Mengenal Bushido: 8 Kebajikan ala Samurai Jepang

bushido
Mengenal Bushido: 8 Kebajikan Ala Samurai Jepang

Selain memiliki bahasa yang menarik untuk dipelajari, Jepang juga memiliki bagian dari kebudayaan yang menarik untuk diulik. Salah satunya adalah bushido atau yang dapat diterjemahkan sebagai “tata cara ksatria” atau “way of the warrior”. 

Bushido merupakan prinsip atau nilai-nilai yang dianut dan diwariskan oleh Samurai Jepang sejak zaman dahulu. Prinsip ini mengajarkan delapan nilai kebajikan yang juga bisa kamu adaptasi dan terapkan dalam hidupmu, lho! 

1. Kebenaran (義 gi)

Photo by DSD from Pexels

Samurai sejati menganut nilai kejujuran, keadilan, dan integritas yang dalam berasal dari diri sendiri. Hal ini hal ini akan tercermin dalam sikap dan perbuatan mereka, baik terhadap orang lain, maupun dalam menjalani kehidupan.  

2. Keberanian (勇 yū)

Photo by David Dibert from Pexels

Seorang Samurai tidak akan bersembunyi dan menghindari dari sesuatu yang berisiko. Meski demikian nilai keberanian ini juga disertai dengan kecerdasan dan kekuatan sehingga tidak akan menjerumuskan ke dalam kesengsaraan. 

3. Kebaikan (仁 jin)

Photo by Evgeny Tchebotarev from Pexels

Butuh waktu yang panjang untuk menjadi seorang Samurai yang handal. Meski demikian, salah satu bushido adalah di mana kekuatan dan keahlian yang dimiliki oleh seorang Samurai hanya digunakan untuk berbuat baik dan menolong sesama. 

4. Rasa hormat (禮 rei)

Photo by Satoshi Hirayama from Pexels

Memiliki keahlian dalam banyak hal tidak lantas menjadikan seorang Samurai kejam dan tega untuk berbuat kerusakan. Mereka memiliki rasa hormat yang ditunjukkan untuk orang lain sehingga kekuatan bukanlah segalanya. 

5. Ketulusan (誠 makoto)

Photo by Markus Winkler from Pexels

Ketika seorang Samurai mengatakan bahwa mereka akan melakukan sesuatu, maka tidak akan ada yang menghalangi mereka untuk mewujudkannya. Hal ini adalah bukti ketulusan dan kejujuran dari setiap ucapan dan perbuatan mereka. 

6. Kehormatan (名誉 meiyo)

Photo by Ryutaro Tsukata from Pexels

Bagi seorang Samurai, kehormatan adalah soal menjadi diri sendiri dan tidak berusaha menyembunyikannya. Diri mereka sendiri lah yang membuat penilai terhadap karakter dan kehormatan mereka sebagai seorang Samurai.

7. Loyalitas (忠義 chūgi)

Photo by Evgeny Tchebotarev from Pexels

Salah satu prinsip terkuat dalam bushido seorang Samurai adalah loyalitas terhadap orang-orang yang mereka pedulikan. Mereka akan bertanggung jawab dan melakukan segalanya untuk menepati apa yang telah mereka katakan. 

8. Kontrol Diri (自制 jisei)

Photo by Engin Akyurt from Pexels

Memiliki kekuatan yang besar akan sia-sia jika seorang Samurai tidak memiliki kontrol diri. Oleh karena itu, seorang Samurai akan menjaga tindakan dan sikap mereka dalam menghadapi sesuatu sehingga selalu tampak tenang. 

Meskipun sudah berada di zaman modern, masyarakat Jepang masih menerapkan prinsip-prinsip bushido dalam kehidupan mereka. Hal ini akan semakin terlihat dari bagaimana mereka menempatkan diri sebagai bagian dari masyarakat kolektif. 

Sudah tahu belum? Sembari mengikuti kursus bahasa Jepang di Cakap, kamu juga akan sekaligus belajar budaya Jepang seperti bushido. Apalagi ada Cakap Japanese Club yang membahas topik-topik seru seputar bahasa dan budaya Jepang. Daftar kursusnya sekarang, yuk! 

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.