Melatih Pronunciation Lewat Tongue Twister Bahasa Inggris

tongue twister

Bagi kebanyakan orang Indonesia yang belajar bahasa Inggris sebagai B2, pronunciation merupakan suatu hal yang perlu dilatih terus menerus, sehingga saat nanti kamu melakukan percakapan bahasa Inggris dengan temanmu aksen dan pelafalan yang kamu ucapkan mirip dengan native speaker. Salah satu tips efisien melatih pronunciation adalah tongue twister.

Frasa tongue twister seperti tidak asing bukan? Kamu juga pasti pernah menemukannya dalam percakapan sehari-hari. Kira-kira apa ya tongue twister itu? Dan bagaimana contoh kalimatnya? Penasaran? Let’s check this article out!

Tongue Twister

                                                    via GIPHY

Tongue twister adalah rangkaian kata yang memiliki kemiripan dari segi pelafalan dalam sebuah kalimat. Bagi para native speaker atau yang sudah terbiasa menggunakan tongue twister English, serangkaian kata tersebut bisa diucapkan secara cepat, dan mungkin para pendengar akan merasa satisfying. Namun, bila belum terbiasa, maka akan terasa sedikit sulit.

Agar kamu mulai terbiasa menggunakan tongue twister bahasa Inggris, yuk perhatikan dan praktikkan contoh tongue twister di bawah ini!

Contoh Tongue Twister Singkat

Kalimat tongue twister English singkat ini bisa dipelajari oleh pemula atau pun anak-anak. Kamu bisa berlatih melenturkan lidah yang masih kelu dalam pelafalan. Yuk mulai berlatih!

  • Which sandwich is which? (Yang manakah sandwich?)
  • She sees the sea. (Dia melihat laut.)
  • Five waves and wifi. (Lima gelombang dan wifi.)
  • My sweet sweetie smiled sweetly. (Pacarku yang manis tersenyum dengan manis.)
  • Twins eat twelve wings. (Si kembar makan dua belas sayap.)
  • She saw Susi’s shoes. (Dia melihat sepatu susi.)
  • The teacher teaches. (Guru mengajar).
  • Do blue birds bleed blue? (Apakah burung biru berdarah biru?)

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Contoh Tongue Twister dengan Huruf “s, l, r, dan th”

Tongue twister selanjutnya terdiri dari kosakata yang dipenuhi huruf “s”, “l”, “r”, dan “th”. Tahukah kamu bahwa keempat huruf ini merupakan huruf-huruf yang berpotensi terbelit pelafalannya loh, terutama dalam kosakata bahasa Inggris. Agar tidak terbelit lagi, sekarang saatnya kamu berlatih pronunciation keempat huruf tersebut lewat tongue twister berikut ini.

  • Mathematicians can calculate math mathematically. (Matematikawan dapat menghitung matematika secara matematis.)
  • Mother bother father and father bother brother. (Ibu mengganggu ayah dan ayah mengganggu kakak.)
  • Soni saw she swam in the sea. (Soni melihat dia berenang di laut.)
  • Lia lies to a liar who lies. (Lia bohong pada pembohong yang berbohong.)
  • Modern farmer farming on farmland with whole farmer. (Petani modern bertani di lahan pertanian bersama seluruh petani).

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Contoh Fun Tongue Twister

Semakin panjang tongue twister, maka akan semakin sulit dan menyenangkan. Kamu mungkin bisa saja berbelit atau keliru melafalkan kata satu dengan kata lainnya. Namun jangan khawatir, kamu bisa terus berlatih karena bermain rangkaian kata atau tongue twister ini bisa membuat kamu ketagihan! Nggak percaya? At leastkamu bisa coba buktikan lewat contoh kalimat di bawah ini!

  • Peter Piper picks a spoonful of pickled peppers. (Peter Piper mengambil sesendok paprika).
  • Where are the seashells she sells by the seashore? Does she still sell shells? (Di mana kerang yang dia jual di tepi pantai? Apakah dia masih menjual kerangnya?)
  • Pitter needs lots of water in hot weather, weathered wetter weather better! (Pitter butuh banyak air di cuaca panas, cuaca basah lebih baik!)
  • I thought a thought. I thought it was through, but when I thought it was through, he said it isn’t through. (Saya pikir sebuah pikiran. Saya pikir itu sudah selesai, tapi saat saya pikir sudah selesai, dia bilang ini belum selesai.)
  • Daddy’s dog dies, dead dog makes daddy sad. Draw Didd’s dad’s dog’s dead. (Anjing ayah mati, anjing mati membuat ayah sedih. Anjing ayah si Draw Did sudah mati.)
  • Fuzzy Wuzzy was a bear, Fuzzy Wuzzy had no hair, Fuzzy wuzzy wasn’t fuzzy, was he? (Fuzzy Wuzzy itu beruang, Fuzzy Wuzzy tidak punya rambut, Fuzzy wuzzy tidak berbulu, kan?)

Gimana? Serukan belajar berlatih pronunciation dengan tongue twister? Nah, untuk belajar materi menarik lainnya yang dapat melatih kemampuan bahasa Inggrismu menjadi lebih baik lagi, kamu bisa ikut kursus bahasa Inggris online di Cakap. Bersama teacher’s profesional dan berpengalaman, belajarmu pasti lebih fun dan nggak membosankan. Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks