5 Kamus Bahasa Inggris Indonesia Online Terlengkap untuk Pemula

kamus bahasa inggris

Ketika tidak mengetahui arti suatu kata dalam bahasa Inggris, kamus adalah solusi terbaik yang bisa membantumu. Meskipun sudah ada aplikasi penerjemah, seperti Google Translate, beberapa orang masih kurang yakin dengan terjemahan atau definisinya. 

Nah, bagi kamu yang ingin mencari arti kata bahasa Inggris dari sumber yang kredibel, Cakap punya beberapa rekomendasi kamus bahasa Inggris, nih. Berikut kamus bahasa Inggris terlengkap dan terpercaya yang kamu bisa akses versi online-nya secara gratis! 

1. Oxford Dictionary


oxford dictionary
Oxford English Dictionary merupakan salah satu kamus bahasa Inggris yang lengkap dan populer. Kamus ini cocok untuk orang yang baru mulai belajar bahasa Inggris. Sebab, penjelasannya mudah serta ada sinonim dan contoh kalimatnya.

Kamu juga bisa mengetahui bagaimana pelafalan suatu kata baik dalam versi British English maupun American English. Kamus bahasa Inggris ini dapat diakses melalui situs atau aplikasi yang tersedia gratis untuk iOS dan Android.

Situs: oxfordlearnersdictionaries.com

2. Cambridge Dictionary


cambridge dictionary
Versi online dari Cambridge Dictionary sudah aja sejak tahun 1998 dan fitur yang tersedia cukup lengkap, lho. Menariknya, selain menjelaskan suatu kata dan penggunaannya, kamu ini juga menyediakan kamu terjemahan ke bahasa lain, termasuk ke dalam bahasa Indonesia. 

Di dalam kamus ini, kamu dapat mengetahui arti suatu kata, sinonim dan antonim, menerjemahkan suatu kata, dan mempelajari grammar bahasa Inggris seperti verb, noun, perbedaan in, on, at, dan masih banyak lagi.

Situs: dictionary.cambridge.org

Psst, Ini Rahasia Mahir Bahasa Inggris dari Usia Dini!

3. Collins English Dictionary


collins english dictionary
Versi cetak kamus ini pertama kali diterbitkan oleh HarperCollins di Glasgow, Inggris, pada tahun 1979. Saat ini versi online dari kamus bahasa Inggris Collins sudah tersedia dan memiliki banyak fitur yang bermanfaat. 

Selain menyediakan definisi kata dalam bahasa Inggris, kamus ini juga dilengkapi tesaurus dan kamus terjemahan ke dalam bahasa lain. Tersedia pula fitur kuis untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu, lho!

Situs: collinsdictionary.com/dictionary/english 

4. Macmillan English Dictionary


macmillan dictionary
Macmillan English Dictionary for Advanced Learners pertama kali diterbitkan pada tahun 2002 dan versi onlinenya tersedia sejak tahun 2009. Berbeda dengan tiga kamus bahasa Inggris di atas, kamus ini hanya menyediakan pelafalan dalam aksen British saja. 

Kamu dapat mengetahui apakah suatu kata sering muncul di dalam teks bahasa Inggris dengan fitur red-star. Sayangnya, meskipun menampilkan sinonim dan kata terkait, kamus ini tidak menampilkan contoh kalimat. 

Situs: macmillandictionary.com

5. Merriam-Webster


merriam webster dictionary
Merriam-Webster adalah kamus bahasa Inggris yang paling tua dan versi
online-nya disebut sebagai kamus online paling terpercaya di Amerika. Fitur yang disediakan juga cukup lengkap mulai dari sinonim dan antonim, contoh kalimat, serta sejarah penggunaan kata. 

Sebagai kamus yang diterbitkan di Amerika, contoh pelafalan yang tersedia di kamus ini hanyalah dengan aksen Amerika. Jadi, pronunciation British English ala Harry Potter tidak bisa kamu temukan dalam kamus ini. 

Situs: merriam-webster.com

Dikelola langsung oleh penerbit kamusnya, kelima rekomendasi kamus online di atas dijamin lebih terpercaya dan selalu up-to-date, lho. Untuk mencari kamus yang sesuai dengan kebutuhanmu, kamu bisa langsung membuka website masing-masingnya, ya!

Kuis Translate Bahasa Inggris ke Indonesia

Untuk memperkaya kosakata Bahasa Inggris, kamu bisa berlatih melalui kuis satu ini. Di kuis ini pula kamu bisa menguji seberapa banyak kosakata Bahasa Inggris yang sudah kamu kuasai. Yuk, coba kuisnya!


Name
Email
Phone
Hilda Khairunnisa
A Content Writer who believed in balancing research and creativity to produce high-quality content.