Hanabi, Meriahnya Festival Kembang Api Musim Panas di Jepang

festival hanabi

Summer, adalah salah satu musim yang paling ditunggu. Di musim itu ada banyak kehangatan, keceriaan, dan kegiatan lain yang selalu menyenangkan untuk dilakukan. Jepang adalah salah satu negara yang meromantisasi musim panas dengan berbagai kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Berbagai festival musim panas di Jepang dihelatkan, puncaknya yang paling ditunggu-tunggu adalah Festival Hanabi. Seperti apa sih kemeriahannya? Dan kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana? Cari tahu di sini, yuk!

Festival Hanabi

festival hanabi

Selain mengenal Festival Hanami, Jepang juga mengenal Festival Hanabi. Hanabi, apa arti hanabi? Hanabi adalah festival kembang api yang menjadi ikon musim panas di Jepang. Negara-negara lain biasanya mengadakan Festival Hanabi saat tahun baru. Namun, beda halnya dengan Jepang, masyarakat Jepang mengadakan Festival Hanabi atau Festival Kembang Api tepat di musim panas. 

Sejarah kembang api di Jepang berawal dari zaman Edo, pada tahu 1613, pelopor era keshogunan Edo mendapatkan hadiah kembang api dari pedagang Tiongkok dan Raja Inggris, James I. Hadiah kembang api tersebut mengawali Festival Hanabi di Jepang yang masih eksis hingga saat ini.

Festival Hanabi pertama di Jepang diadakan pada tahun 1733 di tepi Sungai Sumida. Kini, kamu bisa menikmati festival musim panas di Jepang setiap tahunnya dari bulan Juli Hingga September.

Tempat Festival Hanabi yang Terkenal

festival hanabi

Mau ikut menyaksikan meriahnya Festival Hanabi, tapi takut datang ke tempat festival yang salah? Don’t worry! Jika kamu masih pemula dan baru akan mencoba mengikuti meriahnya festival ini, kamu bisa datang ke beberapa tempat rekomendasi. Ada lima tempat Festival Hanabi terkenal yang bisa kamu kunjungi, yaitu Festival Kembang Api Adachi (Tokyo), Festival Kembang Api Sumidagawa (Tokyo), Festival Kembang Api Naniwa Yodogawa (Osaka), Tenjin Matsuri Hono Hanabi Taikai (Osaka), dan Festival Kembang Api Laut Minato Kobe (Kobe).

Pastikan bahwa sebelum ke sana, kamu sudah mengantongi tanggal pasti diadakannya festival tersebut! 

Keunikan Festival Kembang Api Jepang

festival hanabi

Jika kamu datang ke Jepang di saat Festival Hanabi atau Festival Kembang Api dimulai, maka kamu akan terhipnotis dengan suasana, kemeriahan, dan keindahannya. Kamu akan disuguhkan dengan nyala kembang api yang tak padam-padam selama satu sampai dua jam. Bagi warga Jepang, melihat kembang api di musim panas, rasanya sama indahnya dengan melihat bunga di musim semi. Wah, seisitimewa dan seberkesan itu yah Festival Hanabi ini. Jadi makin penasaran, keunikan dan hal menarik apa saja yang ditawarkan dalam festival ini. Let’s check it out! 

Jenis Kembang Api di Festival Hanabi

Kamu pasti pernah bukan melihat nyala kembang api di Hari Lebaran atau di malam tahun baru? Jika diamati lebih jelas, sebagian besar kembang api yang dihasilkan terlihat seperti air mancur. Namun, beda halnya dengan nyala kembang api yang terlihat di langit Jepang. Bukan bentuk seperti air mancur saja yang bisa dinikmati, nyala kembang api berbentuk lingkarang juga bisa kamu lihat di Festival Kembang Api musim panas di Jepang.

Festival Sambil Kulineran

Menikmati festival, juga butuh bekal makanan bukan? Tenang, kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan selama festival berlangsung karena di sana ada banyak tempat makanan. Jadi, kamu bisa menikmati festival sambil wisata kulineran khas Jepang. Ada banyak rekomendasi makanan yang bisa kamu coba, beberapa di antaranya adalah yakisoba, yakitori, choco-banana, dan kakigori. Rasa dari makanan-makanannya dijamin bakal bikin kamu ketagihan!

Yuk, siapin dirimu buat Festival Hanabi tahun depan!

Baca Juga:

 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks