Bahasa Inggris

explanation text
Bahasa Inggris

Explanation Text, Bantu Kamu Jelasin Sesuatu

Pernah ngerasa penasaran sama sesuatu? Pasti awalnya kamu bertanya-tanya mengapa suatu hal bisa terjadi sampai akhirnya kamu cari tau jawabannya, bisa nanya lewat guru, teman, atau bahkan baca teks seperti explanation text yang bisa jawab rasa penasaranmu itu. Apa itu Explanation Text? Explanation Text kurang lebih seperti yang udah kamu

Baca Selengkapnya →
ucapan terimakasih dalam bahasa inggris
Bahasa Inggris

Berterima Kasih Hanya dengan Thank You? Sudah Biasa!

Pemahaman bahasa Inggrismu sudah sampai mana nih? Jangan-jangan cuma tahu hal-hal populer aja lagi. Misalnya kalau mau bilang terima kasih, bisa jadi seringnya pakai thank you doang? Wah, ketinggalan zaman! Padahal, banyak istilah lain untuk menunjukkan rasa terima kasih selain thank you. Alias, sudah saatnya kamu memperbanyak kosakata biar kemampuan

Baca Selengkapnya →
Discussion Text
Tips dan Trik

Discussion Text, Belajar Debat Lewat Teks Pro Kontra

Ternyata, banyak banget lho jenis teks dalam bahasa Inggris. Misal, kamu pasti udah tahu tentang recount text kan? Mungkin sering membuat itu untuk nambahin tulisan diary-mu. Tapi, selain teks yang konteksnya pribadi, pernah gak coba nulis atau baca tentang sebuah isu yang kontroversial? Nah, teks berisi isu yang dapat diperdebatkan

Baca Selengkapnya →
news item text
Bahasa Inggris

News Item Text, Teks Berita Yang Bikin Kamu Up-to-date

Suka baca koran gak kalian? Tahu kan isinya koran itu kebanyakan berita baik mancanegara atau lokal? Bahkan sering ada poster pendidikan atau lowongan pekerjaan. Sebegitu lengkapnya sebuah koran, tetap ada bacaan yang paling menonjol dong. That is news item text, guys. News item text merupakan teks berita dalam bahasa Inggris

Baca Selengkapnya →
Bahasa Inggris

Lamar Kerja Tanpa Cover Letter Itu Belum Lengkap Namanya!

Cover letter merupakan salah satu syarat penting yang mesti kamu cantumkan untuk melamar kerja. Isinya pernyataan melamar kerja, pencapaian, bahkan kemampuan. Jika melamar secara langsung, cover letter ditulis lalu disisipkan berbeda dari dokumen lainnya. Sedangkan untuk melamar online, biasanya ditulisnya di body email. Intinya promosi diri, betul. Hampir sama dengan

Baca Selengkapnya →
recount text
Bahasa Inggris

Ceritain Pengalaman Apa Saja Lewat Recount Text!

Sesuai dengan namanya, recount berarti menceritakan kembali. Maka dari itu, recount text berarti jenis teks bahasa Inggris yang berisi kisah atau pengalaman di masa lampau. Gunanya untuk menghibur serta memberi informasi pada pembaca. Terus, apa bedanya sama narrative text kalau tujuannya juga untuk menghibur? Ya ada bedanya dong. Meskipun bentuk

Baca Selengkapnya →
narrative text
Bahasa Inggris

Cerita Fiksi Alias Narrative Text, Kayak Gimana Sih?

Narrative text merupakan salah satu jenis teks yang menarik. Lain halnya dengan report text yang mendeskripsikan sesuatu secara umum, narrative justru berkaitan dengan dongeng. Isinya cerita-cerita fiksi seperti legenda, mitos, fabel (cerita hewan), ataupun cerita anak lainnya. Tapi apa cuma bisa dibaca oleh anak-anak? Nggak dong. Umur berapapun kamu, bisa

Baca Selengkapnya →
Bahasa Inggris

Apa itu Causative Verb? Begini Rumus dan Contohnya

Causative itu nama lain dari kalimat cause and effect ya? Eits, jangan samakan mereka berdua, Sobat Cakap. Meskipun namanya hampir mirip, tapi pengertiannya berbeda. Causative verb merupakan kata kerja yang digunakan ketika kamu menyuruh orang lain melakukan suatu kegiatan. Kalimat causative memiliki jenis kalimat aktif dan pasif, seperti pada contoh

Baca Selengkapnya →
report text
Bahasa Inggris

Ingin Membuat Report Text? Begini Contohnya

Dalam jenis-jenis teks bahasa Inggris, report text jadi salah satu yang sering disamakan dengan descriptive text. Padahal, keduanya berbeda. Report text menjelaskan sesuatu secara umum dan cenderung menyajikan data aktual, sedangkan descriptive justru lebih berdasar pada opini penulis yang spesifik. Gak berbeda jauh dengan motivation letter yang menceritakan tentang dirimu

Baca Selengkapnya →
cause and effect
Bahasa Inggris

Belajar Kalimat Cause and Effect Yuk!

Dalam bahasa Inggris, arti dari kalimat cause and effect adalah sebab akibat. Yaitu, jenis kalimat majemuk yang memiliki sebab dan dapat menimbulkan akibat. Cause berarti sesuatu yang terjadi, sedangkan effect merupakan konsekuensi atau akibat dari adanya kejadian tersebut. Biasanya, kalimat ini bercirikan kata atau frasa penanda yang disebut konektor. Karena

Baca Selengkapnya →