20 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik Online & Offline

kamus bahasa inggris

Kamus bahasa Inggris Indonesia dan sebaliknya menjadi solusi terbaik yang bisa membantumu saat tidak mengetahui arti suatu kata dalam bahasa Inggris. Baik sebagai pemula yang ingin belajar Bahasa Inggris, maupun sebagai orang yang sudah cukup mahir, ada kalanya melihat kamus memberikan pencerahan untuk kata yang terasa asing. 

Nah, bagi kamu yang ingin mencari arti kata bahasa Inggris dari sumber yang kredibel, Cakap punya beberapa rekomendasi kamus bahasa Inggris online terbaik, nih. Ada kamus bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan ada juga kamus definisi bahasa Inggris. Yuk, cek rekomendasinya!

Table of Contents

Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris ke Indonesia Online Terbaik 

Bagi kamu yang level bahasa Inggrisnya masih pemula, mungkin akan lebih mudah buatmu untuk menggunakan website aplikasi kamus bahasa Inggris ke bahasa Indonesia online. Berikut rekomendasi kamus Inggris-Indonesia online terbaik yang bisa kamu gunakan: 

1. Google Translate

google translate

Sebenarnya, dibandingkan dengan kamus, Google Translate lebih cocok disebut sebagai aplikasi penerjemah. Meski demikian, aplikasi yang satu ini adalah dapat digunakan dengan mudah dan sangat bisa diandalkan mencari terjemahan kata. 

Situs: translate.google.com

2. Cambridge Dictionary

oxford dictionary

Versi online dari Cambridge Dictionary sudah aja sejak tahun 1998 dan fitur yang tersedia cukup lengkap, lho. Menariknya, selain menjelaskan suatu kata dan penggunaannya, kamu ini juga menyediakan kamu terjemahan ke bahasa lain, termasuk ke dalam bahasa Indonesia. 

Situs: dictionary.cambridge.org

3. Bab.la

babla

Situs yang satu ini mungkin belum sefamiliar kamus lainnya, tapi termasuk yang cukup bisa diandalkan. Selain bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, bab.la juga menyediakan fitur pencarian kata berdasarkan abjad, lho!

Situs: babla.co.id/bahasa-inggris-bahasa-indonesia/ 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

4. Naver Dictionary

naver dictionary

Perusahaan asal Korea Selatan ini juga nggak kalah hebat dari kamus bahasa Inggris online yang lain. Selain menyediakan terjemahan bahasa Inggris ke Indonesia, tersedia pula fitur contoh kata, arti kata, dan idiom dalam bahasa Indonesia. Menarik sekali, bukan? 

Situs: dict.naver.com/eniddict

5. Sederet

sederet kamus online

Situs ini menyediakan kamus online Inggris Indonesia, Indonesia Inggris dan Inggris Inggris. Selain menyediakan terjemahan kata, kamus online ini juga dilengkapi sinonim dan juga frasa yang berhubungan dengan kata yang kamu cari. 

Situs: sederet.com 

Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Inggris–Indonesia 

Bagi Sobat Cakap yang ingin kamus yang lebih praktis, kamu bisa mengunduh aplikasi kamus Inggris Indonesia di smartphone-mu, lho. Berikut adalah rekomendasi kamus Inggris-Indonesia yang bisa kamu unduh dan gunakan. 

1. Kamus Inggris (Kamusku) 

kamusku app

Rating: 4,5 (Play Store)
Download: 10juta+
Fitur unggulan: terjemahan, sinonim, audio cara baca, serta contoh frasa dan kalimat

Aplikasi kamus yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan kamus buku dengan fitur penerjemah sebagai tambahannya. Selain terjemahan kata dan penjelasannya dalam bahasa Indonesia, kamus ini juga dilengkapi dengan contoh frasa dan kalimat. 

2. Kamus Inggris – Indonesia Offline

kamus inggris indonesia app

Rating: 4,6 (Play Store)
Download: 500rb+
Fitur unggulan: kamus offline, penerjemah, materi tenses, kata kerja, dan quiz

Fitur kamus Inggris Indonesia, Indonesia Inggris serta fitur terjemahan jadi satu dalam aplikasi kamus bahasa Inggris yang satu ini. Tidak hanya itu, ada daftar regular dan irregular verb, tenses, serta kuis yang dapat lebih membantumu dalam menguasai bahasa Inggris. 

3. U Dictionary Translator

u translate dictionary

Rating: 4,2 (Play Store)
Download: 100jt+
Fitur unggulan: contoh kalimat, sinonim dan antonim, percakapan dan grammar (berbayar) 

Aplikasi ini sebenarnya tidak secara spesifik merupakan kamus inggris-Indonesia, tapi kamu bisa mengatur bahasanya terjemahannya menjadi bahasa Indonesia. Fitur yang tersedia di kamus ini juga terbilang lengkap, karena ada contoh kalimat, sinonim, turunan kata, hingga fitur penerjemah online

4. English – Indonesia Dictionary

english indonesia dictionary app

Rating: 4,6 (Play Store)
Download: 1jt+
Fitur unggulan: penerjemah, materi tenses, dan daftar irregular verbs

Jika kamu mencari aplikasi kamus yang sederhana namun fungsional, aplikasi ini adalah pilihan yang tepat. Semua fungsi kamus ada di sini, mulai dari arti kata, turunan kata, hingga materi tata bahasa yang tentunya sangat dibutuhkan dalam belajar bahasa Inggris. 

5. Dictionary & Translator

dictionary translator app

Rating: 4,6 (Play Store)
Download: 5jt+
Fitur unggulan: cara baca US dan UK, perubahan bentuk sesuai tenses, dan contoh kalimat

Aplikasi ini juga menyediakan kamus dan terjemahan Inggris Indonesia dan sebaliknya yang bisa diunduh paketnya. Tidak hanya memiliki fungsi kamus yang lengkap, aplikasi ini juga menyediakan definisi kata dalam bahasa Inggris serta contoh kalimat bahasa Indonesia dan Inggris. 

Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Inggris-Indonesia

1. Kamus Inggris–Indonesia Edisi yang Diperbarui oleh John M. Echols & Hasan Shadily

kamus inggris indonesia hasan shadily

Kamus oleh John M. Echols dan Hasan Shadily ini terdiri dari dua kamus berbeda yaitu versi Inggris–Indonesia dan Indonesia–Inggris. Dilengkapi dengan contoh frasa dan kalimat, kamus ini sangat bisa jadi andalan untuk kamu yang membutuhkan penjelasan kata-kata dengan lengkap. 

2. Kamus Besar Bahasa Inggris: Inggris–Indonesia oleh George Lawton & Ika Liv

kamus inggris indonesia george ika

Kamus ini adalah kamus 2-in-1 yang menyediakan Inggris–Indonesia dan Indonesia–Inggris sekaligus sehingga cukup praktis. Selain memiliki terjemahan konteks untuk setiap kata-kata, kamus ini juga dilengkapi dengan tenses serta regular verb dan irregular verb. Kamus ini cukup lengkap bagi pelajar untuk membantu menambah kosakata dan memahaminya. 

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

3. Oxford Learner’s Pocket Dictionary Edition 4 oleh Oxford University

oxford learner's pocket dictionary

Bagi kamu yang lebih suka mencari terjemahan kata bahasa Inggris langsung dari kamus berbahasa Inggris, kamus ini wajib untuk kamu miliki. Meskipun merupakan kamus saku yang ringkas dan mudah dibawa, kamus ini terbilang sangat lengkap terutama untuk pemelajar bahasa Inggris tingkat menengah ke atas. 

4. Kamus Lengkap Inggris–Indonesia, Indonesia–Inggris oleh Billy Berlian Alexander

kamus lengkap billy

Kamus ini adalah kamus selanjutnya yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin lebih praktis mendapatkan kamus Inggris–Indonesia dan Indonesia–Inggris sekaligus. Dilengkapi dengan cara membaca kata bahasa Inggris, tenses, serta regular dan irregular verb, kamus ini terbilang lengkap untuk penguasaan bahasa Inggris secara keseluruhan. 

5. Kamus Pelajar: Inggris–Indonesia, Indonesia–Inggris oleh Tim GPU

kamus pelajar gpu

Sebagai pelajar, kamu mungkin hanya butuh kosakata yang familiar dan lebih sesuai dengan kebutuhan belajar bahasa Inggris tingkat sekolah. Nah, kamus yang ditulis oleh Tim GPU ini juga bisa banget jadi andalanmu karena kamus Inggris–Indonesia dan Indonesia–Inggris juga jadi satu buku. 

Kamus Bahasa Inggris Online Terlengkap

Bagi kamu yang sudah menguasai bahasa Inggris dengan cukup baik, mungkin kamu ingin mengetahui definisi yang lebih valid dalam bahasa Inggris. Untuk hal tersebut, kamu bisa mencoba untuk menggunakan beberapa kamus bahasa Inggris online gratis di bawah ini!

1. Oxford Dictionary

oxford dictionary
Oxford English Dictionary merupakan salah satu kamus bahasa Inggris yang lengkap dan populer. Kamus ini cocok untuk orang yang baru mulai belajar bahasa Inggris. Sebab, penjelasannya mudah serta ada sinonim dan contoh kalimatnya.

Situs: oxfordlearnersdictionaries.com

2. Collins English Dictionary

collins english dictionary
Selain menyediakan definisi kata dalam bahasa Inggris, kamus ini juga dilengkapi tesaurus dan kamus terjemahan ke dalam bahasa lain. Tersedia pula fitur kuis untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu, lho!

Situs: collinsdictionary.com/dictionary/english 

3. Macmillan English Dictionary

macmillan dictionary
Macmillan English Dictionary for Advanced Learners pertama kali diterbitkan pada tahun 2002 dan versi onlinenya tersedia sejak tahun 2009. Berbeda dengan tiga kamus bahasa Inggris di atas, kamus ini hanya menyediakan pelafalan dalam aksen British saja. 

Situs: macmillandictionary.com

4. Merriam-Webster

merriam webster dictionary
Merriam-Webster adalah kamus bahasa Inggris yang paling tua dan versi
online-nya disebut sebagai kamus online paling terpercaya di Amerika. Fitur yang disediakan juga cukup lengkap mulai dari sinonim dan antonim, contoh kalimat, serta sejarah penggunaan kata. 

Situs: merriam-webster.com

5. Urban Dictionary

urban dictionary

Kamus bahasa Inggris nggak hanya dibutuhkan untuk kebutuhan sekolah atau belajar, bukan? Bagi kamu yang ingin mencari tahu arti kata slang atau bahasa gaul bahasa Inggris dengan penjelasan sederhana dan “ngena” kamu bisa menggunakan kamus ini. 

Situs: urbandictionary.com

Selain Urban Dictionary, rekomendasi kamus online di atas dikelola langsung oleh penerbitnya sehingga dijamin lebih terpercaya dan selalu up-to-date, lho. Untuk mencari kamus yang sesuai dengan kebutuhanmu, kamu bisa langsung membuka website masing-masingnya, ya!

Rekomendasi kamus bahasa Inggris di atas mungkin kurang cocok buat kamu yang masih merupakan pemula. Meski demikian, kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris online di Cakap dan jadi lebih jago. Daftar sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat