Cara Mudah Tingkatkan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris

pengucapan bahasa Inggris
Photo by Nothing Ahead from Pexels

Pengucapan bahasa Inggris adalah salah satu tantangan dalam belajar bahasa Inggris. Sobat Cakap mungkin pernah salah mengucapkan suatu kata karena mirip, tetapi ternyata cara bacanya sangat berbeda. Misalnya kata tough yang dibaca sebagai təf, tapi dough dibaca meskipun hanya berbeda huruf depannya saja. 

Table of Contents

Pengucapan Bahasa Inggris

Pelafalan atau pengucapan dalam bahasa Inggris disebut pronunciation. Dalam bahasa Inggris, bagaimana suatu kata diucapkan seringkali sangat berbeda dengan bagaimana kata tersebut dituliskan. Tidak hanya itu, beberapa penulisan berbeda bisa dibaca sama, atau beberapa tulisan yang mirip dapat dibaca dengan cara berbeda. 

Sebagai contoh, kata answer dibaca sebagai anser dengan menghilangkan bunyi huruf w-nya. Sementara beberapa kata dapat dibaca sama meskipun tulisannya berbeda, seperti kata write dan right yang sama-sama dibaca rait. Contoh lainnya, adalah kata tough yang dibaca sebagai tuhf, tapi dough dibaca dow meskipun hanya berbeda huruf depannya saja. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Daftar Kata Bahasa Inggris yang Sering Salah Ucap

Ada banyak kosakata bahasa Inggris yang salah pengucapannya oleh orang Indonesia. Berikut adalah beberapa kata-kata dengan pengucapan bahasa Inggris yang sering salah: 

No. Kata Bahasa Inggris Pengucapan yang Benar
1 Archive aar-kive
2 Ask ashk
3 Cache cash
4 Clothes klowthz
5 Crowd/cloud k-rowd/k-lowd
6 Cupboard kuh-brd
7 Definitely deh-fuh-nuht-lee
8 Dessert duh-zurt
9 Event uh-vent
10 Espresso uh-spreh-sow
11 GIF ghif
12 Iron ai-urn
13 Library lai-breh-ree
14 Meme meem
15 Often aa-fn
16 Probably praa-buh-blee
17 Salmon sa-mun
18 Sixth siksth
19 Southern suh-thrn
20 Specific spuh-si-fuhk
21 Stomach stuh-muhk
22 Suite sweet
23 Wednesday wenz-day
24 Women wi-muhn
25 Yolk yowk

Nah, ada berapa kata yang kamu ternyata salah dalam penyebutannya? 

Tips Melatih Pengucapan Bahasa Inggris

Pengucapan bahasa Inggris atau pronunciation perlu dilatih agar kamu semakin lancar dalam melafalkannya. Berikut adalah tips melatih pengucapan bahasa Inggris:

1. Dengarkan dan tiru

Kamu bisa mendengarkan orang yang fasih berbahasa Inggris, baik itu dalam kehidupan sehari-hari atau dalam film atau lagu. Tirulah bagaimana mereka mengucapkan kata-kata dan frasa-frasa tersebut dalam bahasa Inggris. 

2. Latihan vokal

Lakukan latihan vokal dengan melakukan gerakan-gerakan pada mulut dan bibirmu. Mulailah dengan mengucapkan vokal yang berbeda, lalu tambahkan konsonan dan frasa-frasa yang lebih rumit.

3. Praktikkan suara tertentu

Berfokuslah pada suara atau bunyi pelafalan tertentu yang sulit bagimu dan praktikkan terus-menerus. Gunakan sumber online seperti video atau podcast berbahasa Inggris untuk membantumu memperbaiki pengucapan. 

4. Rekam suaramu

Kamu juga bisa merekam suaramu sendiri saat berbicara bahasa Inggris dan dengarkan kembali. Dengan demikian, kamu bisa mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan memperbaiki kesalahan dalam pengucapan bahasa Inggris. 

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

5. Berbicara dengan penutur asli

Berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris akan membantumu membiasakan diri dengan aksen dan intonasi yang benar. Saat ini sudah banyak aplikasi online yang dapat membantu menemukan penutur asli untuk berbicara.

6. Berlatih secara teratur 

Practice makes perfect. Berlatihah secara teratur dan jangan takut untuk membuat kesalahan. Semakin sering kamu berlatih dan semakin sering kamu melakukan kesalahan, maka akan semakin baik pula pengucapanmu ke depannya. 

7. Gunakan kamus

Ketika kamu menemukan kata yang sulit diucapkan, gunakan kamus untuk mencari tahu cara pengucapan yang benar. Hal ini akan membantu kamu agar terhindar dari kesalahan umum dalam pengucapan bahasa Inggris. 

8. Ikuti kelas bahasa Inggris

Mengikuti kelas bahasa Inggris dengan tutor yang terlatih akan membantu memperbaiki pengucapanmu dengan adanya umpan balik secara langsung. Mengikuti kelas bahasa Inggris juga akan melatihmu untuk lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. 

Dari delapan cara di atas, mana nih yang sudah Sobat Cakap terapkan untuk melatih pengucapan bahasa Inggris? Bagi kamu yang ingin dapat feedback langsung dari Teacher berpengalaman dengan waktu belajar yang fleksibel, kamu bisa ambil kursus bahasa Inggris online di Cakap, lho. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • thoughtco.com
  • scmp.com
  • fluentu.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat