Cara Menjadi Seorang Samurai Masa Kini

Cara Menjadi Seorang Samurai Masa Kini

Samurai (侍), istilah ini merujuk pada bangsawan militer Jepang di era abad pertengahan. Kata Samurai berasal dari sebelum zaman Heian (平安時代—Heian jidai) yang berlangsung dari tahun 794 hingga sekitar tahun 1185. Di era tersebut bila seseorang disebut dengan kata “saburai”, berarti ia adalah seorang pengikut atau pesuruh. Di era Azuchi-Momoyama dan awal zaman Edo, kata Saburai berganti menjadi Samurai.

Senjata yang digunakan oleh seorang samurai beragam, tidak hanya terpaku pada satu jenis senjata. Jenis senjata yang paling umum adalah katana (かたな) namun seorang samurai juga menggunakan yumi (longbow), tombak, rantai, tongkat, kanon, dan masih banyak lagi.

Kepopuleran samurai di media sudah ada sejak dahulu karena banyak orang yang mengagumi kesetiaan dan kekuatan dari seorang samurai.  Samurai menjadi sebuah legenda tersendiri saat ini. Sebagian dari kamu mungkin sempat bercita-cita untuk menjadi seorang samurai waktu kecil. Tenang, kamu belum terlambat karena berikut adalah tujuh cara menjadi seorang samurai masa kini.

Meditasi

Cara Menjadi Seorang Samurai Masa Kini
sumber: giphy

Secara filosofi dan kebudayaan, samurai memiliki pengaruh dari agama Buddha, Zen, Konghucu, dan Shinto. Dalam pembelajarannya, meditasi merupakan hal yang sangat penting karena dapat menenangkan pikiran. Memiliki pikiran yang tenang merupakan hal yang terpenting bagi seorang samurai  dalam menjalankan tugasnya.

Untuk menjadi samurai masa kini, kamu bisa bermeditasi untuk menenangkan pikiranmu dan membantumu untuk menangani stres yang menghantuimu. Sediakan waktu setiap pagi untuk bermeditasi, merasakan ketenangan sebelum kepadatan aktivitas dan merasakan kedamaian. Ini juga bisa membantumu agar kamu bisa lebih tenang ketika bekerja.

Miliki Nilai Seorang Samurai

Cara Menjadi Seorang Samurai Masa Kini
sumber: giphy

Samurai menganut sebuah filosofi bernama “Bushido” (武士道—tatacara ksatria). Bushido merupakan sebuah kode etik untuk ksatria yang berasal dari nilai-nilai moral samurai. Dalam bushido, hal yang paling ditekankan adalah kesederhanaan, kesetiaan, penguasaan seni beladiri, dan kehormatan sampai mati. Selain itu, Bushido juga berpegang teguh pada nilai kejujuran, rasa menghormati, dan keberanian.

Nilai-nilai tersebut tentu sangat baik bila kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Bila kamu memiliki nilai kebaikan lain yang dapat ditambahkan, kamu bisa melakukannya juga. Hal yang terpenting adalah berpegang teguhlah pada nilai yang kamu anut dan jadilah individu yang lebih baik dari sebelumnya.

Latihan

Cara Menjadi Seorang Samurai Masa Kini
sumber: giphy

Seorang samurai haruslah memiliki fisik yang kuat. Di zaman dahulu, untuk menjadi seorang samurai, seseorang harus menjalani latihan yang sangat keras guna mendapatkan kekuatan fisik yang di atas rata-rata. Mereka belajar untuk menggunakan berbagai senjata seperti panah dan pedang, beladiri tangan kosong, hingga gulat.

Seni beladiri seperti Judo, Jiujitsu, Karate, dan Kendo merupakan jenis ilmu beladiri yang memiliki pengaruh dari kebudayaan samurai. Kamu tidak diharuskan untuk belajar ilmu beladiri tersebut bila memang tidak ingin. Namun, kamu tetap harus rajin untuk berolahraga guna menjaga kesehatan dan daya tahan tubuhmu. Jadikan olahraga sebagai kebiasaan agar kamupun menjadi lebih bugar dan berenergi ketika bekerja.

Makanan

Cara Menjadi Seorang Samurai Masa Kini
sumber: giphy

Setelah menganut nilai kehidupan yang penuh kebajikan, dan berhasil membuat olahraga sebagai sebuah rutinitas, alangkah baikanya bila kamu juga mengonsumsi makanan yang sehat. Di masanya, seorang samurai sangat menjaga kesehatan mereka agar dapat bertahan ketika sedang berperang atau bersiaga, Samurai biasa mengonsumsi sayuran dan nasi dengan sedikit daging atau makanan laut.

Nutrisi sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh. Saat ini, di mana semua lebih mudah untuk didapatkan, kamu bisa memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, meminum lebih banyak air, dan mengurangi makanan yang berpengawet.

Kamu memang tidak bertempur melawan musuh tapi kamu bertempur untuk masa depan yang lebih baik. Jadi, bila kamu jatuh sakit atau tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya, perjalanan menuju mimpimu akan terhambat.

Melayani

Cara Menjadi Seorang Samurai Masa Kini
sumber: giphy

Samurai selalu melayani. Mereka melayani tuannya, gurunya, hingga masyarakat. Melayani dalam artian melindungi, membantu, dan menghormati. Untuk kamu, mulailah dari yang terkecil dengan membantu mereka yang ada di sekitarmu. Beramal untuk masyarakat dan mengabdi pada negara atau hal yang kamu percaya. Melayani dapat berupa menjadi seorang relawan di rumah ibadah, lingkungan, atau komunitas.

Seni

Cara Menjadi Seorang Samurai Masa Kini
sumber: giphy

Di masa lalu, samurai juga merupakan seorang seniman, kaligraf, penulis puisi, pemusik, atau pelukis. Seni merupakan salah satu cara menuju ketenangan jiwa dan kejernihan pikiran. Selain itu, seni juga sangat baik unutk mengurangi stres setelah bertempur.

Kamu, sebagai calon samurai masa kini, juga bisa menggunakan seni untuk melepaskan penatmu. Mungkin kamu merasa bahwa seni bukan bakatmu tapi coba saja. Kamu tidak perlu menunjukkan karyamu ke orang lain yang penting kamu dapat menyalurkan energi negatif menjadi positif.

Seni juga dapat melatih kreativitasmu sehingga otakmu akan terus terlatih dan kamu pun dapat mengekspresikan diri. Pilihlah kesenian yang cocok untuk dirimu. Biarkan kreativitasmu mengalir, rasakan kedamaian di dalamnya, latih otakmu karena seni adalah salah satu bentuk meditasi.

Belajar Bahasa Jepang

Cara Menjadi Seorang Samurai Masa Kini
sumber: giphy

Untuk lebih mendalami ilmu dan filosofi samurai, kamu sangat disarankan untuk mengambil kursus bahasa Jepang atau paket kursus bahasa Jepang online. Mengapa? Karena kamu akan banyak membaca buku tentang samurai dan mungkin akan pergi ke Jepang untuk memperdalam ilmu samurai sehingga kamu akan sangat membutuhkan bahasa Jepang untuk berkomunikasi.

Terlebih lagi bila kamu juga memperdalam ilmu beladiri Jepang seperti Judo, kendo, dan Karate. Kamu akan sering menemukan istilah bahasa Jepang sehingga dengan belajar bahasa Jepang, akan lebih mudah bagimu untuk memperdalam ilmu beladiri tersebut.

Kalaupun kamu tidak mempelajari seni beladiri tersebut atau pergi ke Jepang untuk memperdalam ilmu samurai, belajar bahasa Jepang dengan mengambil paket kursus bahasa Jepang online akan sangat berguna bagi karier kamu dan kamu pun bisa menggunakannya untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Bila dulu kamu hanya berpikir bahwa seorang samurai kerjanya hanya berkelahi, kamu salah besar. Seperti ninja, samurai kini merupakan sebuah filosofi dan gaya hidup yang dangat mungkin untuk kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Kamu tidak perlu mencari seorang tuan, kamu bisa menjadikan masyarakat atau hal lain sebagai “tuan” karena inti dari samurai adalah mengabdi dan melayani.

Salah satu nilai yang dianut samurai adalah kegigihan. Para samurai sangat menghargai pendidikan karena dengan pendidikan, mereka akan menemukan keselarasan antara pertarungan dan pembelajaran. Mereka selalu mencari ilmu baru untuk dipelajari dan mengembangkan ilmu yang sudah dimiliki.

Kamu, sebagai calon samurai masa kini juga bisa melakukan hal yang sama. Buat dirimu berkembang dengan melanjutkan pendidikan atau mempelajari ilmu yang baru. Kamu bisa mengambil kelas bahasa Jepang online atau bahasa lainnya untuk belajar. Kamu juga bisa mengikuti kursus online untuk menambah kemampuan dan kemahiran yang kamu miliki.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google

BERITA TERKAIT