9 Layanan Translate Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia Akurat

translate bahasa inggris

Ada banyak layanan translate Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia yang akurat yang tentu bisa kamu coba secara online. Aplikasi dan website ini juga sudah menggunakan teknologi terbaru, lho. Sehingga terjemahan yang dihasilkan juga lebih sesuai dengann grammar dan tenses yang benar. Apa saja website atau aplikasi terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya yang bisa kamu coba? Yuk simak daftar berikut ini!

Table of Contents

Layanan Translate Bahasa Inggris ke Indonesia

1. Google Translate

Layanan ini menjadi layanan terpopuler. Mungkin di antara kamu sudah pernah menikmati dan menggunakan layanan translate bahasa Inggris ini. Google translate tidak hanya translate Inggris ke Indonesia, lebih dari 100 bahasa yang ada di dunia yang juga tersedia. Salah satu fitur menarik dari Google Translate adalah kemampuan mendeteksi bahasa dengan suara.

Apakah Google Translate sesuai Grammar?

Google Translate telah bekerja sama dengan Grammarly untuk melakukan pengecekan yang lebih baik terhadap grammar yang digunakan. Namun, dari Google sendiri sudah mengembangkan sistem agar hasil terjemah dapat semakin akurat. Tetapi, ada baiknya untuk kamu melakukan pengecekan ulang setelah menerjemahkan teks, ya. 

2. Bing Translator

Layanan translate bahasa Inggris selanjutnya adalah Bing Translator. Fitur ini tersedia dalam 60 bahasa dengan pembatasan space mencapai 5000 karakter. Platform ini dikembangkan oleh Microsoft, kelebihan dari layanan ini adalah masih tetap bisa menikmati fitur saat offline.

3. iTranslate

Alat berbasis teknologi yang bisa menjadi penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia yang selanjutnya adalah iTranslate. Aplikasi translate bahasa Inggris ini dapat menjangkau kurang lebih 100 terjemahan bahasa. Kamu juga bisa menggunakan iTranslate saat sedang offline loh, Sobat Cakap.

4. Yandex Translate

Yandex Translate adalah layanan translate bahasa Inggris yang fitur-fiturnya cukup lengkap. Selain dapat melakukan translate Inggris ke Indonesia, layanan ini juga dapat menerjemahkan hampir 100 bahasa. Batas maksimal teks yang dapat diterjemahkan di Yandex Translate adalah sepuluh ribu kata.

Selain dapat menerjemahkan dalam bentuk tulisan, kelebihan lain dari layanan ini adalah dapat melakukan translate bahasa Inggris dan bahasa lainnya dengan menggunakan suara dan juga dapat mendeteksi teks dalam gambar.

Mau Belajar Bahasa Inggris? Daftar Cakap Sekarang!

5. Oxford Dictionaries

Kamu bisa melakukan translate Inggris ke Indonesia dengan menggunakan layanan Oxford Dictionaries. Selain dalam bentuk kamus Bahasa Inggris, layanan ini juga menyediakan jasa translate bahasa Inggris dalam versi digital.

Kelebihan dari layanan ini adalah selain menyediakan terjemahan, ia juga memberikan deskripsi mengenai kata yang dicari terjemahannya. Versi digital dari Oxford Dictionaries ini wajib kamu coba saat akan melakukan translate bahasa Inggris ke Indonesia. 

6. DeepL Translator

DeepL Translator ini mampu memberikan translate bahasa Inggris ke Indonesia dalam bentuk dokumen. Kamu hanya perlu mengunggah dokumenmu yang berbentuk doc atau ppt kemudian DeepL Translator akan secara otomatis menerjemahkan teks sesuai dengan bahasa yang kamu pilih.

7. Sederet

Layanan penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia selanjutnya adalah Sederet. Sederet bisa menjadi pilihan terbaik untukmu yang sedang membutuhkan jasa translate bahasa Inggris. Selain digunakan sebagai translator, Sederet juga aktif memberikan materi edukasi bahasa Inggris melalui blognya.

8. Translate.com

Translate.com merupakan layanan translate bahasa Inggris yang menyediakan pilihan translate berupa teks, suara, dan gambar. Kelebihannya dalam membaca teks yang ada pada gambar, bisa memudahkanmu untuk menerjemahkan bahasa asing yang ada pada dokumen berbentuk naskah. Hanya dengan mengambil gambarnya, kamu bisa langsung mengetahui terjemahan dari teks tersebut.

9. SayHi Translate

Apakah kamu sudah mengenal layanan translate bahasa Inggris satu ini? Jika belum, maka ini saatnya untuk ‘say hi’ pada layanan ini. SayHi Translate mampu mengakses terjemahan saat koneksimu sedang dalam mode offline. Jadi kamu bisa membawanya ke mana-mana bahkan di tempat yang susah menjangkau internet sekali pun.

Tips dan Contoh Terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia yang Akurat

Perlu diketahui bahwa terkadang layanan yang kamu gunakan tidak akurat dalam menerjemahkan teks. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti istilah yang asing, panjang kalimat, serta sistem yang dibuat tidak dapat memahami konteks yang kamu gunakan. 

Berikut contoh terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia yang bisa dipelajari terlebih dahulu.

Contoh Terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia Pertama

Paragraf bahasa inggris
Hasil terjemahan layanan translate
I have a kitten named Simba, he is a 4 months old domestic cat. Sometimes, if he is not in the mood to play, he will sit cutely somewhere. He also loves to snuggle with me and I love him for that.
Saya punya anak kucing bernama Simba, dia adalah kucing rumahan berumur 4 bulan. Terkadang, jika dia sedang tidak mood untuk bermain, dia akan duduk manis di suatu tempat. Dia juga suka meringkuk bersamaku dan aku mencintainya karena itu.

Contoh di atas bisa dikatakan hampir 100% akurat. Hanya ada satu kata yang perlu disesuaikan, yaitu pada kata snuggle yang jika dilihat dari hasil terjemahannya menjadi meringkuk.

Padahal jika diartikan dalam konteksnya, snuggle disini berartikan “berdekatan” atau “duduk dekat-dekat” dengan pemiliknya.

Download E-book Belajar Bahasa Inggris GRATIS Sekarang, Yuk!

Contoh Terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia Kedua

Paragraf bahasa inggris
Hasil terjemahan layanan translate
Eating small meals throughout the day can help regulate blood sugar levels and boost metabolism. These frequent, portion-controlled meals are a healthier approach to nutrition compared to large, infrequent ones. They provide sustained energy and prevent overeating, promoting overall well-being and weight management. Makan dalam porsi kecil sepanjang hari dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme. Makanan yang sering dan porsinya terkontrol ini merupakan pendekatan nutrisi yang lebih sehat dibandingkan dengan makanan dalam jumlah besar dan jarang. Mereka memberikan energi berkelanjutan dan mencegah makan berlebihan, meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan pengelolaan berat badan. 

Contoh di atas sedikit berbeda dari contoh pertama. Coba perhatikan kata yang kami bold. Pertama kata regulate disini diartikan menjadi mengatur yang jika diterjemahkan secara langsung, kata ini sudah tepat. Tetapi jika ke dalam bahasa Indonesia, penggunaan yang lebih tepat bisa menjadi kata mengendalikan.

Kata kedua disini adalah meals yang mana pada kalimat pertama, penggunaan meals sudah tepat diartikan sebagai makan. Sedangkan pada kalimat selanjutnya, ia diterjemahkan menjadi makanan yang mana kurang tepat jika melihat konteksnya. 

Terakhir ada kata well-being yang jika diterjemahkan secara langsung kata tersebut berartikan kesehahteraan. Namun karena konteksnya adalah medis, maka terjemahan yang tepat yaitu menjadi kesehatan fisik.

Tips translate Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia agar Akurat

Dari kedua contoh di atas, tentu kamu bisa menyadari bahwa menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia bisa menggunakan layanan translate yang ada. Tetapi dengan catatan harus dikoreksi kembali agar konteks terjemahan tersebut tidak berubah dari teks aslinya.

Yuk coba terapkan tips berikut ini:

  1. Terjemahkan teks paragraf per paragraf agar mesin bisa memahami lebih baik
  2. Jika kamu menerjemahkan langsung keseluruhan teks, pastikan untuk membaca kembali 
  3. Koreksi kata atau kalimat yang kurang tepat dengan memahami inti arti kata bahasa Inggris tersebut terlebih dahulu
  4. Gunakan tools yang bisa mengecek kesalahan ketik dalam teks kamu
  5. Coba gunakan beberapa layanan translate untuk melihat beberapa versi terjemahan


Selain membutuhkan layanan
translate bahasa Inggris, kamu juga butuh pelatihan dan pelajaran Bahasa Inggris melalui kursus agar pemahamanmu dan skill bahasa Inggrismu lebih meningkat. Kursus bahasa Inggris online di Cakap merupakan solusi yang tepat. Belajar bahasa Inggris di Cakap praktis dan fleksibel karena kamu bebas atur jadwal belajarmu. Yuk daftar Cakap sekarang juga!

Baca Juga: 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat