kosakata bahasa Jepang. Sedikit-sedikit kita akan ikut-ikutan melafalkan beberapa kosakata yang ada di dalam anime.

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, kan? Begitupula halnya dengan mempelajari bahasa Jepang ini.

4. Biasakan Mendengarkan Kalimat-Kalimat berbahasa Jepang

Banyak orang yang baru paham jika mereka mendengarkan terlebih dahulu. Oleh karena itu, mendengarkan kalimat bahasa Jepang merupakan cara berikutnya dalam belajar Bahasa Jepang.

Selain menonton anime, kamu bisa mulai dengan menonton serial tv Jepang agar dapat memahami percakapan Bahasa Jepang sehari-hari.

Pasalnya, dengan sering-sering mendengarkan kalimat berbahasa Jepang, lambat laun kita akan memahami tata bahasa, pengucapan, serta kosakata yang biasa dilafalkan oleh orang Jepang.

Kebanyakan orang merasa kesulitan untuk melafalkan bahasa Jepang. Maka dari itu, awali pembelajaran dengan mendengarkan bagaimana orang-orang Jepang berbicara.

5. Biasakan Mengucapkan Kalimat-Kalimat Berbahasa Jepang

Setelah terbiasa mendengarkan Bahasa Jepang, maka selanjutnya adalah belajar untuk mengucapkannya.

Ketika kita sudah benar-benar paham dan peka akan kalimat-kalimat berbahasa Jepang, ada baiknya kita perlahan mencoba untuk mengucapkannya. Mulai dari kalimat yang paling mudah, hingga  yang sulit.

Lama kelamaan, apa yang kita pelajari dan kita praktekan tersebut akan dengan mudah terserap dalam otak dan kita akan memahami bahasa Jepang dengan cepat.

6. Menulis Kalimat-kalimat berbahasa Jepang

Menulis adalah kegiatan yang dapat merefleksi otak untuk mengingat sesuatu.  Oleh karena itu, cara cepat belajar Bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan menulis kalimat-kalimat berbahasa Jepang.

Sambil menyelam minum air. Metode ini jelas sangat efektif karena kita akan berpikir sekaligus melafalkan ketika kita menulis. 

Oleh karena itu, untuk kamu yang hendak memahami bahasa Jepang dengan cepat, metode menulis kalimat Bahasa Jepang wajib kamu praktekkan.

7. Perkuat Motivasi

Segala sesuatu membutuhkan motivasi. Maka dari itu, cara cepat belajar Bahasa Jepang selanjutnya adalah memperkuat motivasi. 

Motivasi adalah suatu dorongan yang dapat membuat seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi perkuatlah motivasi-motivasi yang dapat membuat kamu berhasil dalam belajar Bahasa Jepang. Dengan begitu kita akan tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang secara tekun dan rutin.

Psst, Sudah Tau Level Bahasa Jepang Kamu? Uji Sekarang!

8. Bacalah Artikel Bahasa Jepang

Banyak membaca, berarti banyak yang kita tahu. Ya, inilah salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang. Dengan membaca bacaan bahasa Jepang, kita akan tahu bagaimana susunan kalimat-kalimat bahasa Jepang.

Membaca artikel berbahasa Jepang ini tentu dapat membantu kita dalam menyempurnakan teknik membaca kita dalam bahasa Jepang dengan cepat.

Supaya lebih cepat dan lebih berkembang lagi, kamu bisa mengkombinasikannya antara membaca dengan mendengarkan yaitu dengan bantuan media televisi ataupun film yang memiliki subtitle berbahasa Jepang.

9. Mempelajari kata dasar bahasa Jepang

Untuk mempelajari sesuatu, ada baiknya kita mempelajarinya dari dasar. Salah satu cara cepat belajar Bahasa Jepang  adalah dengan mempelajari dasar Bahasa Jepang.

Dasar Bahasa Jepang yang dapat kamu pelajari seperti bagaimana penulisan angka dalam Bahasa Jepang, kata ganti dalam Bahasa Jepang, dan kata sapaan dalam Bahasa Jepang.

Prinsipnya, pembelajaran yang dimulai dari dasar kelak akan membawa kita dalam puncak penguasaan. Jadi, pelajarilah bahasa Jepang mulai dari dasar terlebih dahulu. 

10. Mempelajari Tata Bahasa Jepang

Cara cepat belajar Bahasa Jepang berikutnya adalah mempelajari tata bahasanya. Tata bahasa adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur mengenai penggunaan bahasa.

Maka setelah kita sudah menguasai tentang kata-kata dasar bahasa Jepang, selanjutnya adalah mempelajari tata bahasa Jepang.

Kamu bisa mulai dengan belajar cara menyusun kalimat dalam konteks masa sekarang, masa lalu, masa yang akan terjadi, dan juga masa yang sudah terjadi secara benar.

Baca Juga : Kumpulan kosakata Bahasa Jepang

11. Mencari Kenalan Orang Jepang atau Belajar dari Orang yang Pandai Berbahasa Jepang

Setiap orang membutuhkan guru dalam pembelajarannya jika ia ingin cepat menguasai suatu hal.

Salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang yang cukup efektif adalah dengan mencari tentor Bahasa Jepang.

Keberadaan tentor akan mengawal kamu dalam mempelajari bahasa Jepang secara baik dan benar, sehingga kamu bisa tau seberapa jauh perkembanganmu dalam belajar Bahasa Jepang.

12. Mengenali huruf serta pelafalan bahasa Jepang

Ketika belajar bahasa, hal pertama yang harus kamu pahami adalah huruf dan pelafalan dari bahasa tersebut.

Oleh karena itu, kita perlu mengenali huruf serta pelafalan bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang, kita mengenal empat daftar huruf diantaranya adalah Hiragana, Romaji, Katakana dan juga Kanji.

Perbedaan dari huruf Hiragana dan Katakana terletak pada kapan huruf tersebut digunakan. Huruf hiragana digunakan di dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan huruf katakana hanya digunakan untuk kata-kata serapan dari bahasa asing.

13. Memperbanyak Kepustakaan Kosakata Bahasa Jepang

Cara cepat belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan memperbanyak kepustakaan kosakata bahasa Jepang. Oleh karena itu, untuk mereka yang ingin menguasai bahasa Jepang, ada baiknya mereka membuat semacam target dalam sehari harus menguasai seberapa banyak kosakata bahasa Jepang.

Kepustakaan kosakata bahasa Jepang itu bisa digali melalui bacaan-bacaan berbahasa Jepang ataupun acara-acara TV yang memang menggunakan bahasa Jepang. Untuk mempelajari kosakata baku, kamu dapat membaca koran.

Raih Pekerjaan Impian dengan Belajar Skill Baru di Upskill Cakap

14. Kerjakan Quiz Bahasa Jepang

Kunci sukses dari belajar bahasa adalah berlatih. Untuk itu, kamu bisa berlatih mengerjakan soal Bahasa Jepang dan dari situ kamu akan mengetahui sejauh mana kemampuanmu.

Engga perlu download soal sekolah, kamu bisa berlatih soal Bahasa Jepang dari quiz seperti Cakap Quiz. Selain seru, mengerjakan quiz juga bisa menghilangkan jenuh. Coba sekarang yuk!

15. Sekarang Semua Ada di Internet

Kita hidup di zaman yang serba modern. Belajar sekarang sudah bisa dimana saja sejak kehadiran internet. Oleh karena itu, internet bisa menjadi salah satu cara cepat untuk belajar bahasa Jepang.

Pasalnya, dengan kehadiran internet ini kita bisa mencari berbagai macam sumber entah itu bacaan, video tutorial ataupun langkah-langkah mudah dalam mempelajari bahasa Jepang dengan mudah.

Ditambah lagi dengan adanya aplikasi belajar bahasa seperti Cakap akan membantu kita dalam mempelajari bahasa-bahasa asing khususnya Bahasa Jepang.

Itulah 15 cara cepat belajar bahasa Jepang untuk pemula. Namun ingat, yang terpenting bukan seberapa cepat kita bisa menguasai bahasa Jepang itu, melainkan seberapa tekun kita mempelajari bahasa Jepang tersebut.

Kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Jepang di Cakap agar cepat fasih berbahasa Jepang. Engga cuman belajar bahasanya, di Cakap kamu juga akan dikenalin budayanya. Yuk gabung sekarang!

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat