Mengenal Hanami di Jepang dan 5 Fakta Menariknya

hanami di jepang
Mengenal Hanami di Jepang dan 5 Fakta Menariknya

Musim semi di Jepang selalu penuh dengan daya tarik, terutama dari bunga sakura yang memasuki musim untuk mekar. Masyarakat Jepang sendiri mengenal tradisi hanami yang setiap tahunnya menjadi salah satu aktivitas yang digemari baik oleh penduduk lokal maupun turis. Kali ini Cakap akan mengajak kamu berkenalan lebih dekat dengan hanami di Jepang. Simak artikel ini ya! 

1. Hanami Berarti “Melihat Bunga”

Photo by Yu Kato on Unsplash

Dalam bahasa Jepang, hanami (花見) ditulis dengan menggabungkan kanji “bunga” dan kanji “melihat”, sehingga dapat diterjemahkan sebagai “melihat bunga”. Masyarakat Jepang biasanya akan berpiknik bersama dengan keluarga atau orang terdekat sambil sambil menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran. 

2. Waktu Melakukan Hanami

Photo by AJ on Unsplash

Aktivitas hanami biasanya dilakukan masyarakat Jepang pada musim semi ketika bunga sakura mekar sekitar akhir Maret sampai awal April. Meski demikian, di wilayah Okinawa atau bagian selatan, sakura mekar lebih awal yaitu sekitar bulan Februari. Sementara di Jepang bagian utara, sakura mekar pada akhir April hingga awal Mei. 

3. Sejarah Hanami

Photo by Galen Crout on Unsplash

Tradisi melihat bunga sebenarnya sudah ada sejak zaman Nara (710-794) di mana masyarakat Jepang saat itu menikmati mekarnya bunga ume atau plum. Meski demikian, istilah hanami identik dengan bunga sakura yang mulai menarik perhatian sejak zaman Heian (794-1185). Kata hanami pun mulai digunakan untuk aktivitas menikmati keindahan bunga sakura. 

4. Filosofi dari Hanami

Photo by Baiyan Liu on Unsplash

Bunga sakura adalah bunga yang indah dengan warna merah muda yang menarik saat mekar. Hanya saja, periode mekar bunga ini hanya berlangsung sekitar seminggu hingga dua minggu saja setiap tahunnya. Hanami dan bunga sakura sendiri identik dengan filosofi menikmati keindahan yang hanya akan berlangsung sementara di dalam hidup. 

5. Lokasi untuk Melakukan Hanami

Photo by Trevor Paxton on Unsplash

Ada banyak sekali tempat untuk melakukan hanami di Jepang. Jika kamu mengunjungi Tokyo, Taman Ueno, Taman Yoyogi, dan Chidorigafuchi adalah lokasi yang paling terkenal untuk hanami. Selain di Tokyo, ada Himeji Castle di Hyogo, Taman Maruyama dan Sungai Kamo di Kyoto, serta Teman Kema Sakuranomiya di Osaka. 

Nah, itu lah beberapa fakta menarik mengenai kegiatan melihat bunga sakura atau hanami di Jepang. Jadi nggak sabar ingin menyambut tahun baru dan mempersiapkan rencana wisata ke Jepang, bukan? 

Baca juga : 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.