Apa itu Grammar? Yuk Pahami Fungsi & Contoh Materinya!

grammar
Grammar Bahasa Inggris Itu Apa Saja? Yuk, Cari Tahu!

Grammar adalah salah satu ketakutan besar orang-orang ketika belajar Bahasa Inggris. Kamukah salah satunya? Apalagi banyaknya grammar-nazi di sosial media dan di sekitar kita yang siap komentar soal grammar kita. 

Tapi kamu tidak perlu takut! Di sini kita akan belajar tentang apa itu grammar dan penerapannya. Simak terus sampai akhir, ya!

Pengertian Grammar

Grammar berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “craft of letters“. Grammar kemudian berkembang menjadi sistematis dan deskripsi bahasa dibandingkan dengan penggunaan. Lalu, mengalami pengembangan lagi menjadi seperangkat aturan dan contoh.

Khususnya yang berhubungan dengan sintaksis dan struktur kata atau morfologi suatu bahasa.

Pada tingkat yang lebih tinggi, pengertian grammar adalah sistem aturan yang memungkinkan kita menyusun kalimat. Ini mencakup beberapa aspek bahasa Inggris, seperti:

  • Bagian ucapan (kata kerja, kata sifat, kata benda, kata keterangan, kata depan, kata sambung, pengubah, dan lainnya).
  •  Klausa (misalnya independen, dependen, majemuk).
  • Tanda baca (seperti koma, titik koma, dan titik, bila diterapkan pada penggunaan).
  • Mekanisme bahasa (seperti urutan kata, semantik, dan struktur kalimat).

Fungsi Grammar

Kamu pasti pernah merasa tidak paham dengan ucapan seseorang karena susunan kalimatnya yang berantakan. Pastinya, komunikasi kamu dengan lawan bicara jadi tidak lancar atau bahkan terjadi miskomunikasi. Hal inilah yang terjadi jika kamu tidak menggunakan grammar.

Grammar berfungsi untuk membantu kamu dalam menyusun kalimat dengan jelas dan rapi. Lawan bicara pun jadi lebih mudah memahami maksud atau pesan yang ingin kamu sampaikan.

Tujuan Grammar

Dari sisi komunikasi, tujuan grammar adalah memudahkan kamu dan lawan bicara untuk berkomunikasi. Susunan kalimat yang telah diatur oleh grammar memudahkan lawan bicara untuk paham apa yang kamu sampaikan serta menyamakan persepsi kamu dan lawan bicara terhadap suatu pesan.

Sementara dari sisi orang yang sedang belajar bahasa, grammar membantu memberi struktur untuk dikenali saat mereka belajar memahami, berbicara, dan menulis bahasa baru.

Tanpa pemahaman grammar atau tata bahasa yang baik, sulit untuk mendapatkan kefasihan dan pemahaman yang tepat tentang suatu bahasa. Karena struktur ini adalah kunci dalam menjelaskan mengapa aturan tertentu dari suatu bahasa ada.

Pentingnya Grammar

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu mungkin jadi sedikit tahu tentang apa itu grammar dan apa pentingnya untuk kita. Pengetahuan grammar yang baik memungkinkan kamu sebagai penulis untuk memahami apa yang membuat sebuah tulisan berhasil, sehingga akan menarik minat dan pemahaman pembaca.

Grammar membantu kamu untuk mengetahui bagaimana menyusun kata menjadi kalimat yang koheren, dan bagaimana membentuk kalimat tersebut menjadi paragraf yang berhasil menyampaikan makna.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Part of Speech

Part of speech menunjukkan sebuah kata berfungsi dalam arti dan juga tata bahasa dalam kalimat. Satu kata dapat berfungsi sebagai lebih dari satu bagian ucapan, bila digunakan dalam situasi yang berbeda.

Memahami part of speech sangat penting untuk menentukan definisi kata yang benar saat menggunakan kamus. Ada delapan bagian part of speech dalam bahasa Inggris, yakni kata benda (noun), kata ganti, kata kerja (verb), kata sifat (adjective), kata keterangan, preposisi, konjungsi, dan interjeksi.

1. Noun (Kata Benda)

Noun atau kata benda dalam grammar adalah kata untuk seseorang, tempat, benda, atau ide. Kata benda sering digunakan dengan kata sandang (the, a, an). Tetapi kata sandang ini tidak selalu digunakan.

Contoh:

The old man brings a rose in his pocket.  

2. Pronoun (Kata Ganti Orang)

Pronoun atau kata ganti orang/benda adalah kata yang digunakan sebagai pengganti kata benda/orang. Kata ganti orang ini biasanya diganti dengan suatu kata benda tertentu, yang umum disebut antesedennya. Contoh pronoun, they, she, he, it.

Contoh:

She has many glasses of wine in her kitchen.

3. To Be (Kata sambung noun/pronoun)

To be adalah kata sambung yang digunakan untuk menghubungkan pronoun dengan verb (kata kerja) atau adjektiva (kata sifat). Contoh to be, yaitu are, am, is.

Contoh:

She is pretty.

Part of speech yang digabungkan dan disusun berdasarkan grammar akan menghasilkan sebuah kalimat. Ada tiga jenis kalimat, yaitu sebagai berikut:

  • Positive Sentence

Positive sentence juga dikenal sebagai kalimat afirmatif, jenis kalimat yang membuat pernyataan tentang sesuatu yang sebenarnya.

Contoh:

The paintings are great.

  • Negative Sentence

Negative sentence atau kalimat negatif adalah kalimat yang berkebalikan dari kalimat positif. Biasanya kalimat ini disisipkan kata ‘not’ di dalamnya.

Contoh:

The paintings are not great.

  • Question Sentence

Question sentence adalah kalimat yang mempertanyakan sesuatu, apakah sesuai dengan faktanya? Biasanya kalimat ini diawali dengan ‘to be’.

Contoh:

Are the paintings great?

4. Verb (Kata Kerja)

Kata kerja dalam sebuah kalimat mengungkapkan tindakan atau keberadaan. Terdapat kata kerja utama dan kadang-kadang ada satu atau lebih jenis kata kerja bantu. Selain itu, kata kerja harus sesuai dengan subjeknya dalam jumlah (keduanya tunggal atau keduanya jamak).

Ada tiga jenis kata kerja dalam Bahasa Inggris, yaitu base form, past form, dan past principle.

  • Base Form

Kata kerja jenis ini merupakan kata kerja bentuk pertama atau kata kerja dasar. Ia lekat dengan bentuk present tense. Contoh:

She go to work.

  • Past Form

Past form adalah jenis verb yang menggunakan bentuk kedua atau lampau. Lekat dengan past tense. Contoh:

She went to work yesterday.

  • Past Principle

Past principle adalah kata kerja menggunakan bentuk ketiga. Verb ini dekat dengan bentuk perfect tense. Contoh:

She has gone to work.

5. Adjective (Kata Sifat)

Adjective adalah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan atau memodifikasi dari noun atau pronoun. Contoh:

The pretty girl brings me a flower.

Belajar Bahasa Inggris Jadi Lebih Asyik dengan Cakap

6. Phrase

Phrase atau frasa dapat diartikan sebagai kelompok kata yang menjadi bagian dari suatu kalimat namun ia tidak terdiri dari subjek dan predikat. Frasa bisa berbentuk frasa kata benda, frasa kata sifat, frasa kata kerja, frasa kata keterangan, dan preposisi. Penjelasan lima jenis frasa bisa dilihat sebagai berikut. 

1. Frasa Kata Benda (Noun Phrase)

Noun phrase terdiri dari sebuah kata benda sebagai kata inti yang dikombinasikan dengan kata lainnya sehingga membentuk frasa yang mewakili sebuah benda. Misalnya, beautiful baby, smart house, dan masih banyak lagi lainnya. 

2. Frasa Kata Sifat (Adjective Phrase) 

Dalam frasa kata sifat atau adjective phrase, kata sifat menjadi kata inti, sementara kata lainnya sebagainya penyerta atau sebagai bentuk modifikator dari kata tersebut sehingga bisa menghasilkan sebuah frasa. Contoh, extremely good, very angry, dan lain-lain. 

3. Frasa Kata Kerja (Verb Phrase)

Verb phrase terdiri dari kata kerja (verb) disertai dengan kata kerja bantu (auxiliary verb). Misalnya, i will go to work, she has eaten the cake, dan lain sebagainya. 

4. Frasa Kata Keterangan (Adverb Phrase

Adverb phrase adalah kelompok kata yang menggunakan adverb sebagai kata inti dan kata-kata lainnya sebagai penyerta atau modifikator. Contoh adverb phrase seperti too extremely, very extraordinary, quite reasonably, dan lain sebagainya. 

5. Frasa Preposisi (Preposition Phrase

Phrase atau frasa bisa berfungsi sebagai penanda makna antar kata. Jika dalam contohnya adalah very, quite, rather, more, too, somewhat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai contoh frasa preposisi adalah too extremely, very extraordinarily, dan quite reasonably. 

7. Sentence 

Setelah memahami tentang jenis-jenis kata, selanjutnya kita akan belajar salah satu bagian dari grammar adalah jenis-jenis kalimat yang disusun dari kata dan frasa di atas. Ada empat jenis kalimat tambahan yang harus Anda pahami untuk bisa memahami Bahasa Inggris. 

1. Declarative Sentence

Kalimat yang digunakan untuk menyatakan atau mengungkap pernyataan. Contoh: 

Corla hearing music in her room (Corla mendengar musik di kamarnya) 

2. Interrogative Sentence

Kalimat yang dipakai untuk menanyakan sebuah pertanyaan. Contoh: 

Did you receive my gift? (Apakah kamu menerima hadiah saya?) 

3. Exclamatory Sentence 

Kalimat yang dipakai untuk menunjukkan emosi yang kuat berupa kebahagiaan, kesedihan, kekaguman, kekhawatiran dan lain sebagainya. Contoh: 

What a beautiful voice (Betapa indahnya suara itu). 

4. Imperrative Sentence 

Kalimat yang digunakan untuk memberikan sebuah perintah. Sebagai contoh, 

Can you quiet down your voice? (Bisakah kamu menurunkan suaramu). 

8. Tenses

Sekarang kita masuk ke bagian inti dan yang paling ditakuti dari grammar adalah tenses. Ada 16 bentuk tenses yang bisa dilihat di bawah ini.

 

Simple

Continuous

Perfect

Perfect Continuous

Present

Pronoun/noun + V1(s/es)

“She goes to work”

Is/am/are + V1(ing)

“She is going to work”

Have/has + V3

“She has gone to work”

Have/has + been + V-ing

“She has been working”

Past

Pronoun/noun + V2

“She went to work”

Was/were + V-ing

“She were going to work”

Had + V3

“She had gone to work”

Had + been + V-ing

“She had been going to work”

Future

Will/shall + V1

“She will go to work”

Will/shall +be + V-ing

“She will be going to work”

Will/shall + have + V3

“She will have gone to work”

Will/shall + have + been + V-ing

“She will have been going to work”

Past Future

Would/should + V1

“She would go to work”

Would/should + be + V-ing

“She would be going to work”

Would/should + have + V3

“She would have gone to work”

Would/should + have + been + V-ing

“She would have been going to work”

Belajar Grammar Jadi Lebih Mudah di Cakap!

Itulah penjelasan tentang apa itu grammar. Sebenarnya belajar grammar adalah hal yang mudah. Apalagi kalau kamu sudah paham dengan konsep-konsepnya. Yuk, siapkan dirimu untuk belajar grammar makin mudah hanya di Cakap

Hanya mulai dari Rp30.000 per sesi, bisa menjadikanmu selangkah lebih mahir berbahasa inggris dan mendapatkan sertifikat resmi.  Dengan mentor yang friendly dan professional, pasti juga akan membuatmu belajar bahasa inggris jadi lebih nyaman. Kalau bukan mulai sekarang, mau kapan lagi? Yuk, cek website Cakap sekarang juga!

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat