General English dalam Bahasa Inggris dan Materi Dasar di Dalamnya

general-english

Di berbagai tempat les atau kursus bahasa Inggris, materi General English menjadi salah satu materi yang selalu ada dan ditawarkan untuk dipelajari. Karena termasuk dalam salah satu inti atau dasar dari program pembelajaran bahasa Inggris, maka General English ini benar-benar disiapkan materi per materi dari berbagai macam level, baik yang beginner, intermediate, maupun advanced.

Lalu, apa sih pengertian General English? Materi-materi apa saja yang diajarkan dalam program belajarnya? Temukan jawaban selengkapnya di sini!

Table of Contents

Pengertian General English

General English adalah salah satu program belajar bahasa Inggris untuk kategori umum (general). Dalam praktek atau proses pembelajarannya, General English lebih banyak mengajarkan speaking dan listening (kemampuan berbicara dan mendengar), dibanding teori. Namun begitu, General English juga berfokus untuk mengajarkan reading dan writing skill di samping grammar dan vocabulary.

Program ini memiliki tiga level, yaitu level beginner (untuk para pemula), intermediate, dan advanced (mahir/fasih). Biasanya masing-masing level bisa selesai paling singkat selama satu bulan atau selama 20 kali pertemuan. Penunjang yang digunakan dalam proses mengajar program ini cukup menyenangkan dan fun, biasanya materi disampaikan melalui video visual, bahkan kadang ada juga lho section program watching movie berbahasa Inggris.

Untuk kamu yang ingin menambah kecakapan dan kefasihan berbahasa Inggris, program General English ini sangat cocok untuk diambil!

Materi General English

Karena program General English ini terbagi menjadi tiga level, maka untuk materi yang diajarkan juga berbeda di setiap levelnya. Berikut materi General English berdasarkan levelnya.

Materi General English Level Beginner

Level beginner ini ditujukan untuk para pemula yang baru akan belajar bahasa Inggris basic atau dasar. Di level ini, materi General English yang diajarkan biasanya berupa percakapan/penggunaan bahasa Inggris sehari-hari, menambah tabungan kosakata, dan meningkatkan kemampuan speaking-listening dengan perbanyak sesi latihan. Berikut uraian lengkap seputar materi yang diajarkan di level beginner:

  • Listening: Berbagai materials dalam sesi listining mencakpun listening and imitate, mendengarkan pelafalan, dan percakapan sehari-hari.
  • Reading: Pada materi ini, siswa diajak untuk mengidentifikasi part of speech, frasa, tenses, atau bahkan menerjemahkan.
  • Speaking: Ada banyak materi speaking yang diajarkan, seperti salam dan menjawab salam, perkenalan diri, melakukan percakapan, dll.
  • Grammar: Di level beginner, siswa diberikan materi grammar lengkap bahkan diberikan materi gerund dan to infinitive.


Materi General English Level Intermediate

Setelah menyelesaikan level basic, naiklah satu tingkat pada level intermediate atau level lanjutan/menengah. Jika di level beginner lebih banyak mengajarkan percakapan sehari-hari, maka di level ini siswa diajak untuk terbiasa menggunakan percakapan ragam formal, serta menekankan pembelajaran grammar yang ketat dan komunikasi yang efektif. Berikut kurang lebih rincian materi yang diajarkan dalam level intermediate:

  • Listening: Materi yang diajarkan mencakup listen to the direction dan dialogue dalam berbagai macam topik, bahkan mulai diajarkan listening TOEFL dan IELTS section awal.
  • Reading: Memperdalam materi part of speech, menerjemahkan, dan answering question.
  • Speaking: Belajar speaking tentang mendeskripsikan berbagai macam hal, melatih pelafalan, atau bahkan membacakan news anchor.
  • Grammar: Di level ini, materi grammar yang diajarkan lebih fokus pada clause, sentence, active & passive voice.

Materi General English Level Advanced

Di level mahir, para siswa diajarkan untuk menggunakan bahasa akademik, belajar master grammar, hingga pada tingkat mempelajari business speech and writing. Berikut materi-materi yang biasanya diajarkan dalam General English level advanced:

  • Writing: Section writing mengarahkan siswa untuk belajar menulis dengan ragam formal/informal, membuat kalusa, kalimat, linking words, bahkan essay.
  • Speaking: Pada level advanced, siswa dilatih untuk memberikan opini, mengevaluasi dua opini yang berbeda, fokus pada grup diskusi, dan belajar public speaking.
  • Grammar: Selain belajar klausa dan tenses, siswa juga akan belajar inversion dan comparison.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Perbedaan ESP dan General English

ESP adalah singkatan dari English for Specific Purposes. ESP merupakan pengajaran bahasa Inggris untuk sebuah tujuan tertentu. Perbedaan ESP dan General English terletak pada tujuannya. 

Jika General English bertujuan untuk mengajarkan materi bahasa Inggris umum, seperti percakapan sehari-hari dan materi lainnya, maka ESP bertujuan agar para siswa dapat menguasai bahasa Inggris pada bidang ilmu atau profesi tertentu. Misalnya, kamu adalah seorang yang bekerja di bidang pemrograman, lalu kamu ingin menguasai bahasa Inggris dalam dunia pemrograman, maka kamu bisa mengambil program ESP untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggrismu.


Perbedaan Legal English dan General English

Apa sih perbedaan antara Legal English dengan General English. Melalui nejelasan di atas, kita sudah mengetahui pengertian General English. Untuk dapat menemukan perbedaanya, tentu harus mengetahui pengertian dari Legal English itu sendiri.

Seperti namanya, Legal English berarti bahasa Inggris yang digunakan khusus dalam ranah hukum. Legal English sangatlah penting karena tentunya sangat dibutuhkan keterampilan dalam menerjemahkan dokumen-dokumen hukum.

Nah, Sobat Cakap, itu dia penjelasan seputar General English dan mater-materi yang hadir dalam setiap programnya. Buat kamu yang masih penasaran dengan materi yang satu ini, langsung aja yuk daftar kursus bahasa Inggris online Cakap! Di sana ada program General English for kids and adults yang bisa kalian pilih sesuai usia yang tepat! Daripada penasaran, cek kelasnya sekarang!

Referensi:
-text.co.id
-englishspecialist.club
-englishquantum.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat