Menarik! Ini Pengertian Bare Infinitive, Kata Kerja Tanpa ‘To’

pengertian bare infinitive

Dibalik sebuah bahasa yang mungkin memiliki struktur cukup rumit, terdapat materi-materi yang menyenangkan untuk dipelajari. Salah satunya adalah bare infinitive. Seperti diketahui dalam materi sebelumnya tentang infinitive phrase, infinitive selalu terkait dengan ‘to’. Namun, tahukah kamu bahwa bare infinitive adalah infinitive tanpa to?

Yap, bare infinitive memiliki aturan penggunaanya sendiri. Aturan tersebutlah yang menjadi pembeda antara infinitive dan bare infinitive. Yuk, cari tahu apa itu bare infinitive dan bagaimana cara menggunakannya melalui artikel di bawah ini!

Pengertian Bare Infinitive

source: giphy.com

Bare infinitive adalah kata kerja atau verb tertentu yang dapat digunakan tanpa adanya tambahan ‘to’ di depan verb. Bare infinitive juga sering disebut sebagai base atau zero infinitive. Ciri khusus mengenali bare infinitive ini ialah adanya modals (can, might, could, should would, may, dll) di depan infinitive (infinitive selalu diikuti oleh modals).

Selain modals, ada beberapa kriteria yang memungkinkan suatu infinitive digunakan tanpa adanya tambahan ‘to’. Lantas, apa sajakah kriteria tersebut? Cek jawabannya dalam penggunaan bare infinitive di bawah ini!

Penggunaan Bare Infinitive

Setelah mengetahui pengertian bare infinitive, kamu perlu mengetahui bagaimana penggunaan bare infinitive. Apakah penggunanya hanya setelah ditemukan modals pada sebuah kalimat? Temukan jawabannya dalam kriteria penggunaan bare infinitive di bawah ini!

Bare Infinitive setelah Modals Auxiliary Verb

Penggunaan bare infinitive atau infinitive tanpa ‘to’ ini digunakan apabila infinitive didahului oleh modals auxiliary verbs. Kata yang tergolong dalam bentuk modals adalah, can, will, could, would, should, might, may, dll.  Lebih jelasnya, berikut contoh kalimatnya:

  • I can wash this car. (Aku bisa mencuci mobil ini).
  • I will buy some vegetable. (Aku akan membeli beberapa sayuran).
  • Rania should come to school In time. (Rania harus datang ke sekolah tepat waktu).
  • Diandra could speak three languages. (Diandra bisa berbicara dalam tiga Bahasa).
  • Alex would bring all the ingredients. (Alex akan membawa semua bahan masakan).

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Bare Infinitive setelah Kata Kerja Tertentu

Seperti yang diketahui, bare infinitive adalah infinitive yang tidak diikuti oleh ‘to’. Kriteria penggunaan infinitive tanpa ‘to’ berlaku apabila infinitive tersebut digunakan setelah kata kerja tertentu, seperti bid, let, make, here, need, dare, dll (causative verb). Untuk lebih jelasnya, berikut contoh kalimatnya:

  • They made him sleep. (Mereka menyuruhnya tidur).
  • Just let him go. (Biarkan saja dia pergi).
  • She made him cry. (Dia membuatnya menangis).
  • Ira heard him speak Italian. (Ira mendengar dia berbicara Bahasa Italia).

Penggunaan Bare Infinitive setelah ‘Rather than, had better’

Infinitive juga bisa digunakan tanpa ‘to’ apabila penggunaanya setelah atau didahului oleh kata yang memiliki arti perbandingan, seperti had better, rather than, sooner then, dll. Berikut contoh kalimatnya:

  • She would rather read than write. (Dia lebih suka membaca daripada menulis).
  • Karin had better buy milk than coffee. (Karin sebaiknya membeli susu daripada kopi).
  • He like playing rather than studying. (Dia lebih suka bermain daripada belajar).

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Penggunaan Bare Infinitive setelah Semua yang Berhubungan dengan ‘Do’

Bare infinitive juga bisa digunakan setelah semua yang berkaitan dengan do, don’t, does, doesn’t did, didn’t). Berikut contoh kalimatnya:

  • You do answer her message before this afternoon. (Kamu harus menjawab pesannya sebelum siang ini).
  • Rania doesn’t like rambutan fruits. (Rania tidak suka buah rambutan).
  • From now on, please don’t contact him again. (Mulai sekarang, tolong jangan menghubunginya lagi).

Nah itu dia pengertian bare infinitive berikut dengan penggunaanya. Ternyata ada beberapa infinitive yang bisa digunakan tanpa ‘to’ ya. Bare infinitive ini sangat penting kamu pelajari agar kamu tidak salah kaprah menggunakan ‘to’ dalam infinitive.

Selalu ada hal dan materi baru yang bisa dipelajari dalam bahasa Inggris. Agar kamu tidak ketinggalan materi dan belajarmu lebih menyenangkan, kamu bisa lekas gabung dengan kursus Bahasa Inggris Cakap. Di sana kamu bebas memilih kelas Bahasa Inggris yang kamu inginkan! Fleksibel banget kan? Yuk daftar Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks