Harus Tahu! 3 Materi Utama Grammar Bahasa Inggris

grammar
Grammar Bahasa Inggris Itu Apa Saja? Yuk, Cari Tahu!

Saat mempelajari bahasa, kamu pastinya akan mendapat materi tentang tata bahasa. Di dalam bahasa Inggris, tata bahasa disebut dengan grammar. Pernahkah kamu mendengar istilah tenses, verb, dan part of speech? Istilah-istilah tersebut merupakan salah satu contoh materi grammar dalam bahasa Inggris.

Grammar adalah kumpulan aturan-aturan yang mengatur susunan kalimat. Fungsi grammar sendiri adalah untuk membuat kalimat lebih tepat, rapi, dan terstruktur sehingga orang akan lebih mudah mengerti apa yang dimaksud. Ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui saat mempelajari grammar, lho. Cari tahu selengkapnya, yuk!

1. Part of Speech

part of speech
Photo by ThisIsEngineering from Pexels

Setiap kalimat tentunya terangkai dari berbagai jenis kata. Jenis-jenis kata inilah yang disebut part of speech dalam bahasa Inggris. Dari 8 jenis part of speech, ada 3 yang perlu kamu perhatikan, yaitu kata benda (noun), kata kerja (verb), dan kata sifat (adjective).

  • Kata Benda (Noun): digunakan untuk menjelaskan nama orang, benda, atau objek. Sebagai contoh, dalam kalimat “Nia reads a book at the library”, kata Nia dan book merupakan kata benda (noun).
  • Kata Kerja (Verb): digunakan untuk menyatakan tindakan dan menjelaskan hal yang kita lakukan. Sebagai contoh, dalam kalimat “I walk into an empty room”, kata walk merupakan kata kerja (verb).
  • Kata Sifat (Adjective): digunakan untuk menerangkan dan memberi informasi tambahan terhadap kata benda (noun). Sebagai contoh, dalam kalimat “He gave me a red rose yesterday”, kata red merupakan kata sifat (adjective) yang menerangkan kata benda rose.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

2. Verb Forms

verb forms
Photo by Pisit Heng from Unsplash

Materi selanjutnya dalam grammar adalah verb forms atau bentuk kata kerja yang terdiri dari base form, past form, dan past participle. Sebagai contoh, kata kerja sing (base form)  memiliki dua bentuk yang lain yaitu sang (past form) dan sung (past participle). Bagaimana penggunaannya? 

  • Base Form: kata kerja pertama yang juga disebut kata kerja dasar atau infinitif. Sebagai contoh, eat, write, drive, watch, swim merupakan kata kerja dasar. Kata kerja dasar ini juga biasanya mengikuti kata “to”. 
  • Past Form: kata kerja bentuk kedua yang biasanya digunakan untuk menjelaskan peristiwa di masa lampau. Sebagai contoh, ate, wrote, drove, watched, dan swam merupakan kata kerja bentuk kedua.
  • Past Participle: kata kerja bentuk ketiga yang digunakan untuk tense yang lebih kompleks. Sebagai contoh, eaten, written, driven, watched, dan swum merupakan kata kerja bentuk ketiga.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

3. To Be

grammar to be

Photo by freepik from freepik

Di dalam bahasa Inggris, to be merupakan kata kerja yang digunakan untuk menerangkan keadaan. Keadaan yang dimaksud adalah keadaan suatu objek atau orang, atribut dari benda atau orang tersebut, dan hal yang sedang dilakukan. To be terdiri dari 3 bentuk yaitu is, am, dan are.

Namun perlu kamu ingat, kata kerja to be tidak bisa digabungkan dengan kata kerja dasar lain. Sebagai contoh, kamu tidak bisa menggabungkan to beis” dengan base form “swim” menjadi she is swim. Kata kerja to be hanya dapat diikuti dengan kata sifat (adjective), kata benda (noun), atau kata kerja (verb) berakhiran -ing.

Contohnya:

  • I am tired of this pandemic. (Aku lelah dengan pandemi ini.)
  • She is a scientist. (Dia adalah seorang ilmuwan.)
  • We are swimming at the new pool. (Kami berenang di kolam baru.)

source: giphy.com

Grammar adalah salah satu bagian penting dari pembelajaran bahasa Inggris yang penting untuk kamu gali lebih dalam! Kalau kamu ingin mempelajari grammar lebih lanjut, kamu bisa gabung di kelas bahasa Inggris Cakap. Kamu akan belajar bersama para tutor profesional yang akan membuat pengalaman belajarmu menyenangkan! Yuk, daftar!

Baca juga: