Ini 3 Cara Penggunaan Yet dalam Bahasa Inggris, Sudah Tahu?

penggunaan yet

Ketika belajar Bahasa Inggris, pasti kamu sadar bahwa ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang memiliki lebih dari satu arti. Sehingga, saat diaplikasikan ke dalam kalimat, kamu harus memahami konteks kalimatnya untuk mengerti arti kata tersebut.

Salah satu contoh kata tersebut ialah kata ‘yet’. Kata ‘yet’ adalah bagian dari beberapa part of speech yakni konjungsi dan adverbia. Untuk menguasai dengan mudah, ayo simak cara penggunaan ‘yet’ di bawah ini!

Penggunaan Yet sebagai Konjungsi

Penggunaan yet sebagai konjungsi memiliki dua arti yaitu yang sama dengan but (tetapi) dan however, nevertheless (namun). 

Ketika digunakan sebagai ‘tetapi’, kata yet dapat memberikan sebuah kata perbedaan tertentu yang tidak bisa diberikan oleh kata but.

Sedangkan ketika digunakan sebagai ‘namun’, kata yet dapat mengembangkan atau memberikan lebih banyak informasi terkait sebuah kejadian yang berkontradiksi. Biasanya kata yet digunakan dalam kalimat negatif.

Berikut contoh penggunaan yet sebagai konjungsi dalam sebuah kalimat:

  • I hate shopping, yet here I am at store again. (Saya benci berbelanja, namun saya datang ke toko lagi)
  • I am wearing a thick coat, yet I am still cold. (Saya menggunakan mantel yang tebal, namun saya tetap kedinginan)
  • He is young yet wise. (Dia masih muda namun bijaksana)
  • I could’ve been there, yet I’m just a lazybones (Saya bisa berada di sana, namun saya malas)

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Penggunaan Yet sebagai Adverbia

Penggunaan yet sebagai adverbia terletak di tengah atau di akhir kalimat negatif. Ketika terletak di penghujung kalimat, kata yet berguna untuk menjelaskan sesuatu yang belum terjadi. Biasanya, kalimat tersebut menggunakan have not atau has not.

Sedangkan ketika di tengah kalimat, kata yet berguna untuk menjelaskan sesuatu yang belum diketahui atau masih kemungkinan. Penggunaan yet di tengah kalimat umumnya digunakan dalam percakapan atau diskusi yang sifatnya formal.

Namun, tak hanya kalimat negatif, penggunaan yet juga terdapat dalam kalimat positif. Fungsinya untuk menunjukkan suatu hal yang masih berlangsung atau belum selesai.

Berikut contoh penggunaan yet sebagai adverbia dalam sebuah kalimat:

  • I have not finished my homework yet. (Aku belum menyelesaikan tugasku)
  • Lizzie hasn’t arrived at the airport yet. (Lizzie belum sampai di bandara)
  • He might yet get to take his walk after dark. (Dia mungkin bisa pergi berjalan saat sudah terang)
  • She will thank you yet. (Dia akan berterimakasih denganmu)
  • I have something that I have to do yet. (Saya memiliki sesuatu yang harus saya kerjakan)

Kursus Bahasa Inggris di cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Penggunaan yet sebagai penekanan memiliki fungsi yang mirip dengan even, still, atau more. Dalam hal ini, kata yet biasanya berada sebelum kata another atau again yang berguna untuk menekankan suatu aspek atau memberikan gambaran yang lebih jelas. 

Kamu juga dapat meletakkan kata yet di penghujung kalimat untuk menujukkan antuasiasme. Penggunaan ini biasanya dapat ditemukan dalam kalimat pujian.

Berikut contoh penggunaan yet sebagai penekanan dalam sebuah kalimat:

  • That was the best movie he has ever made yet. (Itu adalah film terbaik yang pernah dibuatnya)
  • Seth knew that he had failed yet again. (Seth tahu bahwa dia telah gagal lagi)
  • His boss asked him for another report. Once he had turned that one in, his boss asked him for yet another. (Bosnya meminta laporan lain. Begitu dia menyerahkan yang itu, bosnya memintanya lagi)

Itu dia penjelasan mengenai penggunaan yet dalam kalimat bahasa Inggris. Untuk menguasainya, kamu bisa daftar kursus Bahasa Inggris di Cakap. Bersama teacher profesional, kamu bisa lebih fasih berbahasa Inggris. Yuk, belajar Bahasa Inggris online di Cakap!

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat