Berita Bahasa Inggris: Pengertian, Struktur, dan Contoh

berita-bahasa-inggris

Baca berita dengan teks bahasa Indonesia pasti sudah menjadi makanan sehari-hari, tapi gimana ya kalau beritanya ditulis pakai bahasa Inggris? Apa kalian pernah baca berita bahasa Inggris sebelumnya? Satu hal yang pasti, setiap jenis teks dalam bahasa Inggris memiliki struktur yang berbeda. Struktur dan format teks berita bahasa Inggris jelas berbeda dengan teks deskriptif atau naratif. Buat kamu yang belum pernah baca teks berita bahasa Inggris, yuk cari tahu apa saja struktur dan bagaimana contoh berita dalam bahasa Inggris! 

Table of Contents

Berita dalam Bahasa Inggris

Berita dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan “news item”. Tulisan yang ada di dalamnya berisi keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat atau baru-baru ini terjadi. 

Untuk dapat disajikan sebagai news item, kejadian atau peristiwa yang akan diangkat haruslah peristiwa penting dan harus diketahui banyak orang. Beberapa kejadian yang harus diketahui dan dijadikan berita, seperti berita bencana alam, wabah penyakit, olimpiade, world cup, dan masih banyak lainnya.

Dalam news item, teks disusun secara runut, singkat, jelas, menarik, dan tentunya lengkap dengan unsur 5W+1H. 

Struktur dalam Berita Bahasa Inggris

Struktur merupakan bagian yang membedakan suatu teks dengan teks lainnya. Berikut ini beberapa struktur yang harus dimiliki dan ada dalam berita bahasa Inggris.

(1) Main Event (Inti/Pokok Kejadian)

Main event atau juga biasa disebut dengan newsworthy event merupakan struktur utama yang harus ada dalam berita bahasa Inggris. Main event berisi tentang ringkasan yang menjelaskan kejadian inti secara lengkap, jelas, dan mudah dipahami.

(2) Elaboration

Elaboration atau background event adalah latar belakang dari kejadian atau peristiwa yang nantinya akan dimuat dalam berita. Elaboration berisi hal-hal yang menjawab unsur 5W+1H.

(3) Source/Sumber

Yang terakhir ada source atau sumber. Sumber adalah orang-orang yang menyampaikan beberapa pendapatnya tentang sebuah peristiwa atau kejadi. Source atau sumber bisa berupa saksi kejadian, pendapat adli, dll. Hal yang perlu dipastikan ketika mencari sumber berita adalah keabsahan dan kevalidan sumber tersebut.

contoh-berita-bahasa-inggris
Photo from Freepik

Contoh Berita dalam Bahasa Inggris

Di bawah ini akan ditampilkan beberapa contoh teks berita dalam bahasa Inggris dan artinya. Kamu juga bisa mengamati bagaimana cara membuat kalimat pembuka dan penutup berita dalam bahasa Inggris. Yuk, langsung aja cek contohnya!

(1) Teks Berita Bahasa Inggris tentang Bencana Alam

                         Earthquake Shakes Cianjur and Surrounding Areas

Jakarta- An earthquake rocked the Cianjur region and its surroundings. An earthquake with a magnitude of 5.6 occurred on Monday 21/11/2022 at exactly 13:21 WIB with a depth of 11 Km. Through a press conference on Youtube BNPB, Cianjur Regent Herman Suherman said that as of 2/12/2022 there had been 373 aftershocks.

The earthquake with a magnitude of 5.6 claimed hundreds of lives and injured thousands of people. As a result of this incident, many residents lost their homes. The earthquake damaged nearly 30,000 houses. 6,745 of them suffered considerable damage.

The earthquake also damaged tens of thousands of buildings and displaced thousands of residents. It was recorded that at least 114,000 total refugees were scattered in various safe posts.

Until now, aid after aid has continued to flow for residents of Cianjur and its surroundings. Residents are also advised to remain vigilant when on the move.

Terjemahan

                   Gempa Bumi Guncang Wilayah Cianjur dan Sekitarnya

Jakarta- Gempa bumi mengguncang wilayah Cianjur dan sekitarnya. Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,6 tersebut terjadi pada hari Senin 21/11/2022 tepat pukul 13:21 WIB dengan kedalaman 11 km. Melalui sebuah konferensi pers di Youtube BNPB, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan bahwa sampai tanggal 2/12/2022 telah terjadi gempa susulan sebanyak 373 kali.

Gempa dengan magnitudo 5,6 tersebut merenggut ratusan korban jiwa dan ribuan orang mengalami luka-luka. Akibat dari kejadian ini juga, banyak warga yang kehilangan rumahnya. Gempa tersebut merusak hampir 30.000 rumah warga. 6.745 di antaranya mengalami kerusakan yang cukup parah.

Gempa juga berdampak pada puluhan ribu bangunan rusak dan ribuan warga mengungsi. Tercatat setidaknya 114.000 jiwa jumlah total pengungsi yang tersebar di berbagai posko aman.

Hingga saat ini, bantuan demi bantuan terus mengalir untuk warga Cianjur dan sekitarnya. Warga juga dihimbau untuk tetap berhati-hati dan berwaspada ketika beraktivitas.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

(2) Teks Berita Bahasa Inggris tentang Corona

                        The Emergence of Omicron Variant XBB in Indonesia

Jakarta- Omicron is a new variant of the Covid-19 virus. This variant first appeared in Indonesia on November 27 last year. Now, the Ministry of Health reports that up to 10/11/2022 there have been 48 cases of Omicron variant XBB recorded.

Some of the symptoms that appear in Omicron variant XBB patients are easy to feel tired even when waking up after a good night’s sleep. Another symptom to watch out for from this variant is a sore throat. At the next level, the symptoms that arise from Omicron variant XBB patients will result in obstacles to concentration and memory.

The Ministry of Health predicts that the peak of additional cases of Omicron variant XBB will occur within 1.5 months from November 2022. The Ministry of Health also adds that this variant has a faster spread with milder symptoms than before.

Terjemahan 

                               Munculnya Omicron Varian XBB di Indonesia

Jakarta- Omicron adalah salah satu varian baru dari virus Covid-19. Varian ini pertama kali muncul di Indonesia pada 27 November tahun lalu. Kini, Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa sampai 10/11/2022 telah tercatat 48 kasus Omicron varian XBB.

Beberapa gejala yang muncul pada pasien Omicron varian XBB adalah mudah merasa lelah bahkan saat bangun tidur setelah tidur lelap di malam hari. Gejala lain yang perlu diwaspadai dari varian ini adalah sakit tenggorokan. Pada tingkat selanjutnya, gejala-gejala yang muncul dari pasien Omicron varian XBB akan mengakibatkan hambatan pada konsentrasi dan daya ingat.

Kementerian Kesehatan memprediksi bahwa puncak penambahan kasus Omicron varian XBB akan terjadi dalam waktu 1,5 bulan dari bulan November 2022. Kemenkes juga menambahkan bahwa varian ini memiliki penyebaran yang lebih cepat dengan gejala yang lebih enteng daripada sebelumnya.

Nah, itu dia contoh berita bahasa Inggris lengkap dengan struktur-strukturnya. Buat kamu yang pengen lebih jago nulis berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris, yuk gabung di kelas bahasa Inggris online Cakap!

Referensi:
-brithiscourse.com
-bola.com
-indosport.com
-dephub.

  Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat