Belajar Speaking Bahasa Inggris Agar Lancar dengan Speech Shadowing

Tips Lancar Speaking Bahasa Inggris dengan Speech Shadowing

Sudah coba belajar speaking Bahasa Inggris tapi hasilnya tidak berkembang sesuai harapan? Belajar berbicara dalam Bahasa Inggris dengan lancar memang tidak mudah. Oleh karena itu, mungkin kamu perlu belajar mengasah kemampuan ini dengan menerapkan speech shadowing. Karena kemampuan speaking adalah bagian dari General English yang penting untuk dikuasai,

Ingin tahu lebih lanjut tentang metode ini? Yuk, cari tahu di artikel kali ini!

Apa itu Speech Shadowing?

Mengutip dari laman Leonardo English, Alexander Arguelles adalah seorang hyperglot yang mempopulerkan teknik pembelajaran bahasa shadowing. Teknik ini mengharuskan kamu untuk mengucapkan kembali atau meniru kata-kata dari audio dengan jeda sesingkat mungkin setelah mendengarnya.

Dengan pola ini, kamu bertindak seolah-olah gema atau bayangan (shadow) dari suara asli yang kamu dengarkan. 

Perlu kamu ingat bahwa yang kamu lakukan adalah mengucapkan kembali kata-kata yang terdengar selagi kamu mendengarkan audio latihan yang kamu pilih. Bukan sebaliknya, yaitu mendengarkan audio, menghentikannya sebentar, kemudian mengucapkannya kembali. 

Berbagai sumber menyebutkan bahwa pola belajar ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan yang berpengaruh pula pada kemahiran berbicara. 

Benarkah Shadowing Technique Efektif untuk Belajar Speaking Bahasa Inggris? 

Oxford House BCN menyinggung pentingnya melatih kemampuan bahasa dengan mempraktekkannya secara berkelanjutan. Tidak heran, jika metode ini menjadi cara belajar bahasa yang efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara Bahasa Inggris karena bisa melakukan teknik ini di mana dan kapan saja sesuai kebutuhan kamu. 

Selain itu, aktivitas ini membantu melatih artikulator kamu, yaitu gigi, lidah, bibir untuk mencocokkan intonasi, ritme, pengucapan kata dan pelafalan secara keseluruhan dari kata-kata maupun frasa yang kamu dengarkan. 

Penerapan teknik ini menstimulasi beberapa perkembangan yang kamu butuhkan untuk melatih keterampilan bahasa secara keseluruhan. Nah, berikut ini adalah beberapa aspeknya. 

  • Mengasah keterampilan metakognitif dalam berbahasa (merencanakan, memantau, mengevaluasi),
  • Meningkatkan daya paham dari mendengarkan, 
  • Menambah kemampuan untuk mempelajari, mengelola, dan mengolah bahasa,
  • Mengembangkan keterampilan dalam mempelajari perbendaharaan kata.

4 Manfaat Utama Speech Shadowing

Latihan kefasihan dengan teknik ini juga memberi dampak positif, yaitu sebagai berikut. 

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dalam proses shadowing, kamu perlu belajar secara mandiri mulai dari memilih audio hingga melakukan repetisi per hari. Tidak cuma itu, ketika kamu mendengarkan dan mengucapkan kembali kata-kata yang kamu dengar, secara tidak langsung kamu akan lebih memperhatikan dan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. 

Setelah itu, kamu juga akan mengoreksi kekurangan dari setiap sesi belajar hingga menjadi mahir. Nah, ketika kamu sudah mahir, secara umum, tingkat percaya diri akan naik. 

2. Memperkaya Perbendaharaan Kata

Makin sering kamu mendengarkan percakapan dalam Bahasa Inggris, kamu akan makin familier dan mengerti Bahasa Inggris. Teknik ini juga membantu kamu lebih mudah meninjau, menyerap dan mengingat kata-kata baru. Hasilnya, perbendaharaan kata-kata kamu juga akan makin kaya. 

3. Melancarkan Kefasihan

Seperti yang telah disinggung di atas, aspek kefasihan melatih akurasi kemampuan fisik dari artikulator yang berkaitan dengan pelafalan, prosodi (irama) dan ritme. Aspek-aspek tersebut sangat berpengaruh pada kelancaran dan kefasihan kamu dalam berbahasa. 

Ketika kamu mendengarkan percakapan dari native speaker, kamu akan memperhatikan dan memahami kata apa yang membutuhkan penekanan dan tidak, berusaha menghasilkan bunyi yang sama, dan menirukan intonasi serta irama. 

4. Meningkatkan Pemahaman Struktur Kalimat

Ketika kamu mendengarkan sesuatu, otak akan memproses informasi dengan pola yang selaras. Tanpa sadar, aktivitas ini membantu kita menangkap dan memahami konsep bahasa. 

Dari pemahaman tersebut, kamu juga akan terbiasa menyusun kalimat dengan pola yang serupa. Otomatis, kefasihan dalam berbahasa Inggris secara keseluruhan akan turut terbentuk. 

Teknik dan Tips Melakukan Speech Shadowing dengan Baik

Langkah untuk belajar speaking Bahasa Inggris dengan menggunakan teknik shadowing sebenarnya cukup mudah. Nah, di bawah ini adalah panduan beserta tips menerapkan teknik ini dari Alexander Arguelles untuk hasil yang optimal. 

5 Teknik Dasar Teknik Shadowing

Adapun teknik dasar yang bisa kamu praktikkan antara lain:

1. Pilih Audio Sesuai Kebutuhan

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis audio, baik itu audiobook, podcast, video dari YouTube, maupun radio show. Akan sangat baik jika percakapan audio tersebut dilakukan oleh English native speaker

2. Dengarkan Isi Audio Terlebih Dahulu

Shadowing akan lebih efektif jika kamu paham konteks percakapan dari audio yang kamu pilih. Oleh karenanya, dengarkan terlebih dahulu keseluruhan isinya dan periksa apakah kamu paham kosa kata kunci yang ada di dalamnya. 

3. Gunakan Transkrip Audio untuk Mengulangi Kata-kata yang Didengar

Jika kamu berada di level beginner hingga lower-intermediate, kamu sangat boleh menggunakan transkrip audio untuk melakukan teknik shadowing selagi mendengarkan audionya di saat yang sama. Pasalnya, taktik ini memudahkan proses adaptasi pada latihan kamu.

4. Praktikan Shadowing dengan Merekamnya

Mulai mengucapkan ulang kata-kata yang kamu dengar dengan pelafalan yang seakurat mungkin dan kecepatan yang serupa dengan audio. Kamu bisa memulai dengan durasi 20 sampai 30 detik. Jika kesulitan, ulangi kembali audio dan proses shadowing dari awal.

Kamu perlu merekam proses ketika kamu mengucapkan kembali kata-kata yang aku dengar untuk bisa melakukan koreksi pada pelafalan, intonasi, dan juga iramanya. 

5. Lakukan Shadowing tanpa Transcript

Ketika kamu sudah lebih terbiasa dan terlatih, selanjutnya coba lakukan shadowing tanpa transkrip. Fokuslah untuk mendengarkan dan menirukan, sehingga menghasilkan bunyi atau suara yang seakurat dan semirip mungkin dengan versi aslinya, bukan pada arti katanya. 

7 Tips Lebih Dalam untuk Belajar Speaking dengan Shadowing Technique

Supaya proses belajar bahasa kamu dengan teknik shadowing makin optimal, coba terapkan beberapa tips teknis berikut ini.

  • Lakukan latihan sambil berjalan kaki. Alasannya, ketika berjalan, oksigen mengalir ke otak dengan lebih baik. Sehingga, fungsi otak kamu juga lebih baik, terutama dalam hal fokus.
  • Pertahankan postur tubuh yang baik.
  • Ulangi apa yang kamu dengar dengan suara lantang dan artikulasi yang jelas.
  • Kerjakan latihan dengan giat. Pastikan lingkunganmu tidak mengganggu konsentrasi.
  • Gunakan durasi belajar yang singkat. 10 – 15 menit per sesi adalah durasi yang cukup, mengingat aktivitas ini cukup intens dalam penggunaan fungsi otak. 
  • Lakukan repetisi atau pengulangan beberapa kali. Dalam proses belajar bahasa, melakukan pengulangan audio beberapa kali memudahkan kamu untuk mengerti konteks serta mengasah pelafalan atau pengucapan.
  • Luangkan waktu untuk evaluasi pada intonasi, ritme, dan pelafalan. Kamu juga bisa mengevaluasi audio yang kamu dengarkan, apakah topiknya menarik dan memberi manfaat untuk kamu. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Butuh Bantuan untuk Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Kamu?

Nah, jika kamu sudah mencoba menerapkan speech shadowing tapi masih butuh bantuan untuk memahami grammar, dan menambah kemampuan Bahasa Inggris kamu secara keseluruhan, kamu bisa belajar Bahasa Inggris bersama CAKAP

Kamu bisa memilih program belajar Bahasa Inggris dasar, persiapan untuk tes, hingga kecakapan untuk berbisnis. Tidak hanya itu, setiap program dirancang untuk memberi kenyamanan. 

Alhasil, kamu bisa mendapat bimbingan dari guru terbaik dan memilih waktu yang tepat untuk belajar. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buruan daftar dan rasakan manfaatnya untuk perkembangan diri kamu!

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat