8 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris dan Artinya yang Wajib Dikenali

gambar arah mata angin

Saat melakukan traveling, utamanya ke tempat yang belum pernah didatangi atau bahkan ke tempat-tempat bernuansa lautan, rimba, dan pegunungan pasti sangat membutuhkan petunjuk arah mata angin. Maka dari itu alat bernama kompas sangatlah membantu, berkatnya setiap arah menjadi lebih jelas dan pasti.

Selama ini, mungkin kamu hanya familiar dengan empat arah mata angin dalam bahasa Inggris yang paling sering digunakan dalam percakapan keseharian. Padahal, ada banyak arah mata angin lain yang perlu kamu ketahui, loh! Check it out!

8 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

Arah mata angin dalam bahasa Inggris disebut points of the compass. Mata angin yang umumnya digunakan ada 8. Selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Arah Mata Angin Cardinal Points

Disebut Arah mata angin cardinal points karena arah mata angin ini merupakan arah mata angin utama yang paling intens digunakan. Empat arah mata angin ini digunakan untuk petunjuk arah sehari-hari.

North

North artinya ‘utara’ dalam bahasa Indonesia, ini merupakan arah angin utama yang letaknya berada di titik 0 derajat pada kompas. Itu sebabnya dalam KBBI arah mata angin ini dituliskan di bagian pertama.

Sedangkan dalam peta maupun dalam petunjuk arah lainnya, letak arah mata angin ini berada di bagian atas.

East

Arah mata angin dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah ‘east’ artinya ‘timur’. Jika ditilik dalam kompas, arah mata angin ini berada 90 derajat dari arah utara.

South

South artinya selatan. Arah mata angin ini terletak berlawanan dengan arah mata angin ‘utara’. Letaknya berada 180 derajat dari utara.

West

Mata angin ini terletak berlawanan dengan arah mata angin east (timur). Dalam bahasa Indonesia, west dikenal dengan nama ‘barat’. Arah mata angin ini terletak sejauh 270 derajat dari arah utara.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Arah Mata Angin Ordinal Points

Arah mata angin ordinal points ini merupakan arah mata angin tambahan lainnya dari arah mata angin utama. Keempat arah mata angin yang termasuk dalam ordinal points ini memiliki nama yang hampir serupa dengan arah mata angin cardinal points.

Northeast

Northeast atau juga dikenal dengan arah mata angin ‘timur laut’ ini terletak di antara north dan east. Di kompas, letaknya tercatat 45 derajat dari arah utara.

Southeast 

Nama arah mata angin ini mungkin sudah cukup familiar karena Indonesia sendiri berada di Southeast Asia atau Asia Tenggara. Yap! Southeast dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan nama arah ‘tenggara’. Southeast ini terletak antara east (timur) dan south (selatan). Dalam kompas letak southeast ini berada pada 135 derajat dari north.

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Southwest 

Southwest adalah nama arah mata angin dalam bahasa Inggris yang berarti ‘barat daya’. Southwest ini terletak di antara south (selatan) dan west (barat). Ditinjau dari arah mata angin utara, southwest ini terletak sejauh 225 derajat.

Northwest

Arah mata angin yang termasuk ordinal points adalah northwest. Dalam bahasa Indonesia, arah mata angin ini dikenal dengan ‘barat laut’. Northwest terletak di antara west (barat) dan north (utara). Ditinjau dari arah mata angin utara, northwest terletak sejauh 315 derajat.

Well itu dia 8 arah mata angin yang umum digunakan. Kamu bisa mulai menghafalkan nama-namanya dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Karena mungkin kamu mungkin perlu mempraktikkannya dengan percakapan yang lebih lihai dan fasih.

Setelah mengetahui nama arah mata angin dalam bahasa Inggris, lanjutkan belajar Bahasa Inggrismu dengan materi-materi menarik lainnya. Cakap siap membantumu lewat kursus Bahasa Inggris Online. Setelah berkenalan dan menjadi bagian dari Cakap, kamu pasti akan ketagihan belajar dan lebih jatuh cinta lagi sama bahasa Inggris. Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat