Mari Latihan Mendengarkan dengan 5 Kanal Podcast Bahasa Jepang Berikut!

Mari Latihan Mendengarkan dengan 5 Kanal Podcast Bahasa Jepang Berikut!
https://unsplash.com/photos/2FxEBbEO6Fo

Dalam mempelajari bahasa Jepang, kebanyakan oramg hanya belajar menulis, membaca, dan berbicara tapi melewatkan untuk belajar mendengarkan atau menyimak. Bagaimanapun, mungkin sulit untuk belajar dari interaksi kehidupan nyata. Misalnya ketika kamu menanyakan sesuatu pada seseorang dalam bahasa Jepang, jawaban yang kamu terima belum tentu seperti yang kamu pelajari selama ini.

Belajar lewat buku memang baik untuk jangka pendek namun kurang benar-benar membantu memahami bahasa Jepang asli ketika kamu mendengarnya. Lalu, kamu harus bagaimana? Pertimbangkan untuk menggunakan podcast agar kamu bisa mendapatkan dosis harian latihan mendengarkan Bahasa Jepang (atau mingguan).

Mengapa Podcast?

Mengapa mendengarkan podcast Jepang untuk melatih kemampuan bahasa Jepang? Nah, berikut 3 alasan bagus mengapa podcast atau serangkaian file audio atau video episodik yang dapat kamu unduh dan dengarkan, adalah pilihan bagus untuk belajar bahasa Jepang.

  • Mendengarkan dengan Kecepatan Bicara Seperti di Dunia Nyata
    Karena podcast biasanya merupakan percakapan asli Jepang, kamu mendapatkan pengucapan dialog dengan kecepatan dan kosakata yang hampir sama dengan di dunia nyata. Tidak ada yang mengubah ucapan mereka untuk membuatnya menjadi lebih mudah.

    Kamu mendengar bahasa Jepang asli dan itu berlangsung dengan kecepatan dan irama yang biasanya kamu temui di dunia nyata.
  • Tidak Membosankan
    Kamu juga akan menemukan bahwa podcast memberikan latihan yang mudah, karena podcast hadir dalam bentuk serial. Dengarkan setiap episode dan kamu memiliki hal-hal baru untuk didengarkan. Hal ini jauh berbeda dari menonton film favorit kamu dalam bahasa Jepang yang harus ditonton berulang-ulang sampai kamu menjadi terbiasa dengannya.
  • Tingkatkan Bahasa Jepang dan Pengetahuan Umum
    Plus, dengan podcast, kamu dapat mempelajari sesuatu tentang suatu topik sambil mempelajari bahasa. Kamu tidak hanya mendapatkan latihan bahasa Jepang, tetapi kamu juga mendapatkan pembaruan tentang apa yang terjadi di seluruh dunia.

5 Podcast dengan Transkrip untuk Belajar Bahasa Jepang

Internet penuh dengan podcast dalam bahasa Jepang, tetapi pertimbangkan tujuh podcast berikut ini sebagai titik awal yang baik ketika kamu memulai pencarian kamu. Podcast ini cukup komprehensif dan merupakan tempat yang bagus untuk memulai.

Japanese Conversations

Mari Latihan Mendengarkan dengan 5 Kanal Podcast Bahasa Jepang Berikut!
sumber: iwillteachyoualanguage.com

Japanese Conversations adalah podcast bahasa Jepang yang materinya memang diperuntukan bagi pelajar bahasa Jepang tingkat menengah. Meskipun bukan hanya podcast semata, kamu akan memiliki akses penuh ke transkrip yang dapat meningkatkan pemahaman kamu akan bahasa Jepang.

Dengan transkrip, kamu akan dapat lebih mudah mengenali apa yang kamu dengar. Semua yang kamu butuhkan untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Jepang kamu ada di Japanese Conversations.

Tofugu

Mari Latihan Mendengarkan dengan 5 Kanal Podcast Bahasa Jepang Berikut!
sumber: tofugu.com

Tofugu adalah salah satu sumber belajar bahasa Jepang paling terkenal. Awalnya, Tofugu merupakan sebuah blog tentang budaya dan bahasa Jepang, lalu telah berkembang selama bertahun-tahun untuk menempatkan fokus yang lebih besar pada pendidikan bahasa. Di Tofugu, kamu dapat menemukan segalanya, mulai dari percakapan dasar bahasa Jepang hingga cerita tentang merek wiski dan pakaian.

Selain Podcast, Kamu Juga Bisa Belajar di Aplikasi Cakap. Download Sekarang!

Japanesepod101

Mari Latihan Mendengarkan dengan 5 Kanal Podcast Bahasa Jepang Berikut!
sumber: joyokanjikai.com

Jika kamu khawatir bahwa podcast Jepang terlalu sulit untuk tingkatan belajarmu, jangan takut! Japanesepod101 adalah satu-satunya layanan podcast yang menawarkan tingkat “absolut pemula” sebelum tingkat “pemula”, sehingga siapa pun dapat mendengarkan podcast ini dan belajar bahasa Jepang.

Kamu dapat memilih tingkat kesulitan dan mendapatkan akses ke podcast mingguan tentang berbagai macam topik, semuanya dengan mempertimbangkan pendidikan bahasa yang sedang kamu jalani.

NHK World

Mari Latihan Mendengarkan dengan 5 Kanal Podcast Bahasa Jepang Berikut!
sumber: wikimedia.org

Jika kamu ingin mengganti kegiatan membaca koran harian kamu dengan dosis belajar bahasa Jepang yang sehat, pertimbangkan untuk mencoba NHK World. Outlet berita ini menawarkan berita dunia dalam bahasa Jepang khusus untuk mereka yang belajar bahasa.

Kamu akan menemukan bahwa NHK memiliki sejumlah informasi untuk mereka yang tidak berbicara bahasa Jepang sebagai bahasa ibu. Mereka memiliki artikel bahasa Inggris yang mencantumkan kanji dan hiragana Jepang di sampingnya. Jika kemampuan bahasa Inggrismu belum memadai untuk  memahami konten berita, NHK World juga memiliki fitur bahasa Indonesia dan beberapa bahasa lainnya.

Bilingual News

Mari Latihan Mendengarkan dengan 5 Kanal Podcast Bahasa Jepang Berikut!
sumber: player.fm

Jika kamu ingin mempelajari bahasa Jepang yang lebih santai dan lebih digunakan di ruang lingkup pergaulan sehari-hari, Biligual News adalah tempat yang tepat untukmu. Di aplikasinya, kamu bisa mengunduh transkrip dari podast yang kamu dengarkan di Bilingual News sehingga kamu bisa lebih memahami percakapan dan mempelajari kosakatanya.

Dengan rajin latihan menyimak atau mendengarkan, tentu sobat Cakap akan lebih memahami cara berkomunikasi dalam bahasa Jepang. Kamu juga bisa menanyakan pada pengajarmu tentang metode latihan mendengarkan lainnya dengan pengajar bahasa Jepang profesional lewat aplikasi Cakap. Kamu dapat mengunduh aplikasi Cakap melalui App Store atau Play Store. Dalam aplikasi Cakap, kamu bisa berdiskusi online dengan sesama pelajar bahasa Jepang dan didampingi oleh pengajar bahasa Jepang melalui fitur Cakap Live.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat