Contoh Undangan Pernikahan Bahasa Inggris yang Benar & Quotesnya

undangan-pernikahan-bahasa-inggris

Semakin hari, variasi undangan pernikahan semakin unik-unik dan disesuaikan dengan trend. Tak jarang bagi banyak orang bahkan memilih bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam isi undangan.  Selain terkesan elegan, undangan pernikahan bahasa Inggris juga sangat hemat kata dan bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki teman berkewarganegaraan asing.

Untuk kalian yang sedang sibuk mencari referensi undangan pernikahan bahasa Inggris, cari tahu dulu deh yuk struktur yang harus ada dalam undangan, quotes manisnya, dan contoh undangan dalam bahasa Inggris!

Table of Contents

Struktur dalam Undangan Pernikahan Bahasa Inggris

Dalam membuat undangan pernikahan atau undangan acara apa pun, alangkah baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu struktur atau bagian yang harus ada di dalamnya. Untuk undangan pernikahan berbahasa Inggris sendiri, memiliki setidaknya 7 bagian yang harus diperhatikan. Berikut penjelasannya!

(1) Tuan Rumah

Who’s the hosting atau siapa tuan rumah dari acara tersebut menjadi bagian yang harus ada dalam undangan. Secara tradisional biasanya undangan pernikahan selalu mencantumkan orang tua mempelai wanita sebagai tamu undangan. Namun, akhir-akhir ini banyak juga pasangan yang mencantumkan host line atas nama kedua orang tua mereka masing-masing.

(2) The Request to Attend

The request to attend atau request line berfungsi sebagai ucapan permintaan untuk mengundang orang agar menghadiri pernikahan. Bagian ini bisa disesuaikan dengan tamu undangan yang akan diundangan. Beberapa contohnya, seperti:

  • The honor of your presence
  • Would love for you to join them

(3) Nama Pasangan

Namanya juga undangan pernikahan, sudah pasti dong harus ada nama couplenya! The names of couple dalam undangan pernikahan bahasa Inggris bisa ditulis di bagian tengah atau bagian yang bisa mendapat pusat perhatian. Penulisan nama pasangan dalam undangan tentunya sangat dinamis dan sesuai keinginan pasangan. Kalian bisa menulis nama lengkap, nama depan dan nama belakang, nama yang diikuti gelar, dsb. Nah untuk nama siapa yang pertama akan ditulis (mempelai pria atau mempelai wanita), tentunya bergantung pada kesepakatan keduanya.

(4) Tanggal, Waktu, dan Lokasi Acara

Dalam undangan pernikahan, penulisan tanggal dalam bahasa Inggris jangan sampai dilupakan ya. Ini adalah salah satu bagian yang memegang kunci informasi penting bagi para tamu undangan. Waktu dan tanggal ditulis lengkap (tanpa angka).

Contoh penulisan tanggal dan waktu dalam undangan pernikahan bahasa Inggris adalah “Sunday, the fourteenth of August, two thousand twenty-two, at half after four in the afternoon.”

Sedangkan untuk lokasi pernikahan, tulislah lokasi pasti, seperti di rumah, hotel, atau di vila. Pastikan untuk menulis nama tempat pernikahan, kota atau negara bagian. Untuk nama tempat/lokasi sebisa mungkin jangan disingkat agar tamu undangan bisa dengan mudah menemukannya.

(5) Informasi Resepsi

Sertakan juga informasi resepsi dalam undangan pernikahan bahasa Inggris. Kalian bisa membuat informasi resepsi di kartu yang terpisah dengan kartu undangan. Namun, jika ingin digabung, kalian juga bisa menuliskan bahwa upacara pernikahan dan resepsi diadakan di tempat yang sama. Tinggal tambah saja kata-kata, seperti “Reception to follow”.

(6) Dress Code

Jika kalian ingin memiliki tema gaun dalam ucapan pernikahan, maka jangan lupa selipkan note dress code. Jadi nantinya tamu undangan juga akan menyesuaikan dengan dress code yang ditetapkan.

(7) Wedding Website

Dalam undangan pernikahan masa kini, biasanya dicantumkan juga wedding website yang berupa link URL. Wedding website adalah salah satu ide bagus yang bisa dimasukkan dalam undangan pernikahan bahasa Inggris.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Contoh Undangan Pernikahan dalam Bahasa Inggris

contoh-undangan-pernikahan-bahasa-inggris
Photo from Freepik

Di atas sudah dijelaskan tentang detail struktur dan bagian yang harus ada dalam undangan pernikahan bahasa Inggris. Sekarang saatnya melihat langsung bagaimana contoh undangan pernikahan dalam bahasa Inggris yang lengkap! Let’s check this out!

(1) Contoh Undangan Pernikahan dalam Bahasa Inggris Singkat (Anne and Patrick)

Save the Date!
with great pleasure
We, Anne Anderson and Patrick Shine
together with their parents
invite you to join them
at the celebrate  of their marriage
Saturday, the twenty-sixth of July Two thousand twenty-four
at six o’clock in the evening
Hilarious Hotel
Kuta, Bali
Reception to follow


(2) Contoh Undangan Pernikahan dalam Bahasa Inggris (Bianca and Biyan)

Mr. and Mrs. Gerald Alvonso
Mr. and Mrs. Bryn Garthich
invite you to share in their joy
at the marriage of their Children
Bianca and Biyan Garthich
Saturday, September 9th, 2022 at four thirty in the afternoon
Rose Garden
Paris, Prancis
Reception to follow
White dress invited


(3) Contoh Undangan Perniakahan dalam Bahasa Inggris dengan RSVP (Anthonie and Ghyna)

Together with their Parents
Sergio Anthonie and Ghyna Marcelio
Honor for your presence at their marriage
August 11, 2023 at 6 PM
Wedding Traditional Venue
Surabaya, East Java
Followed by reception and dinner
Please RSV : July 25th @Dianawedding1245.com

Referensi Quotes dalam Undangan Pernikahan Bahasa Inggris

Dalam wedding card, kalian juga bisa lho menyelipkan beberapa quotes menarik tentang kehidupan pernikahan. Berikut ini beberapa quotes undangan pernikahan bahasa inggris dan artinya bisa dijadikan referensi!

(1) “Any man who can drive safely while kissing a pretty girl is simply not giving the kiss the attention it deserves.” –Albert Einstein
(“Pria mana pun yang bisa mengemudi dengan aman sambil mencium seorang gadis cantik sama sekali tidak memberikan ciuman itu perhatian yang layak.”) –Albert Einstein

(2) “Love is composed of a single soul inhabiting two bodies.” –Aristotle
(“Cinta terdiri dari satu jiwa yang mendiami dua tubuh.”) –Aristoteles

(3) “But, in spite of these deficiencies, the wishes, the hopes, the confidence, the predictions of the small band of true friends who witnessed the ceremony, were fully answered in the perfect happiness of the union.” –Jane Austen
(“Tetapi, terlepas dari kekurangan ini, keinginan, harapan, kepercayaan diri, prediksi dari sekelompok kecil teman sejati yang menyaksikan upacara tersebut, sepenuhnya terjawab dalam kebahagiaan persatuan yang sempurna.”) –Jane Austen

(4) “Life without love is like a tree without blossoms or fruit.” –Khalil Gibran
(“Hidup tanpa cinta seperti pohon tanpa bunga atau buah.”) –Khalil Gibran

(5) “Life is the flower for which love is the honey.” –Victor Hugo
(“Hidup adalah bunga, yang cinta adalah madu.”) –Victor Hugo

(6)  And I choose you in a hundred lifetimes, in a hundred worlds, in any version of reality, I’d find you and I’d choose you in every universe.
(Dan saya memilihmu dalam seratus masa hidup, dalam seratus dunia, dalam versi realitas apa pun, saya akan menemukanmu dan saya akan memilihmu di setiap universe.) 

(7). Love is a journey that never ends. Marriage is a way to make love more lasting.
(Cinta adalah perjalanan yang tak pernah ada ujungnya. Pernikahan adalah sebuah jalan menjadikan cinta lebih kekal.)

Itulah contoh undangan pernikahan bahasa Inggris beserta artinya. Ada juga quotes-quotes pernikahan yang bisa jadi referensi di kartu undangan nanti.

Biar bahasa Inggrismu makin lancar dan bisa bikin kartu undangan versi pribadi, yuk ikutan kelas bahasa Inggris online di Cakap! Dengan metode belajar dua arah, belajar pasti akan lebih seru dan menyenangkan.

Referensi:
-bride.com
-minted.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat