Contoh Noun Clause Lengkap Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cirinya

noun-clause

Berbicara tentang nouns, ada banyak sekali materi yang bisa digali di dalamnya. Setelah sebelumnya telah membahas mengenai nouns dan noun phrase, sekarang saatnya lebih mengenal apa itu noun clause lengkap dengan rumus, jenis, dan contohnya. Check this out!

Table of Contents

Noun Clause

Noun clause adalah bagian dari part of speech. Noun clause sendiri merupakan dependent clause yang digunakan untuk menggantikan noun atau kata benda. Dalam sebuah kalimat, noun clause bisa menduduki  posisi sebagai subjek, object, atau pelengkap. 

Tidak seperti noun phrase yang hanya mengandung kata benda (tidak ada kata kerja dalam noun phrase), noun clause mengandung subjek dan kata kerja. Noun clause berfungsi untuk menambahkan detail pada sebuah kalimat. Oleh karena itu, noun clause tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat utuh.

Selain memiliki ciri tidak dapat berdiri sendiri dalam kalimat, noun clause juga memiliki ciri khusus, yaitu diawali dengan noun clause marker berupa question words, if/whether/, atau that.

Fungsi Noun Clause dalam Kalimat

Seperti dikatakan di atas, bahwa noun clause dalam kalimat dapat menduduki fungsi sebagai subjek, objek, adjective complement. Nah, untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan dan contoh berikut!

Subject

Noun clause dapat berfungsi sebagai subject of verb dan subject of complement dalam kalimat.

Contoh:

  • What she cooks is so delicious. (Apa yang dia masak sangat enak). (subject of verb)
  • The fact is that he is cool and sweet. (Faktanya adalah dia keren dan manis). (subject of complement)

     

 

Object

Selain berfungsi sebagai subjek dalam kalimat, noun clause juga berfungsi sebagai object of verb dan object of preposition.

Contoh:

  • You must know how people think of you. (Kamu harus tahu bagaimana orang berpikir tentang kamu).
  • I come from where many people there live in luxury. (Saya datang dari tempat di mana banyak orang hidup dalam kemewahan).

     

 

Adjective Complement

Fungsi noun clause yang terakhir adalah sebagai adjective complement (memberikan pelengkap dan informasi lebih jauh tentang independent clause-nya).

Contoh

  • My mom worried that my sister couldn’t be happy again. (Ibuku khawatir adikku tidak bisa bahagia lagi).

Sudah Tahu Level Bahasa Inggris Kamu? Ambil Testnya di Cakap, Yuk!

Jenis Noun Clause berdasarkan Kalimatnya

Noun clause memiliki empat jenis, yaitu question, statement, request, dan exclamation. Berikut penjelasan selengkapnya.

Question

Jenis noun clause yang pertama adalah question. Di mana dalam jenis ini, noun clause dibentuk dari kalimat pertanyaan, baik yes/no question maupun WH question. Yes/no question menggunakan konjungsi if/whether, sedangkan WH question merupakan kata tanya yang meliputi, what, who, when, why, how, where, dan whom.

Contoh:

  • I wonder if she like cooking.
  • What she wears fits perfectly.

     

 

Statement

Dalam noun clause jenis ini, konjungsi yang digunakan adalah “that” atau “fact that”. Konjungsi that bisa dihilangkan apabila noun clause tidak menempati subjek di dalam kalimat.

Contoh:

  • I said (that) I would visit him.
  • That tomorrow he will leave is not right.

     

 

Request

Request atau subjunctive merupakan jenis noun clause yang berbentuk perintah. Biasanya ditandai oleh kata kerja perintah yang diikuti konjungsi that.

Contoh:

  • Take the book!
  • Mom suggested that I take the book.

     

 

Exclamation

Noun clause juga dapat digunakan dalam kalimat seruan atau exclamation. Untuk dapat menggunakan noun clause sebagai exclamation, kamu bisa menggunakan konjungsi how dan what.

Contoh:

  • What a beautiful girl she is!
 

Itu dia penjelasan lengkap tentang pengertian noun clause, fungsi, jenis, dan contoh kalimatnya. Penjelasan di atas akan membantumu mengenali noun clause dalam sebuah kalimat. Tidak hanya itu, sekarang kamu bisa membuat noun clause versimu sendiri!

Bagi kamu yang merasa kurang cukup belajar bahasa Inggris secara otodidak tanpa adanya pendamping atau tutor, tenang! Ada Cakap! Platform belajar bahasa Inggris yang terpercaya dan bersertifikat. Di Cakap, kamu bisa pilih teacher-mu sendiri, kamu juga bisa lho atur jadwal belajar yang paling pas dengan waktu luangmu! Tunggu apa lagi, daftar Cakap sekarang!

Referensi:
-grammar.yourdictionary.com
-albert.io

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat