Istilah Sepak Bola dalam Bahasa Inggris dan Artinya, Lengkap!

daftar-istilah-bola-dalam-bahasa-inggris

Tahukah kamu, banyak istilah dalam bahasa Inggris yang populer dalam dunia sepak bola? Beberapa di antaranya mungkin sudah pernah kamu dengar sebelumnya, offside dan hattrick atau babak finals dan semifinals, misalnya. Nah, di artikel ini kamu akan mengenal lebih banyak lagi istilah bola dalam bahasa Inggris. Mulai dari istilah-istilah yang ada di pertandingan, hingga istilah untuk penyebutan pemain sesuai lini permainannya. So, stay tuned

Table of Contents

Istilah-Istilah Dunia Sepak Bola dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah istilah bola dalam bahasa Inggris yang biasanya kerap ditemukan sepanjang pertandingan atau istilah-istilah di luar itu. Check it out!

(1) Offside

Dimulai dari offside, istilah ini digunakan untuk menggambarkan sebuah situasi di mana ada seorang pemain lyang ebih dekat ke arah gawang lawan dan diapit oleh setidaknya dua pemain bertahan, kemudian ia menerima umpan dari rekannya.

(2) Nutmeg

Istilah bola dalam bahasa Inggris yang satu ini berhubungan dengan skill dan kelihaian pemain. Nutmeg merupakan istilah yang digunakan ketika seorang pemain, memainkan gerakan tipuan pada pemain lawan dengan cara mengarahkan bola di antara dua kaki pemain lawan.

(3) Half Time

Half berarti setengah, sedangkan time berarti waktu. Namun, dalam dunia sepak bola, half time merupakan istilah yang berarti babak pertama atau setengah dari jalannya pertandingan secara keseluruhan telah selesai. Selanjutnya, para pemain akan diberikan jeda atau waktu istirahat selama 15 menit.

(4) Full Time

Jika half time digunakan untuk menyebut babak pertama dalam sebuah pertandingan, maka berbeda dengan full time. Istilah bola dalam bahasa Inggris ini digunakan untuk menunjukkan bahwa pertandingan telah berlalu 2×45 menit, atau bisa diartikan babak penuh/akhir pertandingan.

(5) Free Kick

Free kick adalah tendangan bebas yang biasanya dilakukan dengan dua cara, tendangan langsung ke gawang atau memanfaatkan tendangan ini untuk menciptakan peluang dengan cara mengoper pada rekan. 

(6)  Penalty Kick

Berbeda dengan free kick, penalty kick adalah tendangan penalti (berada di kotak penalti). Di mana pemain hanya berhadapan satu lawan satu dengan kiper.

(7) Corner Kick

Nah kalau corner kick, biasa dikenal juga dengan tendangan sudut. Baik dari sudut kiri gawang maupun sudut kanan gawang. Corner kick ini biasanya terjadi jika pemain bertahan membuang bola keluar lapangan/ ke arah belakang gawang.

(8) Kick Off

Istilah bola dalam bahasa Inggris yang satu ini sering banget diucapkan sesaat sebelum jalannya pertandingan. Kick off sendiri berarti tendangan pertama yang dilakukan oleh pemain. Kick off menandakan bahwa pertandingan sudah dimulai.

(9) Injury Time/Extra Time

Injury time atau extra time adalah waktu tambahan. Dalam pertandingan, biasanya setelah babak pertama atau babak kedua berakhir, maka akan ada yang namanya waktu tambahan selama kurang lebih 5 menit. Injury time/extra time ini digunakan untuk menebus waktu yang terbuang selama jalannya pertandingan.

(10) Hands Ball

Dalam dunia sepak bola, hands ball terhitung sebagai foul atau pelanggaran. Hands bola digunakan sebagai istilah ketika bola menyentuh tangan. Hands ball ini merupakan pelanggaran yang cukup merugikan lho, pasalnya jika hands ball terjadi di kotak penalti, maka akan menghasilkan penalty kick.

(11) Counter Attack

Selanjutnya ada istilah counter attack. Apa sih counter attack itu? Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangan balik dari lawan dengan kecepatan tinggi. So, ketika pemain berhasil mencuri bola dari lawan yang sedang menyerang, kemudian pemain tersebut melakukan serangan balik dengan cepat, maka hal tersebut disebut dengan counter attack.

(12) Assist

Satu lagi nih istilah bola dalam bahasa Inggris yang harus kamu tahu, yaitu assist. Assist adalah umpan yang diberikan dari rekan satu tim. Di mana umpan yang diberikan berhasil membobol gawang lawan.

Istilah Pemain Sepak Bola dalam Bahasa Inggris

Nah kalau di atas udah disebutin beberapa istilah yang biasanya ada selama pertandingan sepak bola, istilah berikut ini adalah istilah yang berhubungan dengan pemain sepak bola. Ada istilah apa saja ya? Yuk, lihat!

(1) Goalkeeper

Dimulai dari sang penjaga gawang. Yap, goalkeeper adalah istilah pemain bola bahasa Inggris untuk penjaga gawang. Kiper bertugas untuk menjaga agar lawan tidak membobol bola ke gawangnya. Di saat-saat adu penalti, posisi kiper ini sangat penting lho, karena ia benar-benar bisa menentukan kemenangan dan kekalahan tim.

(2) Striker

Striker adalah istilah untuk para penyerang depan. Pemain yang ditunjuk sebagai striker biasanya ditempatkan di lini paling depan, tujuannya adalah agar mampu mencetak gol ke gawang lawan.

(3) Attacker

Istilah yang satu ini digunakan untuk menyebut pemain yang berposisi sebagai penyerang. Jika striker berposisi sebagai penyerang depan, maka attacker adalah istilah untuk menggambarkan pemain penyerang secara general.

(4) Midfielder

Lanjut pada istilah pemain bola dalam bahasa Inggris yang keempat, yaitu midfielder. Ini adalah istilah untuk pemain tengah atau gelandang. Midfielder berposisi di antara penyerang dan bek. Tugas utamanya adalah menjaga penguasaan bola dan memberikan bola kepada penyerang. 

(5) Winger

Jika midfielder adalah pemain tengah atau gelandang, maka winger pemain sayap atau gelandang sayap. Di dalam lapangan, winger berada di bagian sisi. Winger ini ada dua, yaitu left winger (sayap kiri) dan right winger (sayap kanan).

(6) Defender

Nah untuk istilah pemain bola dalam bahasa Inggris yang satu ini digunakan untuk menyebut posisi pemain bertahan. Defender terletak di bagian paling belakang lapangan (dekat kiper). Tugas utamanya adalah menjaga pertahanan timnya bersama penjaga gawang.

(7) Hattrick

Hattrick adalah istilah yang digunakan bagi seorang pemain yang mencetak tiga gol dalam satu pertandingan atau sebuah laga. Jika gol yang diciptakan pemain lebih dari tiga, biasanya akan ada istilah baru, seperti quattrick, quintrick, double hattrick.

Nah Sobat Cakap, itu dia penjelasan mengenai istilah bola dalam bahasa Inggris. Cukup banyak bukan istilahnya? Sekarang kalau nonton bola, udah nggak bingung lagi dengan istilah-istilah yang kerap dilontarkan komentator. Biar makin paham istilah bahasa Inggris lainnya, yuk daftar kelas bahasa Inggris online Cakap! Di sana kamu bisa belajar secara dua arah bareng teacher pilihanmu!

Referensi:
-footballoutsiders.com
-kids.grid.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat