Apa Bedanya Tiongkok dan Tionghoa? Temukan Disini

bedanya tiongkok dan tionghoa

“Dia asalnya dari Tiongkok.”
“Ibunya orang Tionghoa.”

Suka bingung nggak sih, perbedaan Tiongkok dan Tionghoa? Kapan kira-kira kita harus menggunakan kedua kata tersebut?

Dua penyebutan tersebut memang hanya ada di Indonesia. Pada pemerintahan Orde Baru, tepatnya di tahun 1967, Presiden Soeharto mengeluarkan Surat Edaran Presidium Kabinet Ampera Nomor SE-06/Pres.Kab/6/1967 yang membuat adanya perubahan penyebutan “Tiongkok” dan “Tionghoa” menjadi kata “Cina”. 

Namun, karena sebutan “Cina” dulu menimbulkan diskriminasi terhadap keturunan Tionghoa, di tahun 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 12 tahun 2014 tentang Pencabutan Surat Edaran Presidium Kabinet Ampera Nomor SE-06/Pres.Kab/6/1967 dan kata “Tiongkok” dan “Tionghoa” resmi dipakai kembali.

Dimana letak perbedaannya?

source: giphy.com

Kata “Tiongkok” merupakan penyebutan negara China secara resmi di Indonesia. Di sisi lain, “Tionghoa” digunakan sebagai penyebutan orang yang berketurunan Tionghoa atau dalam bahasa Inggris biasa disebut “Chinese”. Untuk bahasa, hanya ada bahasa Tionghoa, bukan bahasa Tiongkok. Sebaliknya, untuk sejarah hanya ada sejarah Tiongkok.

Bahasa Tionghoa atau Bahasa Tiongkok?

source: giphy.com

Bahasa Tionghoa merupakan rumpun bahasa resmi yang digunakan di Tiongkok daratan. Taiwan, dan merupakan salah satu dari enam bahasa resmi yang digunakan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mandarin sendiri merupakan salah satu bagian dari bahasa Tionghoa dan pengucapan yang paling banyak digunakan. Sebagai dialek yang paling banyak digunakan, Mandarin menggunakan huruf hanzi dalam penulisannya.

Selain Mandarin, Bahasa Kanton juga merupakan bahasa yang paling banyak digunakan lho. Hongkong dan Makau adalah dua daerah yang menggunakan bahasa Kanton sehari-harinya. Walaupun penulisan keduanya sama-sama menggunakan Hanzi, bahasa Kanton masih menggunakan karakter penulisan tradisional.

Sejarah Tiongkok, bukan Tionghoa

source: giphy.com

Sejarah Tiongkok merupakan sejarah tertua di dunia yang dimulai oleh Dinasti Xia pada 2070-1600 sebelum masehi. Chinese writing pertama kali hadir di dinasti selanjutnya, Dinasti Shang, pada 1600-1050 sebelum masehi. Nama negara Republik Rakyat Tiongkok (People’s Republic of China) sendiri baru digunakan di tahun 1949.

Sudah mulai paham kan, kapan dan bagaimana harus menggunakan Tiongkok dan Tionghoa? Mudahnya, kamu menggunakan Tiongkok ketika berbicara tentang negaranya sedangkan Tionghoa digunakan ketika membahas keturunannya di Indonesia.

Biar kamu makin cakap soal budaya Tiongkok dan bahasa Tionghoa, yuk gabung belajar bahasa Mandarin online di Cakap! Dengan bekerja sama bareng Beijing Chinese Language and Culture College dan tim pengajar yang langsung dari Beijing, materi yang diajarkan sudah pasti terjamin dan diajar secara profesional.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google