Arti Frasa At Least dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

at least

Kepopuleran sebuah kata/frasa dalam suatu bahasa biasanya dipengaruhi oleh intensitas dan kuantitas penggunanya. Kamu pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan frasa at least? Bahkan mungkin kamu merupakan salah satu pengguna aktif frasa at least ini.

Frasa at least menjadi frasa populer yang sering digunakan, khususnya di kalangan milenial. Terlepas dari arti atau maknanya, frasa ini bisa digunakan dalam beberapa konteks situasi. Kira-kira apa saja fungsi dan kegunaan frasa at least? Yuk cari tahu jawabannya di sini!

Apa Arti At Least?

source: giphy.com

At least adalah frasa yang digunakan untuk menyatakan jumlah minimum atau terkecil dari kemungkinan yang diharapkan. Frasa at least secara alamiah mengandung pernyataan makna yang positif dalam situasi negatif, sehingga dapat meningkatkan optimistik.

At least memiliki arti ‘paling sedikit/paling tidak’, beberapa dari kamu mungkin memahami arti at least sebagai kata ‘setidaknya’. Arti at least juga serupa dengan ‘no less than’ (tidak kurang dari).  Dalam penggunaanya, frasa ini juga kerap ditambahkan dengan adverb, yaitu adverb of degree yang berupa ‘very’, sehingga akan menjadi ‘at the very least’. Penambahan adverb of degree bertujuan untuk memberikan penekanan yang lebih kuat pada frasa tersebut.

Penggunaan At Least dalam Kalimat

Frasa at least memiliki beberapa fungsi atau penggunaan dalam kalimat, yaitu untuk menyatakan jumlah, menyatakan  sesuatu, dan menyatakan keuntungan terlepas kerugian. Simak penjelasan penggunaan at least lengkap dengan contohnya berikut ini.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Menyatakan Jumlah

Fungsi atau kegunaan at least adalah untuk menyatakan jumlah. Jumlah yang biasanya dinyatakan dengan ‘at least’ adalah jumlah minimum. Perhatikan contoh berikut:

  • To take a vacation to Abu Dhabi at least you have to have ten million rupiah. (Untuk bisa berlibur ke Abu Dhabi setidaknya kamu harus punya uang 10 juta).
  • You must at least get a 3.5 out of 4.00 GPA to be able to continue your doctoral studies. (Kamu paling tidak harus mendapatkan IPK 3.5 dari 4.00 untuk dapat melanjutkan kuliah S3).
  • You need at least 450 TOEFL scores to register for a thesis trial. (Kamu paling tidak memerlukan 450 skor TOEFL untuk mendaftar sidang skripsi).

Menyatakan Sesuatu

At least digunakan untuk menyatakan sesuatu, baik itu penegasan bahwa tidak ada hal yang terjadi ataupun penegasan sebuah fakta.  Perhatikan contoh berikut:

  • She can’t play the guitar, but at least she knows the chords. (Dia tidak bisa bermain gitar, tapi setidaknya dia mengenal chords-chordnya).
  • You may not love him but at least you don’t hate him. (Kamu boleh tidak mencintainya, tapi setidaknya kamu jangan membencinya).
  • Why haven’t you taught Alika to count? At least at the age of 5 she can count numbers from 1 to 10. (Kenapa kamu belum mengajari Alika untuk berhitung? Setidaknya di usia 5 tahun, dia sudah bisa berhitung dari angka 1 sampai 10).

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Menyatakan Keuntungan Terleapas Kerugian

Selain menyatakan jumlah dan sesuatu, fungsi at least adalah menyatakan keuntungan terlepas dari kerugian. Maksudnya, at least bisa digunakan untuk menyatakan adanya hal positif dari situasi yang dianggap negatif. Perhatikan contoh berikut ini:

  • At least he doesn’t leave you even though he rarely sees you. (Setidaknya dia tidak meninggalkanmu walaupun dia jarang menemuimu).
  • At least Nadia tried and did her best. (Paling tidak Nadia sudah mencoba dan melakukan yang terbaik).
  • In this city, there are no supermarkets, but at least there are several minimarkets that are quite complete. (Di kota ini memang tidak ada supermarket, tapi setidaknya ada beberapa minimarket yang cukup lengkap).

Itu dia pengertian dan beberapa penggunaan at least dalam kalimat. Ternyata at least memiliki beberapa fungsi yang berbeda. Setelah membaca materi di atas, sekarang kamu bisa mempraktekkan penggunaanya dengan lebih tepat.

Masih tertarik dan ingin tahu materi Bahasa Inggris lainnya? Kamu bisa mendapatkan dan mempelajari semua materi yang ingin kamu ketahui melalui kursus online Bahasa Inggris di Cakap. Belajar Bahasa Inggris di Cakap lebih fleksibel dan interaktif. Yuk daftar Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks