44 Slang Bahasa Inggris dan Artinya yang Populer, Wajib Tau!

slang bahasa inggris

Setiap negara tentu memiliki bahasa gaulnya masing-masing. Nah, di dalam Bahasa Inggris ada sebuah istilah bernama Slang. Slang adalah sebutan untuk bahasa gaul yang ada di Bahasa Inggris. 

Mungkin kamu tidak sadar sudah menemukan slang di kehidupan sehari-hari, khususnya saat bermain sosial media. Apa saja sih slang yang perlu kamu ketahui? Yuk cek daftarnya berikut ini!

Kumpulan Bahasa Gaul atau Slang Bahasa Inggris

Ada banyak bahasa gaul Inggris, namun di bawah ini adalah slang Bahasa Inggris yang populer di internet. Yakin sudah tau semua? 

1. Tea

Secara harfiah, tea dalam bahasa Indonesia artinya teh. Namun, dalam tea dalam bahasa gaul Inggris artinya pertukaran gosip yang sedang hangat. Bahasa gaul Inggris ini juga sering disingkat menjadi ‘T’. 

Contoh kalimat: 

  • Can you spill the tea? 
  • I wanna give you a tea
 

2. Salty

Salty tidak ada hubungannya dengan garam dapur atau makanan. Dalam bahasa gaul, salty artinya ekspresi untuk menggambarkan sesuatu yang lucu atau kesal. Jika seseorang bersikap salty sama kamu, berarti dia lagi kesal sama kamu. Kira-kira dalam bahasa gaul Indonesia, salty itu julid bukan?

3. Shook

Shook adalah bahasa gaul Inggris yang populer di era hip-hop 90-an. Dalam Urban Dictionary, shook artinya sangat tidak menyangka dengan apa yang kamu lihat atau tercengang, terheran-heran, dsb.

Contoh : Man, I’m shook!

4. Fishy

Fishy adalah salah satu kata slang Bahasa Inggris yang artinya adalah mencurigakan. Biasanya dipakai di beberapa film detektif dimana detektif tersebut mengatakan: “something fishy is going on here” yang artinya ada sesuatu yang mencurigakan di sini.

 

5. Burned Out

Istilah burned out merupakan bahasa gaul Inggris yang populer di kalangan para pekerja ataupun mahasiswa. Burned out dalam istilah slang berarti kelelahan atau kecapean.

Contoh Kalimat:

You really like burned out
(Kamu sepertinya amat kelelahan)

6. Bomb

Bomb sama sekali tidak ada hubungannya dengan alat peledak. Istilah Bomb yang memiliki arti “luar biasa” seperti menggambarkan bom dengan ledakan besar yang luar biasa. Istilah ini merujuk ke ungkapan kepada seseorang yang cerdas atau berhasil memecahkan suatu masalah yang sangat rumit.

Contoh Kalimat:

You are da bomb!
(Kamu sangat luar biasa!)

7. Hot

Kamu sering denger kata hot yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang artinya orang tersebut menarik. Sebetulnya arti hot sendiri adalah panas, namun dalam mendeskripsikan seseorang seperti kata “he is hot!” artinya adalah kamu sedang memuji orang tersebut karena berpenampilan baik.

8. Chicken

Arti Chicken disini bukan “ayam”, melainkan “pengecut”. Kalau ada teman kamu yang mengejek kamu dengan kata “You are a chicken” artinya dia sedang memberi tahu bahwa kamu seorang pengecut.

9. Drop

Drop dalam arti bahasa inggris berarti menjatuhkan sesuatu. Namun dalam istilah bahasa gaul Inggris, Drop memiliki arti “lupakan”. Jadi jika ada yang bilang ke kamu “just drop it” yang artinya “lupakan saja” maka kamu perlu memahami itu.

Psst, Ini Cara Mahir Bahasa Inggris dari Rumah!

10. Chill

Chill merupakan bahasa gaul Inggris yang cukup populer di Indonesia. Chill artinya santai atau rileks. Kamu bisa mengucapkan kata ini ketika teman kamu sedang panik atau emosi. Chill memiliki arti yang sama dengan laid back yang juga merupakan bahasa gaul Inggris. 

Contoh kalimat: Chill, man! You got this!

11. Beat

Bahasa gaul Inggris ini tidak seagresif arti harfiahnya. Beat dapat digunakan baik ketika seseorang memakai makeup dengan hasil yang menawan maupun ketika memakai makeup secara berlebihan.

Contoh kalimat: I have to meet my boss tomorrow so I’m going to beat my face.

12. Kiki

Kiki artinya adalah sebuah pesta atau pertemuan yang meriah. Namun, kiki juga memiliki arti lain yaitu untuk merayakan atau berbagi gosip. 

Contoh kalimat: Let’s have a kiki!

13. No Cap

No cap adalah bahasa Inggris gaul yang digunakan untuk menekankan sebuah statement yang tidak bohong atau dilebih-lebihkan. Dalam sebuah percakapan, no cap memiliki arti yang sama dengan seriously.

Contoh kalimat: Your presentation is amazing, no cap.

14. TBH

TBH adalah singkatan dari To Be Honest atau dalam bahasa Indonesia artinya sejujurnya. Bahasa Inggris gaul ini digunakan untuk penekanan saat mengakui sesuatu.

Contoh kalimat: I really love Blackpink, tbh.

Baca Juga: 50 Singkatan Bahasa Inggris dalam Dunia Bisnis

15. Slay

Secara harfiah slay artinya membunuh. Namun, dalam bahasa gaul Inggris, slay adalah melakukan sesuatu dengan sangat baik. Umumnya, slay digunakan untuk memuji pakaian atau sikap seseorang.

16. Lit

Sering mendengar bahasa gaul Inggris yang satu ini? Yap, lit merupakan bahasa gaul Inggris yang cukup populer, bahkan banyak musisi memasukkan kata ini ke dalam lirik lagunya.

Lit artinya keren atau menakjubkan. Kata lit bisa kamu pakai ketika hendak memuji sesuatu atau mengungkapkan pujian. Berikut contoh kalimatnya: This party is so lit! (Pesta ini sangat keren!)1

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

17. Shade

Dalam bahasa gaul Inggris, shade adalah secara tidak langsung atau secara halus tidak menghormati seseorang. Nah, secara harfiah, shade artinya yaitu bayangan.

18. Bae

Bae adalah bahasa gaul Inggris yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang spesial. Bae memiliki arti yang sama dengan ‘sweetheart’ atau ‘baby’. Warganet masih memperdebatkan apakah bae merupakan singkatan dari ‘before anyone else’ atau tidak.

19. Snatched

Snatched digunakan untuk menggambarkan reaksi kamu terhadap sesuatu yang luar biasa. Bahasa gaul Inggris ini berasal dari budaya ball dan komunitas LGBTQ.

Contoh kalimat: Your performance snatched the stage.

20. Gag

Bahasa gaul Inggris ini memiliki dua arti. Pertama, gag digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang lucu. Kedua, gag digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang luar biasa.

Contoh kalimat: Look at Travis’s shoes. I’m gagging!

21. Yas

Yas adalah bahasa gaul Inggris yang digunakan untuk mengungkapkan pujian untuk sesuatu atau seseorang.

Contoh kalimat: Yas queen!

22. G.O.A.T

G.O.A.T adalah singkatan dari ‘greatest of all time’. Umumnya bahasa gaul Inggris ini digunakan dalam dunia sepakbola.

Contoh kalimat: When it comes to football, Lionel Messi is the G.O.A.T.

23. Keep it 100

Keep it 100 sama artinya dengan ‘keep it real’. Maksud dari bahasa gaul Inggris ini adalah untuk tetap menjadi otentik.

24. Lowkey

Lowkey artinya adalah sebuah penekanan bahwa apa yang dikatakan merupakan sesuatu yang rahasia. Asal dari istilah ini masih belum jelas, tapi banyak musisi seperti NIKI menggunakan istilah ini dalam lagunya.

19. Savage

Savage artinya kejam. Umumnya bahasa gaul Inggris ini digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang sangat mengejutkan. Sayangnya, istilah ini awalnya digunakan untuk merendahkan suku asli Amerika.

25. Dope

Dalam kamus Merriam Webster, dope artinya adalah sesuatu yang keren atau luar biasa. Istilah ini populer dalam dunia hip-hop dan memiliki arti yang sama dengan slay.

Cuma Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

26. Stan

Oxford English Dictionary mendeskripsikan stan sebagai penggemar yang terlalu obsesif terhadap selebriti tertentu. Stan kini juga menjadi bahasa gaul anak kpopers.

27. Skrt

Dijelaskan dalam Urban Dictionary, bahasa gaul Inggris skrt digunakan untuk mendeskripsikan suara ban yang berhenti secara mendadak. Dalam percakapan, skrt artinya sama dengan kata stop atau berhenti.

28. On Fleek

On fleek memiliki arti yang sama dengan on point, yang artinya sesuatu telah dieksekusi dengan rapi. Awalnya on fleek erat kaitannya dengan dunia makeup, tapi sekarang sudah lebih luas lagi.

29. Cringe

Dalam bahasa gaul Inggris, cringe artinya menjijikkan atau merasa jijik. Ini adalah sebuah ekspresi ketika kamu melihat sesuatu yang cukup “mengganggu” dan bereaksi bahwa hal tersebut cukup cringe. 

30. To Chill Out

To Chill Out memiliki arti bersantai. Frasa ini masuk kedalam kategori kata kerja atau verb dan terkadang tidak menggunakan kata “out”. Walau demikian, penutur bahasa Inggris Amerika tetap memahaminya dengan baik. 

Bisa juga hanya dengan menggunakan kata “Chill”. Jadi kalau kamu mendengar istilah, “Just chill, dude!” (Santai aja, bang!), jangan kira kalau “chill” itu artinya dingin, ya!

contoh kalimat :
Hey, we are going to chill out at Fred’s house, do you want to join us?
(Hey, kami akan bersantai di rumah Fred, apakah kamu ingin ikut bersama kami?)

31. To Have A Blast

Kata “blast” mengacu pada ledakan besar dan ini adalah frasa yang mungkin sering kamu saksikan atau dengar dalam berita. Tetapi jika kamu menggunakan kata “blast” ini di antara teman-temanmu, artinya menjadi sesuatu yang hebat atau kamu memiliki waktu yang luar biasa dan menyenangkan.

contoh kalimat :
Don’t forget to have a blast at Beyonce’s concert, kids!
(Jangan lupa untuk bersenang-senang di konser Beyonce ya, anak-anak!)

32. Hooked

Hooked on” atau hanya “hooked” berarti kamu menyukai atau ketagihan akan sesuatu. Biasanya ini ditujukan untuk serial televisi, musik, atau kegiatan yang bersifat hobi.

contoh kalimat :
The TV show is so good, I got hooked on the first episode.
(Acara TV ini sangat bagus, saya langsung ketagihan di episode pertama.)

33. Sick

Kata “sick” di sini bukan berarti “sakit” melainkan berarti “hebat/keren”.  Artinya hampir sama dengan “awesome”, jadi jika temanmu berkata “the party was so sick”, bukan berarti pestanya sakit tapi ia menyatakan bahwa pestanya keren dan asyik.

contoh kalimat :
The party was so sicktoo bad you missed it.
(Pestanya keren sekali, sayang kamu melewatinya.)

34. Amped

Istilah ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang membuatmu sangat bersemangat dan ingin cepat terjadi. Bisa juga digunakan untuk menyatakan bahwa kamu sudah tidak sabar untuk melakukan, mendengarkan, merasakan, atau menyaksikan sesuatu.

contoh kalimat :
I’m so amped for tonight’s game!
(Saya sangat bersemangat untuk pertandingan malam ini!)

35.Ballpark

Frasa atau Bahasa slang yang pertama ini adalah “Ballpark” orang – orang Amerika sangat sering menggunakan kata ini. Jika kalian memukul sesuatu diluar ballpark, maka artinya kalian berhasil, jika kalian ingin memberikan seseorang figure ballpark, ini merupakan tebakan yang kasar.

Jika sesuatu berada dalam ballpark, maka ia cocok dengan segala tantangan yang diterapkan. Orang amerika menggunakan “Ballpark” dalam permainan baseball. Baseball bagi orang Amerika adalah seperti makanan pie apel.

Belajar Bahasa Inggris Dengan Cakap Hanya Dengan satu Langkah Mudah dengan placement test hanya Rp 10.000,-

36. Behind the Eight Ball

Jika kalian pernah bermain billiard, kalian pasti mengetahui betapa sulitnya jika bola yang akan kalian tembak berada dibelakang bola kedelapan “eight ball”. Kalian berada di situasi yang sangat sulit tapi jika kalian bukan orang Amerika maka kalian tidak akan mengerti frasa atau Bahasa slang “behind the eight ball” artinya apa.

37. Bought the Farm

Di Amerika frasa ini digunakan pada perang dunia kedua ketika pilot – pilot sedang terbang dan mengalami kecelakaan dan mendarat di kebun orang. Maka terciptalah frasa ini yang berarti membeli kebun.

Ketika kecelakaan terjadi pemerintah Amerika akan melaporkan kejadian lalu membayar para petani untuk kerusakan yang diakibatkan oleh pesawat, yang dapat dikatakan membeli kebun tersebut.

38. Cattywampus

“Cattywampus” merupakan istilah yang digunakan oleh orang Amerika untuk mendeskripsikan jalanan di Alabama. Jika kalian mengatakan “Cattywampus” dengan lantang maka kalian pasti dapat memahami arti dari istilah dari daerah selatan ini yang sangat aneh. Arti dari frasa atau Bahasa slang ini yaitu untuk mendeskripsikan sesuatu yang sedikit rusak dan sedikit bengkok seperti jalanan belakang Alabama.

39. Clutch

Sedikit familiar bukan dengan istilah ini? Apa yah artinya? Bagi orang asing pasti akan mengartikan clutch dengan sesuatu yang tertutup dan erat. Tetapi kalian salah. Frasa yang modern ini artinya sesuatu yang mudah, luar biasa, dan sesuatu yang kalian butuhkan disaat itu juga.

40. Let’s go Dutch

Jika kalian pergi ngedate dan bingung siapa yang akan membayar makanannya mungkin kalian bisa “go Dutch”, yang artinya masing – masing membayar makanan mereka. “Let’s go Dutch” muncul pada tahun 1873 di Baltimore Amerika ketika sang penulis berpendapat bahwa tiap pemilik bar harus menerapkan “Dutch treat” dimana setiap customer membayar minuman mereka masing – masing.

41. Podunk

“Podunk” artinya sesuatu yang kecil, membosankan, di luar jalan, dan secara keseluruhan tidak signifikan. Orang Amerika biasa menggunakan Bahasa slang ini untuk mendeskripsikan kota yang kecil, walaupun sebagian dari kita menganggap kota kecil itu lucu dan cukup menawan.

42. Riding Shotgun

Apakah kalian penyuka mobil ekstrem? Well ini dia Bahasa slang yang dapat kalian gunakan cukup teriak “Riding Shotgun” yang artinya kalian ingin duduk di depan samping driver. Duduk didepan merupakan spot terbaik bagi kalian penikmat road trip. 

43. Spill the Beans

Jika kalian mengira spill the beans artinya menumpakan bebijian maka kalian salah. “Spill the beans” di Amerika artinya mengatakan rahasia kalian. Jadi di Amerika orang – orang akan berkumpul dan bermain game dimana setiap orang harus mengatakan rahasia mereka yang disebut “Spill the Beans”. 

44. Table it

Di negara United Kingdom jika sesuatu itu dikatakan “table it” artinya diskusi yang terbuka dan aktif. Tetapi di Amerika frasa ini memiliki arti yang berbeda. Di Amerika jika seseorang mengatakan “table it” artinya orang tersebut akan meletakan sesuatu diatas meja lalu kembali di kemudian hari.

Selain di sosial media, bahasa gaul Inggris juga sering digunakan dalam sebuah percakapan. Supaya ngomongnya lancar pas percakapan, kamu bisa daftar kursus bahasa Inggris di Cakap. Kamu bisa bercakap-cakap sambil belajar bahasa Inggris sama tutor berpengalaman!

Kuis Slang Bahasa Inggris

Seharian ini kamu cuma scroll down Twitter atau Instagram? Kamu pasti tahu kan banyak sekali slang bahasa Inggris bermunculan di sana. Apakah kamu tahu arti dari slang tersebut? Yuk uji kemampuan kamu di quiz ini. Yuk, langsung saja klik next!


Nama
Email
Phone
Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat