Belajar Bahasa Jepang jadi Lebih Menarik Lewat 5 Film Ini

belajar bahasa jepang lewat film

Cara hebat lain untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang adalah dengan menonton film Jepang. Tentu saja kamu tidak hanya menonton film tapi juga mempelajari kosakata dan dialog di dalamnya. Namun tetap saja terasa lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar penuh dari buku. Berikut 5 film terbaik untuk belajar bahasa Jepang bagi kamu yangdi tingkat menengah dan lanjutan:

Godzilla

Belajar Bahasa Jepang jadi Lebih Menarik Lewat 5 Film Ini
sumber: giphy

Godzilla (ゴ ジ ラ—Gojira)  adalah sebuah film Jepang  yang pertama dirilis pada tahun 1954 dan menampilkan seekor monster bernama Godzilla. Film ini produksi Toho ini merupakan film pertama dari seri waralaba Godzilla dan Shōwa.

Godzilla pertama dirilis di Nagoya pada 27 Oktober 1954, dan dirilis secara nasional pada 3 November 1954. Film ini berhasil meraup ¥ 183 juta selama pertunjukan teaternya. Pada tahun 1956, versi “Amerikanisasi” yang diedit ulang dan dirilis di Amerika Serikat. Film ini melahirkan waralaba multimedia, yang diakui oleh Guinness World Records sebagai waralaba film terpanjang dalam sejarah.

Mungkin kamu lebih familiar dengan film Godzilla dalam bahasa Inggris, namun untuk kamu yang sedang belajar bahasa Jepang, film Godzilla versi Jepang sangat direkomendasikan untuk membantumu berlatih bahasa Jepang. Alur ceritanya tidak sulit untuk dipahami dan jeda antar dialog cukup panjang sehingga kamu memiliki waktu untuk memahaminya.

Spirited Away

Belajar Bahasa Jepang jadi Lebih Menarik Lewat 5 Film Ini
sumber: giphy

Spirited Away atau dalam bahasa Jepang berjudul 千 と 千尋 の 神 隠 し—Sen to Chihiro no Kamikakushi—merupakan film animasi dari Studio Ghibli yang paling terkenal. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Pada tahun 2016, film ini terpilih sebagai film terbaik keempat abad ke-21 yang dipilih oleh 177 kritikus film dari seluruh dunia dan menjadikannya sebagai film animasi dengan peringkat tertinggi dalam daftar tersebut.

Mengisahkan tentang Chihiro Ogino, seorang gadis cilik berusia 10 tahun yang, sementara pindah ke lingkungan baru, dan memasuki dunia roh cerita rakyat Shinto-Buddha di Jepang. Setelah orang tuanya diubah menjadi babi oleh penyihir Yubaba, Chihiro harus bekerja di pemandian milik Yubaba untuk menemukan cara agar ia dan orang tuanya bebas kembali dan dapat kembali ke dunia manusia.

Dialog yang disajikan di film ini cukup ringan walaupun alur ceritanya sedikit rumit bagi kamu yang sedang belajar bahasa Jepang di tingkat pemula. Film ini lebih disarankan untuk kamu yang berada di tingkat menengah atau sudah cukup lama berada di tingkat pemula.

Princess Mononoke

Belajar Bahasa Jepang jadi Lebih Menarik Lewat 5 Film Ini
sumber: giphy

Princess Mononoke atau dalam bahasa Jepang berjudul も の の け 姫—Mononoke-hime (Spirit/Monster Princess) merupakan sebuah film animasi Jepang yang dirilis pada tahun 1997. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Istilah “Mononoke” (物 の 怪) atau も の の け sendiri bukanlah merupakan sebuah  nama tapi merupakan kosakata bahasa Jepang untuk roh, monster, makhluk gaib yang berubah bentuk.

Kisahnya berlatarkan pada zaman Muromachi (sekitar abad 14-16) dan menceritakan tentang kisah perang antara penjaga hutan dan orang-orang yang ingin menghabiskan sumber daya yang ada di hutan. Melalui kisah fantasi ini, kamu akan belajar tentang dunia di sekitarmu dan kegelapan dari keserakahan manusia. Meskipun ini merupakan film animasi, film ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena terdapat beberapa adegan yang terlalu sadis untuk anak-anak.

Seven Samurai

Belajar Bahasa Jepang jadi Lebih Menarik Lewat 5 Film Ini
sumber: giphy

Seven Samurai (七 人 の 侍—Shichinin no Samurai) adalah film drama epos samurai Jepang tahun 1954 yang ditulis, diedit, dan disutradarai oleh Akira Kurosawa. Kisah ini berlatar pada tahun 1586, Zaman Sengoku. Berkisah sebuah desa petani yang mempekerjakan tujuh orang rōnin (samurai tak bertuan) untuk memerangi bandit yang akan kembali setelah panen untuk mencuri hasil panen mereka.

Sejak dirilis, Seven Samurai secara konsisten menempati peringkat tinggi dalam daftar kritikus film-film terbaik. Film Seven Samurai sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang belajar bahasa jepang di tingkat menengah atau lanjutan. Samurai memiliki gaya bicara khas mereka sendiri, seringkali dengan nada suara yang sangat maskulin.

Like Father, Like Son

Belajar Bahasa Jepang jadi Lebih Menarik Lewat 5 Film Ini
sumber: blogspot.com

Like Father, Like Son (そ し て 父 に な—Soshite Chichi ni Naru) adalah film drama Jepang yang dirilis pada tahun  2013 yang diedit, ditulis, dan disutradarai oleh Hirokazu Kore-eda. Film ini berkisah tentang Ryōta Nonomiya, pengusaha sukses yang sangat fokus pada pekerjaan sehingga ia mengabaikan istrinya, Midori, dan putranya, Keita.

Suatu hari, Midori mengatakan kepadanya bahwa rumah sakit tempat Keita dilahirkan perlu berbicara dengan mereka secepatnya. Setelah tiba di rumah sakit, pasangan itu mengetahui bahwa putra kandung mereka Ryūsei, tertukar dengan Keita ketika lahir, dan tes DNA membenarkan hal tersebut. Midori dan Ryōta harus memilih antara anak kandungnya atau Keita, anak yang mereka asuh sedari kecil.

Bagi kamu yang berada di tingkat pemula, beberapa film yang disebutkan di atas memang tidak sepenuhnya untukmu. Kamu bisa menontonnya dengan cara perlahan. Ada beberapa cara untuk belajar bahasa Jepang lewat film agar kamu tidak terlalu kesulitan. Belajar bahasa Jepang lewat film dapat menjadi  sarana latihan setelah kursus bahasa Jepang online di Cakap.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google

BERITA TERKAIT