11 Cara Mudah & Ampuh Berbicara Bahasa Inggris dengan Lancar

cara-bicara-bahasa-inggris-dengan-lancar

Siapa di sini yang sudah jago reading dan writing bahasa Inggris, tapi kalau speaking masih suka “belepotan”? Jagoan sejati harusnya bisa melakukan yang terbaik di semua aspek tanpa kecuali, termasuk listening dan speaking yang saling berhubungan. Nah, kali ini Cakap akan berbagi bagaimana cara berbicara bahasa Inggris dengan lancar biar kamu makin percaya diri. Simak tipsnya dalam artikel berikut ini, ya! 

Table of Contents

Mulailah bicara bahasa Inggris! 

Cara cepat berbicara bahasa Inggris yang pertama dan utama adalah dengan berlatih menggunakannya. Semakin sering kamu bicara bahasa Inggris, kamu akan semakin nyaman dan natural ketika menuturkannya. Yuk, bisa, yuk! 

Cari cara untuk terus latihan

Belajar bahasa asing sendirian memang membuatmu lebih pasif. Kamu bisa banget mencari teman belajar atau bergabung di grup percakapan sehingga kamu punya teman untuk terus berlatih bicara bahasa Inggris. 

Perbanyak mendengarkan bahasa Inggris

Mendengarkan bahasa Inggris akan membantumu untuk terbiasa dengan pelafalan bahasa Inggris dan bagaimana penutur asli mengucapkannya. Kamu bisa mendengarkan lagu bahasa Inggris, menonton film dan TV show atau mendengarkan podcast

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Baca buku dan artikel berbahasa Inggris

Cara berbicara bahasa Inggris dengan lancar selanjutnya adalah dengan memperluas kosakata dan meningkatkan pemahamanmu terhadap grammar bahasa Inggris. Dengan membaca artikel atau buku berbahasa Inggris, kamu akan meningkatkan kemampuan tersebut. Lebih lanjut, kamu juga bisa bisa cek Exclusive E-Book: Langkah-Langkah Belajar Bahasa Asing dengan Cepat ini agar kamu bisa meningkatkan bahasa asingmu secara efektif. 

Jangan takut salah! 

Pernah nggak sih bicara bahasa Inggris tapi salah sampai ada yang mengoreksi pengucapanmu? Meskipun membuatmu sedikit malu, momen tersebut akan terus teringat dan membantumu untuk nggak membuat kesalahan yang sama, lho. So, jangan takut salah, ya! 

Tetapkan tujuan yang realistis 

Kamu nggak mungkin bisa fasih berbahasa Inggris dalam semalam. Butuh waktu dan usaha, tapi ada banyak cara berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Tetapkan tujuan yang kecil namun bisa tercapai dan nikmati proses untuk mencapainya. 

Gunakan aplikasi belajar bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris biasanya menyediakan berbagai materi belajar, latihan, dan bahkan fitur latihan speaking. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara berbicara bahasa Inggris dengan lancar. 

Belajar bahasa Inggris asik dengan Game 

Game bisa kamu jadikan alternatif untuk media pembelajaran bahasa Inggris. Belajar tidak melulu harus serius dan kaku. Melalui game-game online populer sekarang kamu bisa belajar bahasa Inggris karena aplikasi game menggunakan bahasa Inggris juga pemainnya berasal dari banyak negara.

Kamu bisa cek rekomendasi game untuk belajar bahasa Inggris di sini: 9 Permainan Bahasa Inggris yang Menarik untuk Anak

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Tenggelamkan dirimu dalam bahasa Inggris

Cara lancar bahasa Inggris yang another level adalah dengan “menenggelamkan” dirimu di lingkungan berbahasa Inggris. Bisa dengan jalan-jalan ke negara berbahasa Inggris, studi ke luar negeri, atau bekerja di perusahaan multinasional. Mau coba? 

Terapkan “Learning by Doing”

Tanamkan dalam pikiranmu bahwa setiap usahamu dalam berbicara bahasa Inggris adalah bagian dari proses belajar. Dengan keyakinan ini, kamu akan lebih berani dan percaya diri untuk mencoba meskipun masih belajar. 

Kamu ga akan bisa langsung ngomong cas cis cus lancar bahasa inggris sebelum kamu belajar kata demi kata, frasa demi frasa hingga kalimat yang sempurna. Intinya adalah tetap konsisten dengan apa yang kamu pelajari walapun sedikit demi sedikit. Kamu bisa memulai dengan kalimat-kalimat sederhana seperti kalimat pertanyaan. Contohnya kamu bisa lihat di artikel ini: 5 Frasa Bahasa Inggris Ada Apa yang Bisa Kamu Ucapkan.

Miliki tutor belajar

Dengan memiliki tutor belajar atau guru bahasa Inggris, kamu akan mendapatkan umpan balik yang personal terhadap perkembanganmu. Tutor akan memberitahu di bagian mana kekuranganmu dan menyarankan strategi agar kamu bisa lebih baik. Kamu juga tentunya dapat mendiskusikan kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris yang kamu hadapi. 

Ngomong-ngomong soal tutor belajar, kamu bisa belajar bahasa Inggris langsung bersama teacher asing dengan mengambil paket VIP di Cakap, lho. Hal ini bisa jadi penyempurna dari cara berbicara bahasa inggris dengan lancar yang sudah dijabarkan di atas. 

Bicara fasih bahasa Inggris tentunya menjadi tantangan tersendiri dan membutuhkan kerja keras untuk bisa mencapainya. Dengan mengikuti tips lancar bahasa Inggris di atas, semoga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ya! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga:

    •  

    Hilda
    Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

    Tips & Trik E-Book

    Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

    Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

        Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

        #SiapaCakapDiaDapat