21 Singkatan Bahasa Inggris Gaul Ini Sangat Populer dan Trendi

singkatan bahasa inggris gaul

Bahasa bersifat dinamis, selalu berkembang dalam dinamika yang sesuai dengan keadaan waktu. Semakin jauh ke depan, orang-orang semakin suka pada sesuatu yang simple dan tidak ribet. Singkatan bahasa Inggris gaul menjadi salah satu produk bahasa yang lahir dari trend masa kini yang simple dan tidak berbelit-belit. Singkatan bahasa Inggris gaul berperforma menyingkat sebuah kalimat menjadi beberapa huruf saja. 

Banyak di antara kamu yang mungkin tahu slang bahasa Inggris dan singkatan bahasa Inggris gaul, namun tidak tahu kepanjangan atau bentuk asli kalimatnya. Jangan khawatir, di sini kamu akan mengetahui singkatan bahasa Inggris gaul lengkap dengan kepanjangan dan artinya. So, stay tuned!

1. CMIIW – Correct Me if I’m Wrong

source: giphy.com

Singkatan bahasa Inggris gaul yang pertama adalah CMIIW yang merupakan kependekan dari kalimat correct me if i’m wrong. Arti Cmiiw itu sendiri adalah ‘koreksi aku jika aku salah’. Biasanya digunakan saat seseorang tidak terlalu yakin 100 persen bahwa yang dikatakannya adalah benar.

Contoh penggunaan CMIIW dalam kalimat:

  • I think he will move to Africa, CMIIW. (Bukankah dia akan pergi ke Afrika? Koreksi aku jika aku salah).
  •  Isn’t the most expensive flower an orchid? CMIIW. (Bukankah bunga yang paling mahal adalah bunga anggrek?)

2. TBH – To be Honest

TBH adalah singkatan bahasa gaul yang mungkin sudah tidak asing lagi. TBH merupakan kepanjangan dari to be honest yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘sejujurnya’. Singkatan ini digunakan untuk mengekspresikan kejujuran seseorang.

Contoh penggunaan TBH dalam kalimat:

  • TBH, I prefer to eat bread than eat spaghetti. (Sejujurnya, aku lebih suka makan roti daripada makan spageti).
  • I prefer blue clothes. TBH, your aura will shine even more when you wear that dress. (Saya lebih suka gaun warna biru. Sejujurnya, auramu lebih terpancar saat kamu menggunakan gaun itu).

3. BTW – By the Way

Nah, untuk singkatan ini benar-benar sudah menjadi bagian sehari-hari dalam percakapanmu, bukan? BTW atau by the way dalam bahasa Indonesia berarti ‘ngomong-ngomong’. Kamu bisa menggunakan singkatan ini saat akan mulai membicarakan sesuatu atau berganti topik obrolan.

Contoh penggunaan BTW dalam kalimat:

  • BTW, according to the weather forecast, today it will rain. (Ngomong-ngomong, menurut perkiraan cuaca, hari ini akan hujan).
  • BTW, what do you want to eat? (Ngomong-ngomong, kamu ingin makan apa?).

4. IDC – I don’t Care

IDC artinya ‘saya tidak peduli’. Singkatan bahasa Inggris gaul yang satu ini biasanya digunakan saat seseorang merasa tidak peduli dengan suatu hal atau issue.

Contoh penggunaan IDC dalam kalimat:

  • A: Did you know that Roni already has a new boyfriend? (Apakah kamu tahu bahwa Roni sudah punya pacar baru?)
    B: IDC. He’s just my past. (Saya tidak peduli. Dia hanya masa lalu).

5. SMH – Shake My Head

Arti SMH biasanya sering dikaitkan saat seseorang marah atau kecewa hingga tak bisa berkata-kata dan hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala. Di Indonesia sendiri kata dan ekspresi yang serupa dengan SMH adalah ungkapan ‘ckckck’.

Contoh penggunaan SMH dalam kalimat:

  • Has your car been damaged? SMH, even though it’s a new car. (Mobil kamu sudah rusak? Aku menggelengkan kepala, padahal itukan mobil baru).
  •  I’ve been in line for 3 hours, but I didn’t get the bts meal, SMH. (Aku sudah mengantri selama 3 jam, tapi aku tidak kebagian BTS meal).

6. GTG – Got to Go

Singkatan bahasa Inggris gaul selanjutnya adalah GTG atau got to go. Arti GTG itu sendiri adalah ‘harus pergi’. Ungkapan ini biasanya digunakan saat seseorang sedang ada dalam perkumpulan atau sedang bertukar pesan namun dia terpaksa harus pergi ke suatu tempat.

Contoh Penggunaan GTG dalam kalimat:

  • Sorry, my manager called, he told me to go back to the office, so GTG. (Maaf, managerku menelpon, dia menyuruhku Kembali ke kantor. Jadi, aku harus pergi).
  •  I will continue the discussion again tomorrow. I have an exam scheduled for today. So GTG. (Saya akan melanjutkan diskusi lagi besok. Hari ini saya ada jadwal ujian. Jadi saya harus pergi).

7. IMO – In My Opinion

IMO adalah ungkapan yang digunakan saat kita akan menyatakan pendapat. IMO atau in my opinion memiliki arti ‘menurutku/menurut pendapatku’.

Contoh penggunaan IMO dalam kalimat:

  •  IMO, It is better to discuss child psycholinguistics. It’s more interesting and unique. (Menurutku, lebih baik membahas mengenai psikolinguistik anak. Itu lebih menarik dan unik).
  •   IMO, tulips are more suitable to be installed in the living room than roses. (Menurutku, bunga tulip lebih cocok dipajang di ruang tamu daripada bunga mawar).

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

8. IDK – I don’t Know

I don’t know atau biasa disingkat menjadi IDK . Arti IDK sendiri adalah ‘saya tidak tahu’. Singkatan bahasa gaul yang satu ini bisa digunakan saat ingin mengatakan bahwa kamu tidak tahu-menahu tentang issue yang dibicarakan dan dipertanyakan.

Contoh penggunaan IDK dalam kalimat:

  • A: Is it true that this year’s National Poetry Seminar will be held in Makassar? (Apakah benar kalau Seminar Puisi Nasional tahun ini akan diadakan di Makassar?)
    B: I don’t know. I haven’t got the information. (Saya tidak tahu. Saya belum mendapatkan informasi).

9. NVM – Never Mind

NVM atau never mind bisa digunakan untuk mengungkapkan ekspresi bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari suatu hal atau suatu perkataan. Dengan kata lain, NVM bisa digunakan saat seseorang tidak terlalu mempermasalahkan sesuatu. Dalam bahasa Indonesia sendiri, arti NVM adalah ‘tidak apa-apa/ tidak masalah.

Contoh penggunaan NVM dalam kalimat:

  • Never mind, I will buy a new book again. (Tidak masalah, aku akan membeli buku baru lagi).
  • Never mind, everything will be fine. (Tidak apa-apa, semua akan baik-baik saja).

10. NP – No Problem

Singkatan bahasa Inggris gaul selanjutnya adalah NP atau no problem. Hampir sama dengan NVM, arti NP adalah ‘tidak masalah’.

Contoh penggunaan NP dalam kalimat:

  • A: Sorry but the cake is out. You don’t get the cake. (Maaf tapi kuenya sudah habis. Kamu tidak kebagian).
    B: Okay, no Problem. (Oke, tidak masalah).

11. FYI – For your Information

Singkatan FYI memiliki arti ‘sekedar informasi’. Singkatan yang memiliki kepanjangan for your information ini digunakan saat akan memberikan informasi kepada seseorang.

Contoh penggunaan FYI dalam kalimat:

  • Susan doesn’t go to school today. Fyi, she will move abroad. (Susan tidak berangkat sekolah hari ini. Sekedar informasi, dia akan pindah ke luar negeri).
  • I know you love Alex. Just fyi, he already has a girlfriend. (Aku tahu kamu suka Alex. Sekedar informasi ya, dia sudah punya pacar).

12. ASAP – As Soon As Possible

ASAP artinya ‘secepat mungkin’. Singkatan dari as soon as possible ini biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan (kapan?).  Namun, arti dari ASAP sendiri tidak memiliki kespesifikan dalam waktu.

Contoh penggunaan ASAP dalam kalimat:

  •  A: When will you finish the task? (Kapan kamu akan menyelesaikan tugasnya?)
    B: ASAP. (secepatnya).

13. OOT – Out of Topic

OOT adalah singkatan dari out of topic. Salah satu singkatan bahasa Inggris gaul ini memiliki arti ‘keluar dari topik’. OOT biasanya digunakan saat seseorang sedang membahas sebuah topik, namun di saat bersamaan dia menceletukkan sebuah topik yang berbeda, yang tidak ada kaitannya.

Contoh Penggunaan OOT dalam kalimat:

  • Sorry OOT, where is the most instagrammable restaurant? (Maaf keluar dari topik, restoran yang paling instagrammable di mana, ya?
  • Which one is sweeter? sugar or chocolate? Sorry oot, I’m very curious. (Mana yang lebih manis? Gula atau cokelat? Maaf keluar topik, aku sangat penasaran).

14. TGIF – Thanks God It’s Friday

Hari Jumat seakan memiliki daya tarik tersendiri, mungkin karena hari tersebut merupakan akhir dari weekday dan permulaan weekend. TGIF menjadi salah satu singkatan bahasa Inggris yang seakan mengungkapkan rasa lega dan rasa senang. Dalam bahasa Indonesia TGIF artinya ‘terima kasih Tuhan, ini hari Jumat’.

Contoh penggunaan TGIF dalam kalimat:

  • TGIF, I will spend this weekend well. (Terima kasih Tuhan, ini hari Jumat. Aku akan menghabiskan akhir pekan ini dengan baik).
  • TGIF. Tomorrow I will go fishing. (Terima kasih Tuhan, ini hari Jumat. Besok aku akan pergi memancing).

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

15. IRL – In Real Life

In real life atau sering disingkat dengan IRL artinya ‘di kehidupan nyata’. Singkatan bahasa Inggris gaul yang satu ini lebih sering digunakan dalam room chating, pesan teks, atau sosial media. Biasanya singkatan ini menjadi perbandingan seseorang di media sosial dan di kehidupan nyata.

Contoh penggunaan IRL:

  • IRL, she looks more beautiful and natural. (Di kehidupan nyata/faktanya, dia lebih cantik dan lebih natural).
  • IRL, he’s cuter and more caring. (Di kehidupan nyata, dia lebih manis dan perhatian).

16. TBT – Throwback Thursday

Throwback Thursday atau TBT adalah singkatan yang sering digunakan untuk menjadi caption atau hashtag di postingan media sosial. Postingan dengan caption TBT artinya mereka memposting foto masa lalu di media sosial pada hari Kamis.

  • TBT, when I was seventeen. (Throwback di hari Kamis, Ketika saya masih berusia 17 tahun).
  • TBT, when me and my best friend spent the holiday in Wonosobo. (Throwback di hari kamis, Ketika saya dan sahabat saya menghabiskan liburan di Wonosobo).

17. BRB – Be Right Back

Singkatan BRB ini bisa kamu gunakan saat akan meninggalkan seseorang atau percakapan dalam waktu sebentar.  Be right back sendiri memiliki arti ‘segera kembali’.

Contoh Penggunaan BRB dalam Kalimat:

  • My book is on the table, I’ll take it, BRB. (Buku saya ada di meja, saya akan mengambilnya dan segera Kembali).
  • I’m going to buy chocolate, BRB, wait a minute. (Saya akan membeli coklat dan segera kembali, tunggu sebentar).

18. JK – Just Kidding

Singkatan bahasa Inggris gaul selanjutnya adalah JK atau just kidding. JK artinya ‘hanya bercanda’, ungkapan ini digunakan untuk menyatakan bahwa apa yang dilakukan atau yang dikatakan hanyalah sebuah lelucon yang tidak serius.

Contoh penggunaan JK dalam kalimat:

  • It’s JK, please don’t be mad. (Itu hanya bercanda, tolong jangan marah).
  • A: Guys, there is an important announcement. English exam will be held today. (Teman-teman ada pengumuman penting. Ujian bahasa Inggris akan dilaksanakan hari ini).
    B: Are you serious? (Apakah kamu serius?)
    A: Haha JK guys. (Haha hanya bercanda).

19. QOTD – Quotes of the Day

QOTD atau quotes of the day artinya ‘quotes/motivasi hari ini’. Singkatan QOTD ini biasanya diikuti dengan beberapa kalimat-kalimat bijak yang menjadi motivasi bagi orang yang menulisnya.

Contoh penggunaan QOTD dalam kalimat:

  • Love is so short, but forgetting is so long – QOTD (Pablo Neruda). (Cinta begitu singkat, tapi melupakannya begitu lama – quotes hari ini) 
  • In our life, there is only one thing we have, that is courage – QOTD (Pramoedya Ananta Toer).  (Dalam hidup kita, Cuma satu yang kita punya, yaitu keberanian – QOTD)

20. CYA – See You Again

CYA merupakan singkatan dari see you again yang artinya ‘sampai ketemu lagi’. Singkatan ini digunakan saat akan berpisah dengan seseorang dan berharap suatu hari akan bertemu lagi.

  • Good bye, CYA. (Selamat tinggal, sampai ketemu lagi).
  • Take care, CYA. (Baik-baik di sana, sampai ketemu lagi).

21. LOL – Laughing Out Loud

Laughing out loud atau LOL adalah kata yang diucapkan ketika ada sesuatu yang sangat lucu sehingga bisa membuat orang tertawa terbahak-bahak.

Contoh penggunaan LOL dalam kalimat:

  • He sings the wrong song lyrics, LOL. (Dia menyanyikan lirik lagu yang salah, tertawa terbahak-bahak).
  • LOL, Ria wears the shirt upside down. (Tertawa terbahak-bahak, Ria memakai baju terbalik).

Singkatan bahasa Inggris gaul akan menambah deretan kosakata bahasa gaul di kamusmu. Catat dan gunakan singkatan-singkatan tersebut agar kamu terlihat lebih trendi.

Menguasai banyak kosakata gaul dalam bahasa Inggris dan mengucapkannya dengan logat british yang fasih, menjadi kebanggan dan nilai plus tersendiri. Cakap akan membantumu mewujudkan semua itu lewat kursus bahasa Inggris Cakap. Cuman di Cakap, Belajar bahasa Inggris cepat dan nggak pake ribet. Atau kamu bisa Tes Level Bahasa Inggris kamu dahulu di Cakap. Yuk daftar Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks