Pronunciation: Pengertian, Fungsi, Unsur & Cara Belajarnya

pronunciation-adalah

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang di dalamnya mengandung unsur segmental berupa fonem. Hal tersebut menjadikan pronunciation sebagai bagian penting yang harus diidentifikasi dengan cermat ketika seseorang mengeluarkan bunyi kata. Dalam setiap bahasa, termasuk bahasa Inggris, pronunciation adalah materi yang perlu dipelajari guna menghindari salah tafsir ketika berbicara dengan lawan tutur. 

Di artikel ini, Cakap akan mengajakmu mengenal lebih dalam seputar pronunciation, mulai dari arti, fungsi, unsur, hingga cara pronunciation dengan mudah! Keep reading, ya!

Table of Contents

Pronunciation atau Pronounciation?

Sebelum lanjut pada pengertiannya, perlu diingat bahwa sebutan untuk kata yang berarti “pelafalan” yang tepat adalah pronunciation bukan “pronounciation” ya, Sobat Cakap. Jangan keliru lagi!

Apa Itu Pronunciation

Materi pronunciation selalu menjadi materi dasar saat akan belajar bahasa Inggris. Secara sederhana, kamu pasti mengenal pronunciation sebagai “pelafalan”. Pengertian tersebut tentu tidak salah. Namun, jika mengulik pengertian yang lebih dalam dan lengkap, maka arti dari pronunciation adalah proses, cara, tindakan melafalkan hasil produksi bunyi ujaran, termasuk artikulasi, tekanan, dan intonasi. Semakin tepat kamu melafalkan suatu kata dalam bahasa Inggris, maka semakin mudah dipahami arti dan penerimaannya.

Dalam proses terjadinya bunyi pelafalan atau pengucapan kata-kata, alat artikulasi, seperti otot-otot mulut, lidah, dan bibir sangatlah berperan. Biasanya, penutur bahasa yang berbeda, cenderung mengembangkan otot alat mulut yang berbeda untuk pelafalan. Itulah alasan mengapa terkadang kita akan merasa lebih sulit mengucapkan kata-kata dalam bahasa asing, khususnya dalam hal ini bahasa Inggris.

Mengapa Perlu Belajar Pronunciation?

Mengapa kita perlu belajar pronunciation? Memangnya apa saja sih manfaat dan fungsi pronunciation? Berikut beberapa alasan pentingnya pronunciation dalam bahasa Inggris:

(1) Menghindari Salah Tafsir

Kita sama-sama tahu bahwa ada banyak sekali kata bahasa Inggris yang memiliki penulisan sama, namun pronunciation-nya berbeda. Jika kamu tidak bisa melafalkan suatu kata dengan tepat, maka akan menimbulkan kesalahpahaman arti dan penafsiran. Dengan mempelajari pronunciation kamu bisa mengucapkan kata dengan akurat dan bisa menghindari kesalahpahaman itu.

(2) Memberikan Impresi yang Baik

Pronunciation bisa menjadi aspek yang menentukan impresi atau kesan lawan bicara saat kamu menggunakan bahasa Inggris. Jadi, tidak hanya kemampuan menggunakan kosakata dan grammar yang tepat saja yang akan mendapat perhatian, pronunciation juga nggak kalah penting.

(3) Agar Terdengar seperti Native Speaker

Satu lagi yang nggak kalah penting dari fungsi belajar pronunciation adalah agar kamu mampu mengucapkan sebuah kata layaknya aksen seorang native speaker. Jika pelafalanmu sudah seperti penutur asli, maka kepercayaan dirimu akan tumbuh secara eksponensial.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Unsur-Unsur Pronunciation

Dalam materi pronunciation, setidaknya ada 9 unsur pembentuk pronunciation yang harus dipelajari. Berikut penjelasan lengkapnya!

(1) Vowel Sounds

Unsur dari pronunciation yang pertama adalah vowel sounds atau suara vokal. Merupakan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh arus udara melalui pita suara dan penyempitan pada saluran suara di atas glotis. Vokal terdiri dari 5 huruf, yaitu [a], [i], [u], [e], [o]. Namun, dalam bahasa Inggris kelima huruf tersebut bisa memiliki bunyi yang berbeda-beda. Vowel sounds dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Monophthong sounds: kelompok huruf yang memiliki satu suara atau single sound. Dalam bahasa inggris, monophthong sounds ada 12, yaitu /æ/, /e/, /ɒ/, /ɔ:/, /ɑ:/, /ʌ/, /ɜ:/, /ə/, /i:/, /I/, /u:/, dan /ʊ/.  contoh:

Monophthong

Contoh Kata

Pronunciation

/e/

Best 

/best/

/ʌ/

Fu

/fʌn/

/ʊ/

Coo

/ kʊk/

/I/

Bi

/bɪg/

Cinem

/sɪnəmə/

  • Diphthong sounds: kelompok huruf vokal yang memiliki dua suara atau double sound. Dalam bahasa Inggris, diphthong ada 8, yaitu  /eɪ/, /aɪ/, /ɔɪ/, /ɪə/, /eə/, /ʊə/, /aʊ/, /əʊ/.

Diphthong Sounds

Contoh Kata

Pronunciation

/eɪ/

Rai

/reɪn/

/ɔɪ/

Jo

/jɔɪ/

/eə/

Hai

/heə(r)/

/aʊ/

Brow

/braʊn/

/əʊ/

Phon

/fəʊn/


(2) Consonant Sounds

Konsonan adalah huruf selain huruf vokal, atau bisa dibilang huruf mati. Konsonan dibagi menjadi dua, yaitu voice consonant dan unvoiced consonant.

  • Voice consonant: konsonan yang ketika diucapkan mampu menghasilkan getaran suara. Contoh voice consonant dalam bahasa Inggris adalah /b/, /g/, /d/, /ʤ/, /v/, /z/, /3/, /l/, /m/, /n/, /ŋ/, /r/, /j/, dan /w/.

Voice Consonant

Contoh Kata

Pronunciation

/r/

Red 

/red/

/d/

Grand 

/gren/

/g/

Gig 

/gIg/

/d/

D

/du:/

/z/

zoo

/zu:/

  • Unvoiced consonant: konsonan yang ketika diucapkan tidak menimbulkan getaran. Berikut beberapa contohnya /p/, /t/, /k/, /s/. 

Unvoiced Consonant

Contoh Kata

Pronunciation

/t/

Two 

/tu:/

/k/

Kick 

/kɪk/

/p/

Mop   

/mɒp/

/s/

See 

/si:/ 

/t/

Thin 

/θɪn/

(3) Syllables

Syllables atau suku kata adalah struktur yang terdiri dari satu atau urutan fonem yang merupakan konstituen kata. Dalam pronunciation, syllables bisa membantu kamu dalam memenggal kata dan pengucapannya. Berikut contoh kata bahasa Inggris yang memiliki beberapa suku kata:

  • Ta-ble (memiliki 2 suku kata)
  • A-bi-li-ty (memiliki 4 suku kata)
  • Flash-light (memiliki 2 suku kata)

(4) Word Stress

Unsur pronunciation selanjutnya adalah word stress atau penekanan kata. Dalam bahasa Inggris, ada penekanan suara pada suatu suku kata tertentu dalam kata. Berikut beberapa contoh kata bahasa Inggris yang membutuhkan tekanan pada salah satu suku katanya:

  • Educate → e-du-cate (penekanan pada suku kata e)
  • Present  → pre-sent (penekanan pada suku kata sent)

(5) Sentence Stress

Jika sebelumnya berkaitan dengan penekanan dalam kata, maka sentence stress berkaitan dengan penekanan dalam kalimat. Dalam bahasa Inggris, selalu ada penekanan pada kata-kata tertentu dalam sebuah kalimat. Tujuannya untuk mengungkapkan maksud yang ingin disampaikan. Contoh:

  • I didn’t eat your cake.  → penekanan ada pada kata  I, yang menjelaskan bahwa bukan saya yang memakan kue, mungkin saja orang lain.
  • I am going to school now.  → penekanan ada pada kata now,  yang menjelaskan dan menerangkan keterangan waktu.

(6) Lingking

Linking adalah kata yang diucapkan secara bergandengan (cara menggabungkan kata-kata tertentu). Contoh:

  • What’s up → diucapkan menjadi “what sup”
  • What is it → diucapkan menjadi “wha di zit”

(7) Intonation

Unsur pronunciation yang ketujuh adalah intonation atau intonasi, yang mana merupakan perubahan naik turunnya suara saat berbicara. Intonation digunakan untuk mengekspresikan makna dalam suatu kalimat. Contoh

  • I know you can do it!  → higher intonation
  • It’s okay, everything will be fine. → slowing intonation

(8) Tone

Tone atau nada adalah tinggi rendahnya bunyi yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan emosi dan nada dalam sebuah ucapan. Berikut contoh tone dalam bahasa Inggris:

  • I’m so excited! → diucapkan dengan nada tinggi dan semangat
  • I’m so bored → diucapkan dengan nada rendah

(9) Rhythm

Ritme atau irama biasanya melibatkan kecepatan dan nada naik turun saat mengucapkan kalimat tertentu dalam bahasa Inggris. 

Cara Belajar Pronunciation

Agar kamu lebih mudah dalam belajar pronunciation, yuk ikuti tips dan cara mudah belajar pronunciation berikut:

(1) Dengarkan dan Tiru

Cara belajar pronunciation yang pertama adalah dengarkan dan tiru. Kamu bisa mendengarkan orang yang fasih berbahasa Inggris atau menonton video-video belajar bahasa Inggris. Tirulah bagaimana mereka mengucapkan kata-kata tersebut secara berulang.

(2) Latihan Vokal dan Konsonan

Lakukan latihan artikulasi vokal dengan cara melakukan gerakan-gerakan pada mulut dan bibir. Selanjutnya mulailah ucapkan satu per persatu vokal yang berbeda, kemudian lanjutkan dengan mengucapkan beberapa konsonan dalam bahasa Inggris. 

(3) Rekam Suaramu

Biar kamu tahu perkembangan pronunciationmu secara berkala, kamu bisa merekam setiap kata atau kalimat bahasa Inggris yang kamu ucapkan. Dengan merekam kamu bisa mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan memperbaiki kesalahan dalam pengucapan bahasa Inggris kamu.

Selengkapnya tentang tips atau cara belajar pronunciation bisa kamu cek di artikel cara mudah tingkatkan kemampuan pengucapan bahasa Inggris.

Demikianlah pemaparan mengenai pronunciation, mulai dari arti, unsur, manfaat, tips, dan contohnya. Buat kamu yang ingin belajar lebih banyak materi pronunciation dan materi bahasa Inggris lainnya, yuk daftarkan dirimu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris online di Cakap! Cuma di Cakap belajar bahasa Inggris anti ribet dan sangat fleksibel! #SiapaCakapDiadapat

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat