Mengenal 4 Musim di Jepang Sebelum Pergi Berlibur

musim di jepang

Punya mimpi berlibur ke Jepang atau udah ada rencana mau ke Jepang? Nah, berarti kamu harus tau nih soal musim di Jepang. Sebab, setiap musim di Jepang punya tempat wisata terbaiknya.

Selain itu, setiap musim di Jepang punya outfitnya sendiri. Jadi, jangan sampai kamu salah kostum pas lagi berlibur di sana. Biar engga tambah penasaran, langsung aja yuk kita bahas 4 musi di Jepang!

Musim di Jepang

Jepang memiliki empat musim, diantaranya adalah musim dingin, musim gugur, musim semi, dan musim panas. Mari kita bahas satu per satu:

Musim Semi di Jepang

source: giphy.com

Musim semi merupakan musim paling ikonik di Jepang. Bukan tanpa alasan, bunga sakura bermekaran saat musim semi di Jepang. Seperti yang kita ketahui, Jepang sangat terkenal dengan bunga sakura.

Musim semi di Jepang mulai sekitar bulan Maret dan berakhir pada mulai Mei. Selama musim semi, kamu akan merasa angin sepoi-sepoi dan sinar matahari yang hangat. Jadi, kamu bisa menggunakan mantel atau lengan panjang sehingga tidak kedinginan ketika ada hembusan angin.

Selama musim semi di Jepang kamu bisa menikmati keindahan bunga sakura. Beberapa tempat yang bisa kamu sambangi adalah Taman Hirosaki, Kastil Himeji. Tidak kalah indah, kamu juga bisa lihat pemandangan bunga wisteria di Taman Wisteria Kawachi.

Musim Panas di Jepang

source: giphy.com

Musim panas di Jepang berlangsung pada bulan Juni hingga Agustus. Biasanya musim panas di Jepang akan mulai sekitar akhir bulan Juni. Selama musim panas, suhu rata-rata di Tokyo yaitu 31-33℃ pada siang hari, 24-26℃ di pagi dan malam hari.

Dengan cuaca yang sejuk dan ringan, kamu bisa menggunakan pakaian yang lebih terbuka dibanding musim semi. Jangan lupa untuk pakai lengan panjang dan topi supaya terhindar dari sengatan matahari. Selama musim panas di Jepang, kamu bisa menikmati Natsumatsuri atau festival musim panas Jepang. Ada beberapa festival yang bisa kamu nikmati, antaranya adalah Festival Kembang Api Omagari, Festival Awa Odori, dan Festival Nebuta Aomori.

Musim Gugur di Jepang

source: giphy.com

Musim gugur di Jepang adalah musim terbaik untuk traveling ke Jepang. Sebab, pada musim ini panas sudah mulai berkurang dan suhu tidak terlalu dingin atau panas. Ketika musim gugur di Jepang, suhu siang hari sekitar 23℃ sedangkan pagi dan malam hari sekitar 19℃.

Suhu siang hari tidak begitu berbeda dengan musim panas sehingga kamu bisa menggunakan pakaian yang terbuka. Namun, suhu pagi dan malam hari lebih rendah dibanding siang hari. Jadi, kamu bisa menggunakan pakaian yang lebih hangat.

Sama seperti musim semi, selama musim gugur di Jepang kamu akan menikmati pemandangan dedaunan yang menguning. Daun yang populer selama musim gugur adalah daun pohon maple dan daun ginkgo.

Untuk menikmati pemandangan dedauanan yang menguning, kamu bisa berkunjung ke festival musim gugur atau Jalan Meiji Jingu Gaien Ginkgo. Selain melihat daun, kamu juga bisa menikmati pemandangan kolam biru di Aoi Ike, Hokkaido.

Musim Gugur di Jepang berlangsung sekitar bulan September sampai November, namun terkadang musim gugur berakhir di awal bulan Desember. 

Musim Dingin di Jepang

source: giphy.com

Kamu penasaran bagaimana bentuk salju? Engga usah membelah benua ke Eropa atau Amerika, kamu bisa melihat salju di Jepang. Musim dingin di Jepang berlangsung pada bulan Desember hingga Februari, namun terkadang sampai Maret.

Suhu musim di Jepang yaitu sekitar 10-12℃ di siang hari, 2-5℃ di pagi dan malam hari.Titik beku musim dingin di Jepang biasanya jatuh pada bulan Januari hingga Februari. Jadi, siapin pakaian super tebal kalau kamu traveling di bulan-bulan itu.

Meskipun kebanyakan orang Jepang mager keluar rumah selama musim dingin, masih ada banyak pilihan kegiatan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa main ski di Resor Ski Niseko, menghangatkan tubuh di Onsen Beppu, dan jajal rumah tradisional Jepang di Shirakawa-go.

Setelah kamu mengetahui musim di Jepang, kamu harus cari tau lagi soal budaya dan tata krama di Jepang. Pastikan pula kamu menguasai kosakata dasar bahasa Jepang, sebab kebanyakan orang Jepang tidak menguasai bahasa Inggris.

Untuk menguasai bahasa Jepang kamu juga bisa gabung kelas bahasa Jepang di Cakap. Gak perlu repot keluar rumah, kamu bisa belajar bareng tutor yang expert langsung dari smartphone kamu. Dijamin #MakinCakap dan makin siap berlibur ke Jepang!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google