Apa Bedanya British English dengan American English?

british english

Ketika belajar bahasa Inggris terkadang kamu menemukan beberapa kata atau istilah yang berbeda untuk suatu hal. Mungkin kamu juga pernah menemukan kejanggalan dalam ejaan, mengapa di ada  kata “colour” dan “color”? apa bedanya? Ternyata, bahasa Inggris di Amerika dan di Britania Raya memiliki beberapa perbedaan dalam tata bahasa.

Inggris dan Amerika Serikat memang sama-sama menuturkan bahasa Inggris. Mereka pun saling memahami ketika sedang berbicara dengan satu sama lain. Namun ternyata ada sedikit perbedaan dari British English (BrE) dengan American English (AmE). Lalu apa perbedaannya?

Perbedaan British English dengan American English

Berikut ini beberapa perbedaan antara British English dengan American English:

Kosakata

Tidak sedikit contoh perbedaan kosakata yang digunakan di BrE and AmE. Dalam hal ini, penutur BrE kurang memahami apa yang dimaksud oleh para penutur AmE dan begitupun sebaliknya.

BrE dan AmE memiliki perbedaan leksikon (kumpulan kata-kata yang memiliki arti khusus dalam suatu kelompok bahasa). Peran dari media membuat perbedaan leksikon menjadi lebih dikenal luas sehingga para penutur tidak terlalu mengalami kesulitan untuk saling memahami ketika berkomunikasi.

Kebanyakan memahami perbedaan ini melalui dari mana asal kata yang digunakan itu diserap. Karena dalam bahasa Inggris juga banyak kata yang sebenarnya berasal dari bahasa lain seperti bahasa Prancis, bahasa Latin, atau bahasa Persia. Sedangkan AmE beberapa katanya merupakan serapan dari kosakata dalam bahasa Spanyol. Penekanan dalam pelafalan katanya pun berbeda.

Kosakata AmE yang biasanya dipahami oleh penutur BrE adalah gas, sidewalk, elevator, counterclockwise. Bila penutur BrE mendengan kosakata tersebut, mereka masih memahaminya karena budaya pop yang dibawa media secara tidak langsung telah memperkenalkan kosakata tersebut.

Berikut contoh perbedaan kosakata dalam British English dan American English:

British EnglishAmerican English
FlatApartment
HolidayVacation
CookieBiscuit
TrousersPants
UniversityCollege
ShopStore
FootballSoccer
RubbishTrash
PetrolGas/Gasoline
LiftElevator

Perbedaan dari kosakata tidak hanya berhenti di sana. Misalnya pada kata “bill” dalam AmE, bill biasa digunakan untuk menerangkan uang kertas, “dollar bill” dan di BrE, bill digunakan untuk menunjukan sebuah catatan.

Perbedaan kosakata antara AmE BrE juga dapat menimbulkan rasa ambigu, misalnya pada kata “pants”. Di AmE, pants berarti celana panjang karena celana pendek disebut dengan “shorts”. Berbeda dengan BrE, “pants” biasanya ditujukan untuk celana yang memiliki potongan lebih pendek dan celana panjang disebut dengan “trousers”.

British EnglishAmerican English
trouserspants
bonnethood
boottrunk
lorrytruck
universitycollege
holidayvacation
jumpersweater
crispschips
chipsFrench fries
trainerssneakers
fizzy drinksoda
postboxmailbox
biscuitcookie
chemistdrugstore
shopstore

Belajar Sendirian Malah Boring? Ayo Belajar Bareng Teman di Cakap Semi Private!

Grammar

Terdapat beberapa perbedaan tata bahasa antara British English dan American English. Perbedaan tata bahasa ini misalnya, orang-orang di Britania Raya cenderung menggunakan kata “shall” sedangkan orang-orang di Amerika lebih suka menggunakan “will” atau “should”.

Bagi kamu yang kursus bahasa Inggris atau belajar bahasa Inggris, hal ini bisa membingungkan karena biasanya kita diajarkan untuk menggunakan “shall”, |will|, dan “should” tanpa diberitahukan perbedaannya.

Perbedaan tata bahasa selanjutnya pada kata “needn’t”. bagi penutur BrE, “Needn’t” lazim untuk digunakan . Berbeda dengan penutur AmE, mereka cenderung lebih menggunakan istilah “don’t need to”.  Untuk preposisi, penutur BrE menggunakan “at” untuk menjelaskan waktu dan tempat, sedangkan untuk penutur AmE, mereka lebih menggunakan “on”.

Salah satu perbedaan American English  dengan British English yang tidak banyak disadari adalah menggunaan verba lampau atau past-tense. Dalam AmE, beberapa kata untuk menjadi bentuk lampau hanya tinggal diberi imbuhan –ed. Ternyata hal ini berbeda dengan BrE, di British English bentuk lampau tidak hanya menggunakan imbuhan –ed tapi juga bisa diberi akhiran “t”.

Misalnya, dreamed—dreamt, burned—burnt, learned—learnt.

Perbedaan selanjutnya terletak pada idiom. Idiom adalah gabungan kata atau frase yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu. Perbedaan dari idiom pada AmE dan BrE adalah sebagai berikut:

British EnglishAmerican English
a drop in the oceana drop in the bucket
a home from homea home away from home
a new lease of lifea new lease on life
a storm in a teacupa tempest in a teapot
blow one’s own trumpetblow (or toot) one’s own horn
couldn’t care lesscould care less or couldn’t care less
flogging a dead horsebeating a dead horse
haven’t (got) a cluedon’t have a clue or have no clue (the British forms are also acceptable)
lie of the landlay of the land
not touch something with a bargepolenot touch something with a ten-foot pole
put a spanner in the worksthrow a (monkey) wrench (into a situation)
see the wood for the treessee the forest for the trees
skeleton in the cupboardskeleton in the closet
slowcoachslowpoke
sweep under the carpetsweep under the rug*
take it with a pinch of salttake it with a grain of salt
touch woodknock on wood

Untuk memahami perbedaan idiom ini, maka kamu perlu berlatih. Latihan bisa dari mana aja kok, bisa dari film atau gabung grup bahasa Inggris. Belajar di grup bahasa Inggris lebih efektif karena kamu bakal latihan terus sama temen grup.

Ejaan

Di Britania Raya, ejaan yang digunakan kebanyakn diadaptasi dari bahasa Prancis. Dalam satu dan banyak hal ejaan di AmE memang dikategorikan sebagai penyimpangan dari ejaan BrE. Ejaan BrE dianggap sebagai bentuk lama dari AmE.

Berikut perbedaan ejaan dalam American English dan British English:

British EnglishAmerican English
-oe-/-ae- (e.g. anaemia, diarrhoea, encyclopaedia)-e- (e.g. anemia, diarrhea, encyclopedia)
-t (e.g. burnt, dreamt, leapt)-ed (e.g. burned, dreamed, leaped)
-ence (e.g. defence, offence, licence)-ense (defense, offense, license)
-ell- (e.g. cancelled, jeweller, marvellous)-el- (e.g. canceled, jeweler, marvelous)
-ise (e.g. appetiser, familiarise, organise)-ize (e.g. appetizer, familiarize, organize)
-l- (e.g. enrol, fulfil, skilful)-ll- (e.g. enroll, fulfill, skillfull)
-ogue (e.g. analogue, monologue, catalogue) -og (e.g. analog, monolog, catalog)   *Note that American English also recognizes words spelled with –ogue
-ou (e.g. colour, behaviour, mould)-o (e.g. color, behavior, mold)
-re (e.g. metre, fibre, centre)-er (e.g. meter, fiber, center)
-y- (e.g. tyre)-i- (e.g. tire)

Ucapan Selamat Hari Raya

Tidak banyak yang mengetahui tentang perbedaan pengucapan selamat hari raya, terutama unutk hari Natal, dalam AmE dan BrE. Untuk hari libur secara keseluruhan dalam AmEdisebut dengan “Holiday” sehingga frase “Happy Holiday” digunakan sebagai ucapan untuk Natal, Hanukkah, musim dingin, Kwanzaa, dan sebagainya.

Hal ini berbeda dengan BrE, dalam British English,  “Holiday” identing dengan berlibur sehingga cenderung menggunakan frase “Happy Christmas sebagai ucapan Natal. Berbeda dengan Ame, ucapan hari Natal menggunakan “Merry Christmas”.

Perbedaan penggunaan kata “holiday” di sini dikarenakan di BrE, isitilah tersebut berarti berlibur. Sedangkan di AmE, berlibur disebut dengan “vacation”.

Demografi

Lalu, di mana sajakan BrE dan AmE digunakan? Seorang linguis bernama Braj Kachru mengemukakan bahwa American English menyebar lebih cepat daripada British English. BrE biasanya diajarkan di sekolah-sekolah di wilayah Eropa, India, beberapa negara di Asia, dan Afrika.

Sementara itu bahasa Inggri yang diajarkan di Amerika Latin, Jepang, Tiongkok Daratan, Taiwan, dan Korea Selatan cenderung ke American English. Dikarenakan Amerika Serikat memegang 75% program televisi dunia, American English menjadi lebih familiar untuk didengan oleh mereka yang belajar bahasa Inggris.

Di Indonesia sendiri mayoritas menggunakan American English walau tidak sedikit pula institusi yang mengajarkan British English. Bagi kamu yang belajar bahasa Inggris dasar mungkin akan sedikit bingung maka dari itu sangat disarankan untuk belajar dengan mereka yang benar-benar memahami bahasa Inggris.

Salah satu cara cepan belajar Inggris adalah dengan metode mnemonik. Mnemonik adalah suatu rumus atau cara  untuk membantu mengingat sesuatu. Dalam metode ini terdapat berbagai teknik untuk membantumu belajar bahasa Inggris.

grup bahasa inggris

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks